x

Cyrus Margono Datang, Lini Pertahanan Timnas Indonesia Bakal Full Rasa Eropa

Kamis, 11 Mei 2023 18:44 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Cyrus Margono pemain sepak bola profesional keturunan Indonesia-Iran bermain sebagai penjaga gawang. (Foto: Instagram@cmargono)

INDOSPORT.COM – Intip tangguhnya lini pertahanan Timnas Indonesia andai ketambahan Cyrus Margono, cita rasa Eropa bakal sangat kental dalam skuad Garuda.

Cyrus Margono memang berpeluang untuk memperkuat Tımnas Indonesia, setelah sang pemain sedang berusaha untuk mendapatkan kembali status kewarganegaraan Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh mantan utusan PSSI untuk urusan naturalisasi, Hamdan Hamedan yang membantu Cyrus Margono mengurus status WNI sang pemain.

Meski sedang berusaha untuk kembali menjadi WNI, namun proses yang dilalui Cyrus Margono berbeda dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Pasalnya, pemain berusia 21 tahun tersebut memiliki kewarganegaraan ganda, salah satunya adalah Indonesia yang menjadi tempat tinggal orang tuanya.

Baca Juga

Berkaca dari kondisi tersebut, Hamdan menjelaskan bahwa Cyrus Margono tak akan melalui program naturalisasi dan hanya akan mengambil kembali status WNI miliknya.

“Dia (Cyrus) ingin mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia. Jadi langkah yang diambil adalah sesuai dengan PP No 21 Tahun 2022,” ucap Hamdan Hamedan.

Baca Juga

“Intinya, Cyrus ingin kembali menjadi WNI sehingga dia memenuhi syarat untuk dipanggil ke Timnas Indonesia,”

“Namun, panggilan tersebut tetap merupakan hak prerogatif pelatih kepala dan Cyrus hanya berusaha memenuhi syarat agar dapat dipanggil,” tukas Hamdan.

Andai Cyrus Margono resmi mendapat kembali status WNI dan dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, maka skuad Garuda bakal memiliki lini pertahanan dengan cita rasa Eropa yang kental.

Baca Juga

1. Kiper Eropa

Cyrus Margono pemain sepak bola profesional keturunan Indonesia-Iran bermain sebagai penjaga gawang. (Foto: Instagram@cmargono)

Nama Cyrus sendiri mendadak tenar saat bergabung dengan klub Liga Yunani, Panathinaikos pada Agustus 2021.

Dengan usia yang masih sangat muda, Cyrus Margono tidak diprioritaskan untuk tim senior, melainkan memperkuat tim B di Super League Greece 2 atau kasta kedua Liga Yunani.

Walau tampil bersama tim kedua, namun statistik permainan Cyrus Margono terbilang cukup apik sepanjang musim ini.

Total sepanjang musim 22/23, Cyrus Margono sudah bermain sebanyak 6 pertandingan dengan catatkan dua clean sheets serta lima kali kebobolan.

Bahkan dalam tiga pertandingan terakhir, Cyrus Margono yang turun sebagai starter berhasil membawa timnya tidak terkalahkan dengan rincian dua hasil imbang dan satu kemenangan.

Baca Juga

Berbekal statistik tersebut, kehadiran Cyrus Margono tampaknya bakal membuat lini belakang Timnas Indonesia bisa semakin tangguh.

Selain itu, datangnya Cyrus Margono membuat nuansa Eropa semakin terasa di sektor pertahanan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pasalnya sebelum Cyrus Margono, skuad Garuda sudah diperkuat sejumlah pemain keturunan Eropa yang saat ini masih berkompetisi di benua biru.

Nama Eropa pertama yang jadi penggawa Tımnas Indonesia adalah Elkan Baggott, bek kelahiran Thailand tersebut resmi mendapatkan status WNI dan jalan debut di timnas pada 2021.

Total sampai saat ini, Elkan Baggott yang memperkuat Cheltenham Town di Liga Inggris tersebut sudah catatkan 14 caps buat Tımnas Indonesia.

Baca Juga

2. Pertahanan Tangguh Timnas Indonesia

Elkan Baggott direkrut Cheltenham Town. (Foto: instagram@fcfutureballers)

Setelah Elkan Baggott, skuad Garuda terus ketambahan pemain bertahan asal Eropa melalui jalur naturalisasi.

Salah satunya adalah Jordi Amat, bek kelahiran Spanyol tersebut resmi menjadi WNI dan debut di Timnas Indonesia pada tahun 2022.

Sampai saat ini, mantan penggawa Timnas Spanyol U-22 tersebut sudah mengoleksi 6 caps dengan torehan satu gol.

Jelang tampil di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia kembali datangkan dua pemain keturunan Eropa untuk mempertangguh lini pertahanan.

Mereka adalah Shayne Pattynama yang kini memperkuat Viking FK di Lıga Norwegia, serta Sandy Walsh dari Liga Belgia.

Meski sudah jadi menjadi WNI, namun kedua pemain tersebut belum catatkan debut di Timnas Indonesia dan mungkin bakal tampil saat FIFA Matchday nanti.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaCyrus Margono

Berita Terkini