x

Duel Antarlini Timnas Indonesia vs Argentina: Shayne Pattynama Kawal Messi?

Kamis, 4 Mei 2023 20:22 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat perbandingan kekuatan antarlini antara Timnas Indonesia dan Argentina andai kedua tim benar-benar bakal bertemu di FIFA matchday mendatang.

INDOSPORT.COM – Melihat perbandingan kekuatan antarlini antara Timnas Indonesia dan Argentina andai kedua tim benar-benar bakal bertemu di FIFA matchday mendatang.

Dalam beberapa waktu terakhir, rumor soal Timnas Indonesia yang akan menghadapi Argentina pada laga uji coba nanti memang sedang ramai diperbincangkan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah memikirkan calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023. Ia tak ingin memilih lawan saat waktu mepet.

Sejauh ini, untuk FIFA matchday Juni 2023, Timnas Indonesia sudah bersepakat untuk melawan Palestina. Tanggalnya pun sudah ditentukan, yakni pada 14 Juni 2023 nanti.

Sepekan berselang, Palestina juga akan menghadapi China, pada 20 Juni 2023. Dari jadwal ini, banyak yang menduga jika China juga akan menjadi lawan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Namun, baru-baru ini kanal resmi PSSI memberikan bocoran jika Timnas Indonesia bisa saja berjumpa Argentina di FIFA Match Day 2023.

Jika membuka laman resmi PSSI, kemudian klik bagian 'galleries', maka akan muncul sebuah kolom video dengan headline Indonesia vs Argentina.

Baca Juga

Sayangnya, jika kolom tersebut di-klik, tidak ada video yang muncul. Sehingga, banyak yang menduga jika kolom tersebut justru disiapkan untuk FIFA matchday Juni nanti.

Bahkan media lokal Argentina, Relevo menyebut jika La Albiceleste akan menghadapi Timnas Indonesia dalam rangkaian Tur Asia pada Bulan Juni.

Meski belum ada keterangan pasti dari PSSI, namun jika benar Argentina bakal hadapi Timnas Indonesia maka bisa jadi keuntungan besar buat skuad Garuda.

Pasalnya dengan pengalaman dari sang juara bertahan Piala Dunia tersebut, dapat memberikan pelajaran berharga buat penggawa Timnas Indonesia.

Jelang Timnas Indonesia hadapi Argentina (andai terealisasi), berikut INDOSPORT ulas perbandingan kekuatan antar lini kedua kesebelasan:

Baca Juga

1. Pertanahan

Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi

Untuk sisi pertahanan, ada duel bek rasa Eropa dari masing-masing tim yang bakal menghangatkan pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina.

Dari kubu skuad Garuda, ada kuartet Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Jordi Amat serta Sandy Walsh yang bakal jadi tembok untuk menjaga gawang Nadeo Argawinata terhindar dari kebobolan.

Shayne Pattynama tampaknya bakal bekerja keras, lantaran bek naturalisasi tersebut akan berusaha menghentikan pergerakan Lionel Messi.

Sedangkan di tim Argentina, andai mereka membawa the winning tim saat juara Piala Dunia kemarin, maka duet Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Cristian Romero dan Nahuel Molina akan jadi barisan pertahanan Tim Tango.

Keempatnya bakal menghadang serangan Timnas Indonesia ke gawang Emiliano Martinez. Kuartet tersebut akan menahan gempuran gelandang Merah Putih yang berisikan Stefano Lilipaly, Yakob Sayuri serta Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Lini Tengah
Baik Timnas Indonesia dan Argentina sejatinya sama-sama memainkan taktik serupa, yakni 4-3-3 dengan memanfaatkan kecepatan para winger untuk mencetak gol.

Selain itu, kehadiran para gelandang yang bertugas mengalirkan bola serta menjaga keseimbangan tim juga jadi salah satu elemen penting buat masing-masing kesebelasan.

Baca Juga

Di Timnas Indonesia, gelandang yang bakal jadi tumpuan adalah Rachmat Irianto, Marc Klok serta Marselino Ferdinan sebagai playmaker.

Sedangkan di skuad Argentina, nama tenar milik klub Eropa berpotensi jadi lawan para gelandang Timnas Indonesia seperti Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul hingga Alexis Mac Allister.

Selain tiga nama tersebut, Argentina masih punya beberapa gelandang pelapis mentereng sekelas Leandro Paredes, Giovani Lo Celso dan Roberto Pereyra.

Baca Juga

2. Depan

Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia 2022 bersama rekan satu timnya REUTERS-Kai Pfaffenbach

Terakhir adalah sektor penyerangan. Di posisi ini tampaknya yang paling ditunggu para suporter Timnas Indonesia, lantaran mereka berkesempatan menyaksikan langsung ikon sepak bola dunia, Lionel Messi.

Timnas Indonesia yang biasanya memainkan tiga pemain di lini depan, bakal mengandalkan Stefano Lilipaly dan Yakob Sayuri sebagai winger.

Keduanya akan menyuplai lini serang timnas yang akan ditempati Ramadhan Sananta, Dimas Drajad atau Dendy Sulistyawan.

Sedangkan di Timnas Argentina, barisan penyerang mewah dan gahar bakal jadi ancaman serius buat pertahanan Garuda.

Selain Lionel Messi yang jadi tumpuan, masih ada nama Julian Alvarez, Angel Di Maria, Paulo Dybala hingga top skor Inter Milan, Lautaro Martinez.

Andai benar Argentina bakal membawa tim terbaiknya ke Indonesia, mampukah skuad Garuda mengantisipasi serangan Albiceleste? Menarik dinantikan.

ArgentinaLionel MessiUji CobaTimnas Indonesia

Berita Terkini