☰
x

PSIS Semarang Lanjutkan Tradisi Rekrut 'Fresh Graduate', Calon Bintang di Liga 1?

Rabu, 10 Mei 2023 13:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek Timnas U-22, Haykal Alhafiz jadi rekrutan pertama tim PSIS Semarang. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang kembali melanjutkan tradisi merekrut para fresh graduate Liga 2. Setelah belajar banyak di kasta kedua, mereka diharapkan menjadi bintang baru di Liga 1 2023-2024.

PSIS memang dikenal gemar mengambil para pemain dari Liga 2. Beberapa pemain muda yang belum pernah bermain di Liga 1 pada akhirnya menjadi andalan tim Mahesa Jenar.

Wahyu Prasetyo menjadi salah satu fresh graduate sukses milik PSIS. Setelah membela tim-tim di Liga 2, seperti Persik Kendal, Cilegon United, dan Persibat Batam, dia tak tergantikan di pos bek tengah.

Ada pula sosok Haudi Abdillah dan Ahmad Agung Setiabudi. Pemain yang telah meninggalkan PSIS ini merasakan dua gelar Liga 1 bersama Bali United.

Keberhasilan menempa para fresh graduate Liga 2 membuat PSIS kembali melakukan langkah yang sama menatap Liga 1 2023-2024. Ada dua nama yang kini telah diperkenalkan PSIS.

Baca Juga

Haykal Alhafiz menjadi nama pertama yang diperkenalkan. Mantan pilar Persikab Bandung ini menjadi opsi untuk bek kiri menggantikan Taufik Hidayat yang tak diperpanjang kontraknya.

Setelah Haykal, ada pula mantan pemain Persipal Palu, Tri Setiawan. Pemain yang beberapa hari lagi akan berusia 19 tahun ini menjadi opsi untuk pos gelandang bertahan.

Baca Juga

Status Tri Setiawan hampir mirip dengan Haykal. Mereka sama-sama pilar Liga 2 yang sempat dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22.

Haykal pada akhirnya terpilih masuk skuat Indra Sjafri menuju SEA Games 2023. Sementara Tri Setiawan harus puas tersingkir pada fase terakhir sebelum berangkat ke Kamboja.

Baca Juga

1. Miliki Potensi Tinggi

Bek Timnas U-22, Haykal Alhafiz jadi rekrutan pertama tim PSIS Semarang. (Foto: PSSI)

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengatakan Tri Setiawan dipilih setelah tim pelatih melakukan pemantauan pada potensi sebagai gelandang tangguh.

Potensi besar yang dimiliki Tri Setiawan membuatnya diganjar kontrak selama tiga musim. Kontrak panjang untuk Tri Setiawan juga sudah diberikan PSIS untuk Septian David Maulana.

"Dia masih muda, memiliki kemampuan bertahan cukup bagus yang dipantau oleh team scouting kami sehingga diharapkan mampu menambah kedalaman skuat di lini tengah yang saat ini di posisi tersebut kami sudah ada Delfin (Rumbino), Luthfi (Kamal), dan kemungkinan juga ada pemain asing," ujar Yoyok Sukawi.

Namun, tak semua pemain muda yang diikat  PSIS Semarang langsung sukses bersama tim senior. Ada pula yang kesulitan menembus tim utama.

Pada musim ini, PSIS akan meminjamkan beberapa nama ke klub lain. Nama-nama tersebut adalah Arifin Setyadi, Yudi Safrizal, Fathul Ihsan, Eduardus, Damas Damar Jati, dan Farrel Arya.

Baca Juga

"Beberapa pemain muda yang masih terikat kontrak dengan PSIS namun tidak masuk dalam skuaa 2023-2024 karena masih memerlukan jam terbang lebih akan dipinjamkan ke klub lain," ujar Yoyok Sukawi.

Ada kemungkinan nama-nama tersebut akan dipinjamkan PSIS Semarang ke klub Liga 2 di Jawa Tengah, seperti Persipa Pati. Salah satu nama, yakni Yudi Safrizal, merupakan bekas pemain Persipa.

Baca Juga

Sementara beberapa pemain muda lain sudah resmi dilepas PSIS Semarang. Para pemain Liga 1, seperti Reza Irfana dan Yofandani Pranata diharapkan bisa berkembang bersama klub lain.

Baca Juga
PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Yoyok SukawiBerita Liga 1Haykal Alhafiz

Berita Terkini