x

Final Kepagian Vietnam vs Thailand, Audisi Calon Lawan Timnas U-22 di SEA Games

Senin, 8 Mei 2023 14:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Berpotensi bertemu Timnas Indonesia U-22 di babak semifinal, Vietnam dan Thailand melakoni partai ‘final kepagian’ pada laga pamungkas fase grup SEA Games.

INDOSPORT.COM – Berpotensi bertemu timnas Indonesia U-22 di baabak semifinal, Vietnam dan Thailand justru akan melakoni partai ‘final kepagian’ pada laga pamungkas fase grup SEA Games 2023.

Hal ini dikarenakan posisi Thailand dan Vietnam masih belum dikatakan aman untuk lolos ke semifinal, khususnya Vietnam jika kalah dalam dua pertandingan terakhir.

Thailand dan Vietnam saat ini sama-sama mengoleksi 6 poin berkat kemenangan pada dua laga pertama fase grup B. Namun Thailand berhak berada di puncak klasemen.

Vietnam menang 2-0 atas Laos sebelum mengalahkan Singapura dengan skor 3-1. Sedangkan Thailand juga meraih kemenangan 3-1 atas Singapura disusul dengan menang 2-0 atas Malaysia.

Meski sama-sama telah mencetak lima gol dan kebobolan sekali (selisih +4), peringkat skuad Gajah Perang unggul dari Vietnam berkat point fair play karena hanya mendapat sedikit kartu penalti.

Baca Juga

Melansir Soha, Vietnam dan Thailand memang sama-sama dominan di Grup B, namun salah satu dari dua tim berisiko tersingkir dari SEA Games 2023 jika kalah dalam dua laga terakhir.

Quan Van Chuan dan rekan setimnya dijadwalkan menghadapi Malaysia pada Senin (8/5/23) dan dan Thailand (11 Mei). Sedangkan Thailand  sebelum bertemu Vietnam akan menghadapi Laos hari ini.

Baca Juga

Malaysia, selain bertemu dengan Vietnam hari ini, juga akan menghadapi Singapura pada 11 Mei mendatang sebagai laga penutup.

Sementara Singapura dan Laos sejauh ini masih berkutat di dua posisi terbawah klasemen Grup B dengan hanya memiliki 1 poin. Jadi, kedua tim otomatis dipastikan tersingkir.

Dengan demikian, dua tiket ke semifinal di Grup B ini hanya akan diperebutkan oleh tiga tim yakni Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Baca Juga

1. Kalah dari Malaysia Bisa Jadi Ujian Berat Vietnam

Berpotensi bertemu Timnas Indonesia U-22 di babak semifinal, Vietnam dan Thailand melakoni partai ‘final kepagian’ pada laga pamungkas fase grup SEA Games.

Vietnam sejatinya hanya butuh tambahan tiga poin untuk bisa mengamankan tiga poin. Namun menghadapi Malaysia bukanlah perkara mudah.

Sejauh ini, Malaysia juga tampil cukup apik. Mereka mampu menggilas Laos dengan skor telak 5-1 meski kemudian takluk dari Thailand 2-0.

Malaysia dengan posisi mereka di urutan ketiga memiliki peluang untuk lolos ke semifinal jika mampu mengalahkan Vietnam di pertandingan sore nanti.

Tambahan tiga poin dari laga ini sudah cukup untuk menambah motivasi Malaysia memenangkan partai terakhir melawan Singapura, guna mendampingi Thailand ke babak berikutnya.

Di sisi lain, kalah dari Malaysia justru menjadi ujian berat bagi Vietnam. Itu artinya mereka bakal menjalani laga hidup dan mati saat menghadapi Thailand di pertandingan pamungkas.

Baca Juga

Secara matematis, jika Vietnam mengalahkan Malaysia, sedangkan Thailand mengalahkan Laos hari ini, maka Malaysia sudah dipastikan tersingkir.

Maka pertandingan Vietnam vs Thailand pada 11 Mei mendatang hanya akan menentukan status juara grup. Siapa pun yang jadi juara grup tidak akan berjumpa dengan timnas Indonesia U-22.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan Timnas Indoneia U-22 menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak semifinal setelah menang 3-0 atas Timor Leste di laga terbaru pada Minggu (7/5/23).

Pasukan Indra Sjafri tersebut hanya tinggal melangsungkan satu pertandingan tersisa untuk memastikan status juara Grup A.

Namun jika Vietnam imbang atau kalah melawan Malaysia, sementara Thailand mengalahkan Laos, Vietnam akan dipaksa menghadapi pasukan Gajah Perang layaknya partai final.

Jika Vietnam dan Thailand sama-sama kalah pada laga 8 Mei, persaingan kedua tim pada laga terakhir pada 11 Mei juga tetap akan menjadi “pertandingan final” grup.

Baca Juga
VietnamThailandBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Sepak BolaSEA Games 2023

Berita Terkini