x

Arema FC Lakukan Verifikasi Ulang Pemain Asing Meski Telah Deal

Rabu, 3 Mei 2023 17:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Tim pelatih seleksi Arema FC. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC akan melakukan verifikasi ulang terhadap para pemain asing baru yang akan memperkuat tim pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 mendatang.

Kendati dalam konfirmasinya, manajemen klub berlogo kepala singa telah mengklaim sudah deal (bersepakat) dengan para calon pemain asing itu.

Mereka adalah para pengganti dari Adilson Maringa (Brasil), Renshi Yamaguchi (Jepang), serta Sergio Silva dan Abel Issa Camara (Portugal) di musim lalu.

Itu artinya, tim berjulukan Singo Edan akan menggunakan pemain asing berstatus baru di sepak bola Indonesia. Dan sejauh ini, klub sudah mengklaim deal dengan 5 nama.

"Kami sudah mengirim offer letter (surat penawaran) kepada mereka. Intinya, mereka sudah setuju," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

Baca Juga

Kedua nama yang paling santer diberitakan menjadi bagian Arema FC adalah striker berkebangsaan Brasil, Gustavo Almeida dan gelandang Jepang, Yukiya Sugita.

"Sedangkan pemain asing lainnya ada yang berposisi di tengah dan bek. Intinya sudah lengkap sebenarnya," beber Wiebie.

Baca Juga

Arema FC sendiri memilih untuk menunggu kepastian regulasi kompetisi perihal kuota untuk para pemain asing di setiap klub pada musim 2023/2024.

Klub berlogo kepala singa masih berpatokan dengan wacana 5+1. Format itu terdiri dari 1 pemain dari federasi sepak bola asia tenggara dan 5 lainnya bebas.

"Sudah ada 5 pemain asing. Tapi yang satu khusus asia tenggara ini sifatnya jaga-jaga saja kalau akhirnya batal (diterapkan)," tutur Wiebie.

Baca Juga

1. Verifikasi Ulang

Komisaris PT AABBI, Tatang Dwi Arifianto & Wiebie Dwi Andriyas (manajer).

Seiring hal itu, Wiebie Dwi Andriyas juga memberi konfirmasi bahwa semua pemain asing bidikannya itu tak otomatis menjadi bagian dari skuat tim.

Kendati pada satu sisi, manajemen mengaku sudah mencapai kata sepakat dalam klausul kontrak, baik nominal gaji berikut fasilitas yang menyertai.

"Jadi mereka tinggal datang saja ke Malang, bergabung dan mengikuti program tim," urai Manajer Arema FC tersebut.

Namun, masih ada tahapan lagi sebelum mereka resmi diperkenalkan kepada awak media sebagai bagian dari Tim Singo Edan pada kompetisi musim 2023/2024.

Ada verifikasi ulang terhadap mereka. Yang pasti, satu diantaranya adalah medical check-up untuk melihat kondisi kebugaran sekaligus riwayat cederanya.

Baca Juga

"Datang dulu untuk medical chek-up. Kalau sudah oke, fisik oke, baru sign (tanda tangan) kontrak," beber figur pengusaha di Malang tersebut.

Kendati demikian, pihaknya optimis para pemain asing yang diklaim telah sepakat itu datang dengan kondisi fisik prima dan siap menempuh kompetisi.

Baca Juga

Lantaran secara teknis permainan, mereka digadang-gadang sudah sesuai dengan kebutuhan tim dan mendapat rekomendasi dari tim pelatih.

"Semua yang terkait kebutuhan tim memang kami kembalikan kepada tim pelatih. Tergantung mereka bagaimana," ungkap Wiebie.

"Tapi yang paling penting, kami meminta segera ada kejelasan soal kuota pemain asing sesuai regulasi kompetisi," pungkas dia.

Baca Juga
Liga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini