x

Liga Champions: 4 Pemain Kunci Semifinalis yang Perlu Dijaga Ketat

Senin, 8 Mei 2023 17:51 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Semifinal Liga Champions 2022-23 bakal dimulai pekan ini dengan mempertemukan Real Madrid vs Man City dan AC Milan vs Inter Milan.

Keduanya bakal dipertemukan dengan menyajikan laga antara Real Madrid vs Man City lebih dulu pada hari Rabu, 10 Mei 2023 di Santiago Bernabeu, dilanjutkan dengan AC Milan vs Inter Milan di San Siro.

Tak dapat dipungkiri, semifinal Liga Champions musim 2022-23 ini terbilang sengit dan sayang untuk dilewatkan.

Dalam laga antara Real Madrid vs Man City menyajikan adu kecerdasan antara dua pelatih jenius, Carlo Ancelotti di kubu Madrid dan Pep Guardiola di kubu City.

Bisa dibilang, dua tim ini sangat diunggulkan keluar menjadi juara mengingat skuat yang mereka miliki lebih baik dibandingkan dua skuat milik semifinalis lainnya, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Baca Juga

Meski demikian, semifinal dua Kota Milan pun tak bisa dipandang remeh, mengingat skuat ‘Kuda Hitam’ mereka yang tak diunggulkan ini justru secara tak terduga bisa melaju ke babak semifinal.

Bahkan, bisa dibilang tim non unggulan ini bisa keluar menjadi juara seperti yang pernah dirasakan oleh tim non unggulan sebelumnya, yakni Chelsea (2012 dan 2021), FC Porto (2004), dan Borussia Dortmund (1997).

Baca Juga

Sebelum menyaksikan leg satu dari pertandingan semifinal Liga Champions antara Real Madrid vs Man City dan AC Milan vs Inter Milan.

Ada baiknya, kita lihat dulu siapa saja pemain kunci dari masing-masing tim yang diharapkan bisa memberikan tak hanya kemenangan, tetapi juga peluang terciptanya gol.

Pemain yang dimaksud bukan berasal dari striker, melainkan dari playmaker atau motor serangan tim yang biasanya dipercaya untuk menjadi pengumpan.

Karena jika para pemain pusat utama dalam membangun serangan ini dimatikan, maka dapat dipastikan para striker mereka bakal kesulitan untuk mencetak gol.

Baca Juga

1. Real Madrid

Vinicius Junior, pemain kunci utama Real Madrid dalam membangun serangan.

Dalam lima tahun terakhir, harus diakui jika pusat utama serangan Real Madrid selalu dikendalikan oleh playmaker mereka asal Kroasia, Luka Modric.

Musim ini sebenarnya Modric masih menjalankan peran yang sama, namun tugasnya kini menjadi lebih ringan lantaran dalam tiga musim terakhir, El Real telah memiliki motor serangan mematikan bernama Vinicius Jr.

Ya, pemain asal Brasil tersebut selalu menusuk lini pertahanan lawan dari sisi lapangan, sebelum pada akhirnya memberikan umpan matang untuk rekan-rekannya.

Tercatat, di musim 2022-23 ini Vini telah menjadi pengumpan terbanyak Real Madrid dengan jumlah 10 kali umpan yang berhasil dijadikan gol.

Man City

Sejak didatangkan Man City pada tahun 2015 lalu, Kevin De Bruyne selalu dipercaya menjadi pusat utama tim dalam membangun serangan.

Sudah tak terhitung berapa banyak umpan maut yang ia berikan yang mengancam gawang lawan namun sangat memanjakan rekan setimnya yang berposisi sebagai striker.

Ketajaman penyerang mereka, Erling Haaland di musim ini pun tak lepas andil dari De Bruyne.

Di musim ini, tercatat ada 18 umpan Kevin De Bruyne yang berhasil berbuah gol dari para pemain Man City.

Baca Juga

AC Milan

Suka atau tidak, harus diakui jika penyerang sayap Milan, Rafael Leao telah menjadi kunci permainan bagi timnya dalam beberapa musim terakhir.

Tak hanya turut aktif dalam mencetak gol, pemain berdarah Portugal ini juga sering kali memberikan umpan cantik kepada rekan-rekannya.

Leao tercatat sudah mengemas 8 umpan yang berhasil dijadikan gol oleh para pemain Milan.

Pemain AC Milan, Rafael Leao Usai Laga Melawan Sassuolo.

Sayangnya, saat melawan Inter nanti Rafael Leao terancam tidak dimainkan lantaran mengalami cedera otot paha kanan.

Meski demikian, tim medis AC Milan saat ini sedang berusaha keras agar bisa memulihkan pemain andalannya tersebut demi mendapatkan kemenangan.

Inter Milan

Tak jauh berbeda dengan Kevin De Bruyne di Man City, gelandang kreatif Inter Milan, Nicolo Barella juga selalu menjadi pemain kunci utama Nerrazzurri dalam membangun serangan.

Barrella tercatat sudah mengemas tujuh umpan yang mampu dijadikan gol oleh rekan setimnya.

Meski terbilang sedikit dibandingkan tiga pemain lainnya, namun harus diakui jika Barella selalu berhasil dalam memberikan umpan terukur yang mengancam jantung pertahanan tim lawan.

Baca Juga
Real MadridManchester CityLiga ChampionsAC MilanInter MilanKevin De BruyneVinicius JuniorRafael LeaoBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini