x

Aneh! Di-KO Myanmar, Pelatih Kamboja Mencak-mencak Salahkan Penonton SEA Games

Senin, 8 Mei 2023 13:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Kamboja U-22, Ryu Hirose, menyalahkan penonton setelah timnya dipermalukan Myanmar pada laga fase grup SEA Games 2023, Minggu (07/05/23).

INDOSPORT.COM – Pelatih timnas Kamboja U-22, Ryu Hirose, menyalahkan penonton setelah timnya dipermalukan Myanmar pada laga fase grup SEA Games 2023, Minggu (7/5/23).

Menurut legenda sepak bola Jepang itu, suporter yang datang ke Stadion Olympic, Phnom Penh, terlalu ramai sehingga membuat para pemainnya tidak bisa berkonsentrasi ke pertandingan.

“Hasil ini sangat mengecewakan kami. Banyak suporter yang datang ke lapangan untuk bersorak dan menciptakan tekanan yang luar biasa,” tutur Ryu Hirose dilansir dari Soha.

“Para pemain tidak bisa mengontrol emosi dan kehilangan akal sehat sehingga berujung pada kekalahan,” lanjutnya.

Menurut laporan Soha, lebih dari 30.000 penonton memang hadir di Olympic Stadion yang berkapasitas 50.000 kursi untuk menyaksikan duel Kamboja U-22 vs Myanmar.

Baca Juga

Alih-alih menjadi suntikan motivasi, kehadiran penonton ini justru memecah konsentrasi pasukan Ryu Hirose yang bertekad merebut tiga poin di laga kali ini.

Kamboja, selaku tuan rumah, tidak bisa menghindar dari kekalahan kala menghadapi Myanmar. Tekanan bertubi-tubi terus dilancarkan Myanmar sejak menit pertama.

Baca Juga

Baru berjalan 12 menit, gawang Kamboja yang dikawal oleh Reth Lyheng akhirnya kebobolan lewat sepakan keras winger kanan Myanmar, Hein Htet Aung.

Myanmar mencetak gol kedua pada menit ke-38 lewat tendangan salto pemain bertahan Thet Hein So yang menerima umpan Htet Aung.

Sampai peluit babak kedua dibunuikan, Myanmar bisa mempertahankan kemenangan 2-0. Hasil ini membesar peluang mereka melaju ke semifinal.

Baca Juga

1. Ketum PSSI-nya Kamboja Mundur

Kamboja akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U-22 yang sudah lebih dulu memastikan lolos ke semifinal pada 10 Mei mendatang.

Sebaliknya, keadaan ini membuat Kamboja terancam gagal lolos ke fase berikutnya. Pasalnya, Kamboja kini tergusur ke urutan ketiga dengan raihan 4 poin sedangkan Myanmar 6 poin di posisi kedua.

Mengomentari laga Kamboja vs Myanmar, Ryu Hirose mengatakan para pemain belakang timnya dinilai terlalu banyak ruang bagi tim tamu.

Selain itu, masih banyak pemain Kamboja yang ‘demam panggung’ karena bermain di tengah stadion yang dipenuhi ribuan penonton.

“Para bek mudah kehilangan bola, membuka ruang (Myanmar menciptakan peluang) mencetak gol dan situasi berbahaya. Mungkin karena tekanan bermain di kandang dengan terlalu banyak orang,” tutur Ryu Hirose.

“Fans memiliki harapan yang tinggi, jadi mereka terlena. Kami harus belajar dari pengalaman dan mengasah mental para pemain sehingga mereka tidak melakukan kesalahan seperti ini di pertandingan berikutnya,” lanjutnya.

Baca Juga

Kamboja akan berhadapan dengan timnas Indonesia U-22 yang sudah lebih dulu memastikan lolos ke semifinal pada 10 Mei mendatang.

Laga ini bisa dibilang sangat mustahil untuk dimenangkan Kamboja mengingat Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri memiliki materi pemain yang berkualitas.

Baca Juga

Sementara itu, kekalahan Kamboja dari Myanmar yang menutup peluang lolos ke semifinal membuat presiden federasi sepak bola di negara tersebut, Sao Sokha, memilih mundur dari jabatannya.

“Setelah gagal di babak grup A SEA Games, saya akan menepati janji saya. Menunjukkan rasa tanggung jawab, saya ingin mengumumkan pengunduran diri saya sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja,” kata Sao Sokha melalui website pribadinya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja serta saudara-saudari yang telah mendukung saya untuk terus menjadi Presiden Federasi Sepak Bola Kamboja.”

“Namun, saya mohon maaf karena tidak dapat membalasnya. Suatu kehormatan, sepak bola negara ini bisa tampil di acara (SEA Games) yang diselenggarakan oleh Kamboja. Terima kasih kepada semua staf yang telah bekerja dengan saya di lapangan sepak bola di masa lalu,” tulis sang presiden.

Baca Juga
KambojaMyanmarBola InternasionalSepak BolaSEA Games 2023

Berita Terkini