x

Tosin Adarabioyo, Monster Liga Inggris Calon Pelengkap Puzzle Scudetto Inter Milan

Jumat, 5 Mei 2023 19:12 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil serta potensi Tosin Adarabioyo, sang monster Liga Inggris yang bakal jadi pelengkap puzzle Inter Milan dalam raih scudetto Liga Italia musim depan.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil serta potensi Tosin Adarabioyo, sang monster Liga Inggris yang bakal jadi pelengkap puzzle Inter Milan dalam raih scudetto Liga Italia musim depan.

Jelang dibukanya bursa transfer musim panas, Inter Milan memang sedang sibuk mencari bek baru untuk menambal pos yang ditinggal Milan Skriniar.

Pada musim depan, Inter Milan dipastikan bakal kehilangan Milan Skriniar yang tak memperpanjang kontrak dan akan hengkang ke PSG secara bebas transfer.

Dari sekian banyak nama, Inter Milan kini tengah fokus untuk mendapatkan tanda tangan mantan bek Manchester City, Tosin Adarabioyo.

Tosin Adarabioyo kini bermain untuk Fulham di Premier League. Meski hanya tampil untuk tim papan tengah, namun performanya berhasil mengesankan Inter Milan.

Baca Juga

Inter Milan dibuat terkesan dengan cara Tosin Adarabioyo terutama saat menangani Erling Haaland ketika Fulham berhadapan dengan Manchester City.

Menurut laporan dari Daily Mail, disampaikan bahwa Adarabioyo tampil begitu mengesankan saat menghadapi Erling Haaland.

Baca Juga

Hanya saja, pada pertandingan itu Fulham mengalami kekalahan 2-1 dari Manchester City dimana Haaland hanya mampu mencetak gol lewat titik putih.

Dari catatan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Adarabioyo memiliki kemampuan bertahan cukup mumpuni setidaknya untuk meredam kekuatan seperti Haaland dari Man City.

Dari hal itu pula yang kemudian membuat Inter Milan mulai memantau situasi dari Adarabioyo di Fulham.

Jelang resmi berseragam Inter Milan musim depan, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas profil serta potensi dari Tosin Adarabioyo:

Baca Juga

1. Profil Tosin Adarabioyo

Laga di Liga Inggris antara Fulham vs Manchester City, Minggu (30/04/23). (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Tosin Adarabioyo yang bernama lengkap Abdul-Nasir Oluwatosin Oluwadoyinsolami Adarabioyo, lahir di kota Manchester pada 24 September 1997 silam.

Meski lahir dan besar di Inggris, namun Tosin Adarabioyo memiliki garis keturunan Nigeria dari kedua orang tuanya.

Di Inggris, Tosin Adarabioyo memoles bakat sepak bolanya dengan bergabung bersama tim akademi lokal kota Manchester, Fletcher Moss Rangers.

Hingga pada tahun 2003, dirinya berhasil masuk ke tim junior Manchester City. Selama 13 tahun, bakat Tosin Adarabioyo di skuad akademi Manchester City.

Pada tahun 2016, Tosin Adarabioyo pun berhasil menembus skuad utama dan jalani debut bersama tim senior Manchester City saat menghadapi Chelsea pada gelaran Piala FA.

Baca Juga

Sayangnya karier Tosin Adarabioyo di Manchester City tak berjalan mulus terutama setelah kedatangan Pep Guardiola.

Sang pemain pun lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman, sebelum akhirnya hengkang permanen ke Fulham pada tahun 2021.

Baca Juga

Bersama The Cottagers, performa Tosin Adarabioyo perlahan mulai menunjukkan grafik positif. Selama tiga musim, dirinya selalu jadi pilihan utama di lini pertahanan Fulham.

Puncaknya, Tosin Adarabioyo sukses membawa Fulham promosi ke Premier League dengan menjadi juara EFL Championship 2021/22.

Selain itu, dirinya juga menyabet sejumlah penghargaan individual seperti PFA Team of the Year serta EFL Championship Team of the Season.

Baca Juga

2. Kualitas Tosin Adarabioyo

Pemain Juventus, Leonardo Bonucci ditempel ketat bek Inter, Alessandro Bastoni di semifinal leg kedua Coppa Italia 2022-2023. REUTERS/Daniele Mascolo

Melansir dari laman Fbref, diketahui bahwa Tosin Adarabioyo merupakan pemain bertahan yang sangat tangguh dan tak segan untuk melakukan tekel kepada lawan.

Tercatat, sepanjang musim ini Tosin Adarabioyo mampu melepaskan 22 kali tekel dengan 9 diantaranya berhasil merebut bola dari lawan.

Di musim lalu, jumlah tersebut bahkan jauh lebih banyak yakni mencapai 36 kali tekel dengan 27 diantaranya berhasil menghentikan pergerakan lawan.

Selain keras dan berani untuk berduel, Tosin Adarabioyo juga bisa dibilang sebagai bek cerdas yang mampu membaca arah bola lawan.

Terbukti, sepanjang musim ini dirinya mampu torehkan 22 kali intersep serta melakukan 123 kali clearance dari 22 laga.

Meski terbilang bar-bar, namun Tosin Adarabioyo sangat jarang mendapat kartu. Bahkan sejauh ini, pemain 25 tahun itu cuma mengoleksi tiga kartu kuning.

Satu hal yang mungkin disukai Inter Milan dari Tosin Adarabioyo selain sisi pertahanannya adalah, kemampuan sang pemain yang sering aktif membantu serangan.

Tercatat, Tosin Adarabioyo mampu melepaskan 9 tembakan dengan empat diantaranya mengarah ke gawang di musim ini. Serta mencetak gol buat Fulham di Premier League.

Lantas dengan potensi serta statistik menjanjikan tersebut, akankah Tosin Adarabioyo bisa membantu Inter Milan mengulang kembali mimpi scudetto mereka musim depan? Menarik dinantikan.

Bursa TransferInter MilanFulhamLiga ItaliaBerita Transfer

Berita Terkini