x

Timnas Indonesia Jumpa Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023, Begini Respons Erick Thohir

Kamis, 11 Mei 2023 21:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong terlah tergabung ke dalam Grup D di ajang Piala Asia 2023 yang akan dimainkan Januari tahun depan di Qatar.

Di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, Vietnam dan Jepang berdasarkan drawing yang dilakukan di Qatar, Kamis (10/05/23).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berkesempatan hadir langsung di acara drawing yang berlangsung petang tadi waktu Indonesia.

Menyikapi hasil drawing Piala Asia 2024, Erick Thohir menyatakan Timnas Indonesia siap bersaing di Grup D. Seluruh lawan dinilai tangguh, jadi persiapan skuad Merah Putih harus maksimal. 

Jepang jadi lawan paling berat karena yang juara empat kali Piala Asia dan langganan Piala Dunia. Bahkan, di Piala Dunia 2022 lalu, tim Samurai Biru sukses mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Baca Juga

Lalu ada Vietnam yang belakangan jadi rival berat Indonesia di Asia Tenggara, serta Irak yang juga tak bisa dianggap enteng.

Meski menghadapi lawan tangguh, Erick Thohir menegaskan Indonesia tak gentar. Tim asuhan Shin Tae-yong disebut siap tampil habis-habisan.

Baca Juga

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh," katanya.

"Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah," imbuhnya.

Baca Juga

1. Harus Jadi Ajang Pembuktian

Hasil Drawing Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia satu grup dengan Vietnam dan Jepang.

Ketum PSSI mengatakan, Piala Asia 2023 harus jadi pembuktian Timnas Indonesia. Skuad Garuda sudah absen selama 16 tahun dari kejuaraan antar negara Asia tersebut.

"Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni ngara levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan timnas," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, Grup D cukup spesial karena dihuni rival Indonesia di Asia Tenggara, Vietnam. Ini bisa jadi 'perang' untuk membuktikan tim mana yang lebih tangguh.

"Vietnam seperti kita tahu adalah rival kita di Asean yang performanya di Asia sangat baik. Semua lawan yang tangguh tapi tim kita pun punya kualitas untuk membuat kejutan," ucapnya.

Baca Juga

Ketua umum PSSI pun optimis tim asuhan Shin Tae Yong punya peluang untuk bersaing di Grup D Piala Asia 2023. Timnas Indonesia kini punya banyak pemain berkualitas, ditambah nanti ada lima pemain naturalisasi yang berkarir di Eropa dan Asia.

"Ini adalah keikutsertaan kita kelima kali di Piala Asia dan kita sudah sejak 2007 absen dan baru bisa kembali lagi ke Piala Asia. Kesempatan ini mesti kita manfaatkan dengan berjuang hingga pluit akhir," tuntasnya. 

Baca Juga
JepangPSSIErick ThohirVietnamTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola Internasional

Berita Terkini