x

Akui Masuk Grup Sulit Piala Asia, Ini Janji Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Jumat, 12 Mei 2023 14:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Shin Tae-yong berjanji akan bawa Skuat Garuda bersaing dengan tiga lawan lainnya di Grup D yakni Jepang, Vietnam dan Irak. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai hasil drawing Piala Asia 2023 menempatkan timnya di grup neraka. Tapi, dia berjanji akan bawa Skuat Garuda bersaing dengan tiga lawan lainnya di Grup D yakni Jepang, Vietnam dan Irak.

Dikatakan Shin Tae-yong, Jepang adalah tim paling tangguh karena langganan Piala Dunia dan juara Piala Asia empat kali. Lalu Vietnam adalah rival berat di Asia Tenggara dan Irak pasti tidak akan mudah dihadapi.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan akan menciptakan skuat yang tangguh agar Indonesia bisa menghadapi tiga pesaing lainnya. 

"Tentu grup kami ini tidak mudah. Namun saya punya keyakinan penuh terhadap tim saya," buka Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pelatih 52 tahun itu mengatakan,  melawan tim seperti Vietnam dan Jepang adalah hal yang positif. Indonesia bisa melakukan persiapan dengan baik dan wajib memberikan perlawanan saat Piala Asia 2023 digelar.

"Saya bisa katakan bahwa berhadapan dengan rival kami seperti Vietnam dan Jepang adalah hal yang positif. Selama kami bisa menyiapkan diri dengan baik, saya rasa kami bisa memberikan penampilan bagus melawan mereka," katanya.

Baca Juga

Di Grup D, posisi Indonesia adalah tim dengan peringkat FIFA terendah. Jepang menempati posisi ke-20, Vietnam urutan ke-95 dan Irak peringkat ke-67.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Janji Berjuang

Erick Thohir dan Shin Tae-yong hadiri Drawing Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

Namun, hal itu tidak ditakuti Shin Tae-yong. Dia menegaskan akan terus memberikan motivasi positif kepada para pemainnya supaya bisa bersaing.

"Kami tim dengan peringkat terendah dari semua kontestan. Walau begitu, setiap laga nanti akan sangat menantang," ujarnya.

"Kami akan berjuang hingga akhir. Saya akan menjaga para pemain agar tetap termotivasi, sehingga mereka bisa memberikan yang terbaik di setiap laga," tutup Shin Tae-yong.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyikapi hasil drawing Piala Asia 2023 dengan optimis. Dia yakin tim asuhan Shin Tae-yong bisa menunjukkan kualitasnya dan bersaing dengan Jepang, Irak dan Vietnam.

Baca Juga

Erick Thohir optimistis Indonesia punya peluang. Timnas Indonesia kini punya banyak pemain berkualitas, ditambah nanti ada lima pemain naturalisasi yang berkarier di Eropa dan Asia.

Erick Thohir meminta para pemain Timnas berjuang hingga peluit akhir. Setiap tim punya kesempatan yang sama untuk memenangkan pertandingan asal disiplin dan fokus di dalam lapangan.

Baca Juga

Kick-off Piala Asia 2023 ini akan berlangsung tanggal 12 Januari 2024. Kejuaraan empat tahunan yang diikuti Timnas Indonesia itu akan berlangsung di Qatar.

Baca Juga
Erick ThohirTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini