x

Liga 1: Pertahankan 3 Pemain Asing, Madura United Usung Lagi Brasil Connection

Kamis, 4 Mei 2023 07:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Madura United memastikan untuk kembali mengusung skuat dengan tema Brasil connection jelang mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024 mendatang. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United memastikan untuk kembali mengusung skuat dengan tema Brasil connection jelang mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024 mendatang.

Indikasi itu tercermin setelah klub berjulukan Laskar Sape Kerrab mempertahankan 3 dari 4 pemain asingnya musim lalu. Tiga-tiganya berasal dari Brasil.

Mereka adalah Cleberson Martins de Souza yang berposisi bek, lalu Hugo Gomes Dos Santos alias Jaja di lini tengah, serta striker Luiz Marcelo Morais Dos Reis atau Lulinha.

"Komposisi pemain asing non Asia dipastikan tetap. Yaitu Cleberson, Jaja dan Lulinha," ujar Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu, Annisa Zhafarina Rabu (03/05/23).

Sementara satu-satunya pemain asing yang dilepas adalah Kwabena Appiah-Kubi. Dia merupakan winger kebangsaan Australia yang mengisi slot pemain asing dari Asia.

Baca Juga

Dilepasnya Appiah pun sangat rasional. Mengingat kontribusinya yang memang tak maksimal untuk Madura United setelah hanya menyumbang 1 assist dari 12 laga putaran kedua.

"Slot pemain (asing) Asia dipastikan kosong, setelah manajemen memastikan tidak kembali menjalin kerja sama musim ini (dengan Appiah)," beber Annisa.

Baca Juga

Pihaknya pun menggaransi, bahwa keputusan untuk mempertahankan trio Brasil sudah berdasarkan evaluasi atas kinerja mereka musim lalu.

Jadi bukan hanya karena pertimbangan keberadaan pelatih baru, yang musim ini kembali dijabat figur asal Brasi, Mauricio Souza.

"Komposisi pemain asing ini, berdasarkan rapor (kinerja) kompetisi musim lalu," putri presiden klub, Achsanul Qosasi ini menerangkan.

Baca Juga

1. Aroma Samba Tercium Kuat di Staf Kepelatihan

Pelatih baru Madura United, Mauricio Souza. (Foto: MO Madura United)

Seiring keputusan itu, skuat dengan Brasil Connection di Madura United yang terbangun sejak musim lalu, kembali berlanjut untuk musim 2023/2024.

Sejauh ini, Tim Laskar Sape Kerrab sudah diperkuat oleh 8 figur berkebangsaan Brasil. Rinciannya, 3 pemain asing dan 5 figur yang mengisi staf kepelatihan.

Untuk pemain asing sudah dipastikan kembali diisi oleh Cleberson Martins, Hugo Gomes atau yang akrab dipanggil Jaja dan Luiz Marcelo Morais alias Lulinha.

Sementara staf kepelatihan tim dipimpin oleh Mauricio Ferreira de Souza. Dia akan dibantu oleh Rakhmat Basuki sebagai satu-satunya pelatih lokal.

Kemudian ada 5 asisten asal Brasil yang akan membantu kinerja Maurucio Souza. Dua diantaranya muka baru, yaitu Joao Pedro Royal (pelatih fisik) dan Emerson Costa Campos (fisioterapi).

Baca Juga

Sedangkan 3 figur dari Brasil lainnya dipertahankan klub. Mereka adalah Valdir Bardi (pelatih kiper), Italo Resende (video analis) dan Claudio Luzardi (penerjemah).

Kendati demikian, keputusan mempertahankan 3 pemain asing asal Brasil bukan hanya karena pertimbangan adanya 5 figur dari negara yang sama di tim kepelatihan.

Baca Juga

"Kontribusi ketiga pemain asing ini musim lalu tidak perlu diragukan lagi," tandas Direktur Utama PT PBMB, Annisa Zhafarina.

Cleberson tampil konsisten dalam 31 laga dengan 1 gol dan 2 assist. Jaja menyumbang 6 gol dalam 32 laga, serta Lulinha jadi top skorer tim dengan 12 gol dan 3 assist dalam 29 laga Liga 1.

"Itu menjadi bahan evaluasi manajemen untuk menggunakan kembali jasa ketuga pemain tersebut," pungkas figur yang menjabat Chief Operating Officer Madura United tersebut.

Baca Juga
Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Hugo Gomes Dos SantosCleberson SouzaLulinhaMauricio Souza

Berita Terkini