x

3 Fakta Pentingnya Septian David Maulana untuk PSIS Semarang

Senin, 8 Mei 2023 05:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ada tiga fakta tentang pentingnya Septian David Maulana untuk PSIS Semarang. Selain teknik dan mentalitas yang bagus, ia merupakan representasi dari pesepakbola Semarang.

INDOSPORT.COM - Ada tiga fakta tentang pentingnya Septian David Maulana untuk PSIS Semarang. Selain teknik dan mentalitas yang bagus, ia merupakan representasi dari pesepakbola Semarang.

Septian David baru saja menandatangani kontrak baru bersama PSIS Semarang. Kontrak berdurasi tiga musim ini mengakhiri spekulasi Septian David hengkang ke Persib Bandung.

Pengumuman yang dilakukan PSIS juga menjadi obat bagi para suporter setelah bulan ini PSIS resmi berpisah dengan Hari Nur Yulianto. Pemain asal Kendal itu sudah membela PSIS sejak tahun 2013.

Keputusan PSIS mempertahankan Septian David sangat tepat. Septian David memiliki beberapa kelebihan yang bisa memberi keuntungan bagi PSIS.

Berikut ini tiga fakta tentang pentingnya Septian David bagi PSIS, yang dikumpulkan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Representasi Pesepakbola Semarang

PSIS Semarang dikenal sangat lekat dengan nuansa putra daerah. Mereka bakal berusaha keras untuk mempertahankan para putra daerah untuk bertahan bersama seragam Mahesa Jenar.

Septian David Maulana mewakili hal tersebut. Sebagai putra daerah, Septian David merupakan representasi dari pesepakbola Semarang.

Baca Juga

Selain dia, ada pula Alfeandra Dewangga yang memilih bertahan di PSIS, meski ada banyak klub yang membidiknya. Kedua nama ini tak sekadar putra daerah, namun juga punya kualitas mumpuni.

Pada era Luis Milla, Septian David merupakan pemain pilihan utama di Timnas Indonesia. Lalu, ketika tongkat komando kepelatihan berpindah ke Shin Tae-yong, Dewangga lebih sering mendapat panggilan tim Garuda.

Kehadiran keduanya memberi harapan dan semangat pada pesepakbola muda Semarang untuk bisa berprestasi di PSIS maupun bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. 2. Teknik dan Mental Bagus

Septian David Maulana kembali mencetak gol untuk PSIS Semarang dalam uji coba di Boyolali. (Foto: PSIS Semarang)

Septian David Maulana merupakan salah satu pesepakbola dengan teknik tinggi. Lima gol yang dicetaknya pada kompetisi Liga 1 2022-2023 sangat mewakili hal itu.

Septian David memiliki kualitas individu yang bisa diandalkan tim dalam posisi terjepit. Selain itu, pemahaman strategi yang dimiliki Septian David juga bagus.

Silih berganti sosok pelatih di PSIS, Septian David selalu menjadi pilihan utama. Musim ini, Septian David hanya bermain 16 kali bukan karena kualitasnya menurun, namun dia fokus penyembuhan cedera.

Pada fase penyembuhan inilah mentalitas seorang Septian David berbicara. Pada tahun lalu, dia menjalani operasi untuk penyembuhan cedera pada bagian lutut.

Kebanyakan pemain membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengembalikan kepercayaan diri. Namun, Septian David langsung ngegas sejak diturunkan pada putaran kedua Liga 1 2022-2023.

Performa dalam 16 laga itulah yang membuat PSIS yakin mengikatnya hingga tahun 2026. Septian David sukses mencatatkan lima gol dan dua assist.

Baca Juga

3. Peran Multiposisi

Septian David lebih dikenal sebagai penyerang sayap ketika berada di Timnas Indonesia U-19. Namun seiring perkembangan karirnya, dia juga bisa menjadi seorang gelandang serang.

Luis Milla menjadi sosok penting yang memberi peran lain untuk Septian David. Ketika masih berada di Timnas Indonesia, Septian David kerap dimainkan sebagai second striker.

Peran multiposisi ini membuat Septian David bisa mendukung strategi dari pelatih PSIS, Gilbert Agius. Dalam satu pertandingan, bisa saja Septian David memerankan dua posisi secara bergantian.

Baca Juga

Dalam wawancara dengan INDOSPORT pada 2019 lalu, Septian David mengaku siap berperan sebagai gelandang serang atau penyerang sayap kiri maupun kanan. Namun jika disuruh memilih, sosok di belakang striker sangat digemarinya.

"Kemarin saat di Timnas, pelatih Luis Milla memainkan di posisi second. Jadi sudah terbiasa di posisi itu dan bagi saya sangat nyaman," kata Septian David dalam wawancara dengan INDOSPORT pada 31 Januari 2019 lalu.

Pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Septian David lebih sering diperankan sebagai sosok di belakang striker. Tugas itu terbukti ampuh dengan catatan lima gol dan dua assist dalam 16 pertandingan.

Peran ini kemungkinan akan dijalaninya lagi pada kompetisi musim 2023-2024. Di posisi gelandang sayap kanan, PSIS memiliki Vitinho. Sementara di pos gelandang sayap kiri ada Taisei Marukawa.

Baca Juga
PSIS SemarangIn Depth SportsSeptian David Maulana

Berita Terkini