x

4 Fakta Mengejutkan Usai Timnas Indonesia U-22 Buat Myanmar Babak Belur di SEA Games 2023

Kamis, 4 Mei 2023 23:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 Marselino Ferdinan dengan Pratama Arhan rayakan gol pertama ke gawang Myanmar, Kamis (04/05/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ada empat fakta mengejutkan seusai Timnas Indonesia U-22 membuat Myanmar babak belur di laga kedua Grup A, cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 baru saja mendulang hasil positif di laga kedua SEA Games 2023 saat bersua Myanmar, Kamis (04/05/23) sore WIB.

Bermain di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Timnas Indonesia U-22 menang telak dengan skor lima gol tanpa balas alias 5-0.

Lima gol ke gawang Myanmar dicetak oleh Marselino Ferdinan (19’), Ramadan Sananta (29’, 60’), Fajar Fathur Rahman (74’), Titan Agung (88’).

Meski berhasil meraih kemenangan telak atas Myanmar, pelatih Indra Sjafri mengungkapkan kalau pasukannya masih memiliki banyak PR (pekerjaan rumah).

Baca Juga

"Alhamdulillah hari ini kami kembali meraih kemenangan. Namun, kami masih ada sejumlah kesalahan di grup taktikal, termasuk individual dalam memutuskan apa dan kapan yang terbaik untuk dilakukan," ujar Indra Sjafri dilansir dari laman resmi PSSI.

"Tentu itu akan kami perbaiki di laga melawan Timor Leste. Yang jelas kami berkeinginan kualitas tim U-22 Indonesia dari pertandingan ke pertandingan, kalau bisa lebih baik."

"Ini pertandingan kedua dari kami dan sesuai dengan rencana, bahwa pertandingan pertandingan di grup akan ada rotasi pemain, bukan dalam rangka recovery, karena recovery kita cukup panjang. Tapi dalam rangka untuk mencari dream team, untuk nanti Insya Allah tampil di semifinal dan final," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Sementara itu, kemenangan atas Myanmar membuat Timnas Indonesia U-22 kini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin.

Seusai laga Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar di SEA Games 2023, INDOSPORT telah merangkum adanya empat fakta mengejutkan. Apa saja itu?

Baca Juga

1. 1. Ramadhan Sananta Pecah Telur

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta usai gol penalti ke gawang Myanmar, Kamis (04/05/23). (Foto: PSSI)

Kemunculan Ramadhan Sananta sebagai striker Timnas Indonesia U-22 membuat fans Garuda berbahagia. Apalagi dirinya cukup subur di Liga 1 2022-2023 dengan mencetak 11 gol dan dua assist dalam 24 penampilan.

Akan tetapi, Ramadhan Sananta sempat mandul saat Timnas Indonesia U-22 bersua Filipina di laga perdana. Padahal saat itu Skuat Garuda Muda mampu menang telak 3-0.

Hal ini membuat Ramadhan Sananta kepanasan dan bertekad untuk pecah telur saat duel melawan Myanmar. Alhasil, berkat tekad yang kuat, Ramadhan Sananta sukses mencetak brace dan membawa Timnas Indonesia U-22 menang telak 5-0.

Sananta diturunkan sebagai starter dan membuka keran gol lewat sepakan penalti pada menit ke-31. Itu menyusul pelanggaran yang dilakukan pemain Myanmar ke Marselino Ferdinan.

Gol kedua pemain PSM Makassar itu terjadi menit ke-60 setelah manfaatkan umpang matang Fajar Fathur Rahman. Sananta lewati dua pemain lawan dan lakukan cut inside sebelum lepaskan sepakan keras.

Baca Juga

2. Ernando Ari Sutaryadi Lanjutkan Catatan Clean Sheet

Selain penampilan apik Ramadhan Sananta, ada sosok yang berjasa dalam kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar. Sosok ini adalah Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga

Meski berposisi sebagai penjaga gawang, Ernando Ari Sutaryadi berhasil melakukan beberapa penyelamatan. Hal ini membuat gawang Timnas Indonesia U-22 masih aman dari kebobolan.

Saat bersua Filipina di laga perdana SEA Games 2023 beberapa hari lalu, Ernando Ari Sutaryadi juga mencatat clean sheet. Keberhasilan ini juga berkat penampilan dua tembok kokoh yakn Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga.

Baca Juga

2. 3. Timnas Indonesia U-22 Selalu Dapat Hadiah Penalti

Laga antara Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar U-22 pada SEA Games 2023 di Stadion Phnom Penh National Olympic, Kamis (04/05/23). (Foto: PSSI)

Fakta yang ketiga yakni Timnas Indonesia U-22 selalu mendapatkan keuntungan yaitu hadiah penalti dalam dua laga beruntun di SEA Games 2023.

Pada laga perdana melawan Filipina, pasukan Indra Sjafri mendapat penalti setelah Witan Sulaeman dilanggar oleh bek lawan. Sayangnya, Rizky Ridho yang menjadi algojo gagal memaksimalkannya.

Sementara pada laga kedua, penalti didapatkan karena Marselino Ferdinan dilanggar bek Myanmar. Ramadhan Sananta yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan brilian.

4. Timnas Indonesia U-22 Jadi Tim Paling Produktif

Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar dengan skor 5-0 pada Kamis (04/05/23) sore WIB membuat skuat Garuda menjadi tim paling produktif.

Kini Timnas Indonesia U-22 mengoleksi total delapan gol. Tidak hanya di grup A, Timnas Indonesia U-22 juga mengalahkan perolehan jumlah gol dari tim peserta dari grup B.

Di Grup B, Vietnam dan Malaysia menjadi tim paling produktif dengan mencetak total lima gol. Vietnam sendiri menorehkan lima gol dalam dua laga.

Kemudian Malaysia mencetak lima gol hanya dalam satu laga. Harimau Malaya menang 5-1 atas Laos pada laga pertamanya di Grup B.

KambojaMyanmarTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini