x

Rumor Mustahil Kepindahan Pelatih yang Mungkin Terjadi: Pep ke Milan, Mourinho Balik Chelsea?

Kamis, 11 Mei 2023 15:32 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM – Mungkinkah Pep Guardiola bakal mencoba peruntungannya dengan pindah ke Kota Milan? Dan maukah Jose Mourinho untuk ketiga kalinya menangani Chelsea dalam kariernya?

Suka atau tidak, tak dapat dipungkiri nama pelatih Man City, Pep Guardiola dan Jose Mourinho masuk kategori sebagai pelatih sepak bola terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Kepindahan mereka dalam melatih sebuah klub pun pastinya selalu menghadirkan berita besar, mengingat rekam jejak mereka sebagai juru taktik nyaris selalu berhasil menjadi juara.

Dikatakan nyaris, karena seorang Jose Mourinho faktanya pernah gagal membawa tim besutannya juara, yakni Tottenham Hotspur.

Entah faktor tidak beruntung, atau memang klub asal London Putih tersebut sulit bersaing untuk bisa memperebutkan gelar juara.

Baca Juga

Namun yang pasti, harus diakui jika lemari koleksi gelar juara Mourinho lebih banyak dibandingkan dengan Tottenham Hotspur.

Sudah banyak gelar juara yang diraih oleh pelatih AS Roma tersebut yang didapat lebih dari 10 tahun terakhir.

Baca Juga

Mulai dari FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, hingga klubnya sekarang AS Roma.

Semua gelar bergengsi pun sudah ia raih, gelar Premier League, Serie A Italia, LaLiga Spanyol, hingga Liga Champions sudah pernah Mourinho dapatkan.

Tak jauh berbeda dengan Mourinho, nama Pep Guardiola juga selalu berhasil mendapatkan gelar juara dari tiga klub besar yang pernah ia tangani, yakni Barcelona, Bayern Munchen, dan sekarang Man City.

Banyak yang menilai, Pep termasuk sosok pelatih yang hanya mau melatih klub yang besar dan bisa belanja pemain banyak berlabel bintang untuk memperkuat skuatnya.

Terlepas dari pernyataan tersebut, tetap saja harus diakui jika Guardiola masuk sebagai jajaran pelatih sepak bola terbaik.

Pep juga yang menghidupkan kembali gaya bermain tiki-taka yang diciptakan oleh Johan Cruyff.

Bisa dibayangkan jika Guardiola bakal pindah ke Italia untuk melatih klub yang dikabarkan sedang mencari pelatih baru?

Lalu bagaimanakah dengan rumor mustahil kepindahan pelatih lainnya yang bisa saja terjadi dalam waktu dekat atau di masa mendatang? Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Jose Mourinho Kembali ke Chelsea

Pelatih AS Roma Jose Mourinho saat laga persahabatan persahabatan pra musim antara AS Roma vs Debrecen.

Pada awal tahun 2023, mencuat kabar yang mengatakan jika Mourinho bersedia kembali ke Chelsea untuk ketiga kalinya.

Mourinho sempat membantah lantaran dirinya mengaku masih betah di AS Roma dan menghormati kontraknya Bersama klub Ibu Kota Italia tersebut.

Di sisi lain, Mourinho juga sempat dikabarkan kesal karena manajemen keuangan Roma yang terbatas sehingga dirinya kesulitan untuk mengembangkan skuatnya.

Tak hanya itu, kontrak Mourinho Bersama Roma juga bakal berakhir musim depan yang berarti kepindahannya ke Chelsea masih bisa saja terjadi.

Apalagi, Chelsea saat ini dipegang oleh pemilik kaya asal Amerika Serikat, Todd Boehly yang bisa membuat Jose Mourinho leluasa untuk mendatangkan pemain yang diinginkan.

Baca Juga

Pep Guardiola ke Milan

Pernyataan ke Milan ini bisa merucut ke dua sisi dari klub yang berbasis di kota tersebut. Ya, Guardiola bisa saja melatih antara AC Milan ataupun Inter Milan.

Sulit memang untuk menentukan klub mana yang manajemen keuangannnya bagus agar bisa merekrut banyak pemain.

Namun jika melihat dalam beberapa musim terakhir, rasanya AC Milan dan Inter Milan terbilang cukup bisa dipercaya Pep untuk mendatangkan pemain.

Tak hanya itu, Guardiola yang terkenal suka mempromosikan pemain muda dari akademi juga dapat memilih dua klub tersebut yang juga memiliki tim junior sama baiknya.

Terlebih, baik Milan dan Inter juga sama-sama sedang mempertimbangkan masa depan pelatih mereka masing-masing.

Stefano Pioli dari AC Milan dianggap kurang memuaskan musim ini meski pada musim lalu berhasil mempersembahkan Scudetto.

Sementara Simone Inzaghi dari Inter Milan juga masih dalam posisi yang belum aman meski saat ini berhasil membawa Nerazzurri ke semifinal Liga Champions dan berpeluang melaju ke babak final.

Baca Juga

Antonio Conte ke Real Madrid

Saat ini, status Antonio Conte menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur pada akhir Maret 2023 lalu.

Dipecatnya Conte karena kritik yang ia lontarkan dengan mengatakan tim London Putih mau sampai kapanpun tak akan bisa juara jika tak punya mental dan semangat juara.

Pernyataannya ini pun langsung membuatnya miliki hubungan yang buruk dengan manajemen klub dan membuatnya harus didepak.

Meski demikian, Conte tetap memiliki otak yang jenius dalam meracik taktik. Buktinya, ia pernah bawa Chelsea dan Inter Milan menjadi juara setelah sempat mengalami puasa gelar.

Bagi Real Madrid, mereka bisa saja membidik Conte sebagai pengganti pelatih mereka saat ini, Carlo Ancelotti yang tiada henti dikaitkan dengan Timnas Brasil.

Zinedine Zidane ke Juventus

Di tengah kabar yang mengatakan Zidane masuk sebagai kandidat kuat menjadi pelatih PSG, terselip kemungkinan kecil jika pria asal Prancis masih berpotensi melatih Juventus.

Saat ini, Juventus masih memercayakan Massimiliano Allegri sebagai pelatih mereka, namun secara realistis, hasil yang didapat tim dan juga desakan dari fans membuat manajemen tampaknya harus memikir ulang siapa yang pantas menjadi pelatih baru mereka.

Zinedine Zidane sendiri pernah membuktikan jika dirinya pernah berhasil menjadi pelatih dengan mencatatkan hattrick alias juara Liga Champions tiga kali beruntun untuk Real Madrid di tahun 2016 hingga 2018.

Zidane juga pernah bermain untuk Juventus selama lima tahun dari tahun 1996 hingga 2001, sehingga kompetisi Serie A Italia tentu tak asing baginya.

Baca Juga
Real MadridManchester UnitedChelseaManchester CityJose MourinhoZinedine ZidaneAC MilanInter MilanAntonio ConteAS RomaPep GuardiolaBola Internasional

Berita Terkini