x

6 Fakta Menarik Usai Juventus Bekuk Atalanta di Liga Italia: Putus Rekor Buruk

Minggu, 7 Mei 2023 22:14 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic melakukan selebrasi usai pertandingan. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik lahir usai Juventus menang meyakinkan atas Atalanta di lanjutan Liga Italia pekan ke-34.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Liga Italia pekan ke-34 antara Atalanta vs Juventus di Stadion Gewiss, Minggu (07/05/23) malam WIB.

Juventus berhasil pulang dengan membawa tiga poin usai menang meyakinkan 2-0. Masing-masing gol dicetak oleh Samuel Iling-Junior dan Dusan Vlahovic.

Tambahan tiga poin membuat Juventus kini merangsek naik ke posisi 2 klasemen sementara dengan torehan 66 poin, melangkahi Lazio.

Sementara Atalanta masih tertahan di peringkat ke-6 dengan 58 poin, masih tertinggal tiga angka dari AC Milan di atasnya.

Baca Juga

Pertandingan sendiri berjalan menarik dan sengit dengan tensi tinggi. Tetapi Atalanta bermain lebih agresif dengan menerapkan sistem high press.

Gaya permainan itu membuat Juventus kesulitan mengembangkan permainan, sementara Atalanta mudah mendapat banyak peluang.

Baca Juga

Salah satu peluang terbaik tuan rumah hadir di menit ke-14, tetapi tendangan Mario Pasalic masih melebar dari gawang.

Juventus juga beberapa kali mencoba keluar tampil menekan, namun hingga babak pertama usai, skor 0-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Juventus yang mengambil inisiatif serangan lebih dahulu. Hasilnya terlihat di menit ke-56. Mereka membuka keunggulan lewat gol pemain 19 tahun, Samuel Iling-Junior.

Juventus kemudian menggandakan keunggulan jadi 2-0 di penghujung laga. Dusan Vlahovic mencetak gol di menit ke-90+8. Skor itu bertahan hingga laga bubaran. Usai pertandingan, sejumlah fakta menarik lahir. Apa saja?

Baca Juga

1. Akhiri Tren Buruk

Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic melakukan selebrasi usai pertandingan. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Kemenangan 2-0 atas Atalanta nampaknya cukup spesial bagi Juventus karena itu menghentikan rekor buruk mereka di beberapa laga terakhir.

Sebelum menghadapi Atalanta, Juventus dalam performa negatif, dimana mereka tak sekalipun meraih kemenangan di lima pertandingan terakhir di semua ajang.

Begitupun dengan nirbobol. Gawang Juventus selalu kebobolan dalam enam laga terakhir dan akhirnya clean sheet itu tercipta lagi di laga ini.

Juventus Kokoh

Juventus musim 2022-2023 ini telah memenangkan 21 pertandingan tanpa kebobolan di semua ajang, termasuk di laga terbaru menang 2-0 atas Atalanta.

Catatan itu membuat Bianconeri menjadi tim ketiga terkokoh di antara tim-tim besar dari 5 Liga Top Eropa. Hanya Barcelona dan Manchester United yang mampu lebih baik dari Juventus.

Baca Juga

Barcelona musim ini telah memenangkan 25 pertandingan di semua ajang tanpa kebobolan, di susul oleh Manchester United dengan 23 laga tanpa kebobolan alias cleansheet.

Pemain Inggris Ketiga

Samuel Iling-Junior menjadi pemain Inggris ketiga yang mencetak gol untuk Juventus di Serie A, setelah David Platt (pada 1992/93) dan William John Jordan (pada 1948/49).

Baca Juga

Debut Manis Samuel Iling-Junior 

Samuel Iling-Jun menciptakan sejarah baru bagi Juventus. Pemain berusia 19 tahun ini melakukan debut yang spesial di Serie A. Pertama kali bermain di Liga Italia, ia berhasil mencetak gol. Golnya tercipta di menit ke-56.

Line-up Berbeda

Sejak awal musim lalu (2021/22), Juventus adalah salah satu dari dua tim (bersama Fiorentina) yang tidak pernah menurunkan starting XI yang sama untuk dua pertandingan Serie A berturut-turut dalam 72 hari pertandingan yang dimainkan. 

Perkasa di Kandang Lawan

Juventus memang tercatat sangat perkasa setiap kali bermain tandang di markasnya Atalanta. Mereka hanya kalah sekali dalam 18 pertemuan.

Satu-satunya kekalahan yang diderita Juventus terjadi pada 2021 lalu. Juventus pulang dengan kekalahan 0-1.

Baca Juga
JuventusAtalantaLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini