x

Masuk Grup Neraka Piala Asia, Media Vietnam Cemaskan Timnasnya Jumpa Jepang dan Indonesia

Jumat, 12 Mei 2023 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Media Vietnam mengulas hasil drawing Piala Asia 2023, di mana timnas negaranya dikepung tim-tim hebat seperti Jepang, Indonesia, dan Irak. (Foto: Instagram@qfa)

INDOSPORT.COM - Media Vietnam mengulas hasil drawing Piala Asia 2023. Timnas negaranya dikepung tim-tim hebat seperti Jepang, Indonesia, dan Irak.

Diketahui, drawing penyisihan grup Piala Asia 2023 baru saja digelar di Qatar pada Kamis (11/5/23) dan mengundi 24 tim menjadi enam grup berbeda.

Gelaran Piala Asia 2023 ini akan berlangsung mulai 12 Januari-10 Februari 2024. Setiap tim akan dicari dua peringkat teratas untuk lolos ke babak gugur.

Undian buruk didapat timnas Indonesia ketika Vietnam kemudian muncul sebagai kontestan grup D. Dua tim lain menyusul yakni Irak Jepang.

Hasil undian ini mendapat sorotan tajam dari media Vietnam, Soha, melalui artikelnya yang terbit hari ini, Jumat (12/05/23) dan bertajuk:

Baca Juga

Timnas Vietnam Tiba-tiba Terancam Bahaya di Piala Asia, Pelatih Troussier Menambah Kekhawatiran Besar di Tengah Turnamen SEA Games,” tulis media tersebut.

Soha mengulas kekuatan masing-masing calon lawan Vietnam di ajang Piala Asia. Jepang sudah pasti merupakan negara terkuat di Asia, menempati peringkat tertinggi FIFA (20).

Baca Juga

Jepang tercatat sudah juara empat kali Piala Asia dan langganan Piala Dunia. Bahkan, di Piala Dunia 2022, tim Samurai Biru sukses mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Irak juga menempati peringkat tertinggi FIFA di urutan ke-67. Negara Timur Tengah tersebut menjadi unggulan kedua di grup, tepat di belakang Jepang.

Indonesia sejatinya berstatus unggulan keempat jika menilik dari posisinya pada peringkat tertinggi FIFA, yakni 149. Namun, Soha tidak memandang remeh Indonesia.

Baca Juga

1. Peluang Timnas Vietnam di Piala Asia Kecil

Logo Piala Asia 2023 Qatar. (Foto: Instagram@qfa)

Menurut Soha, Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong saat ini telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ini dibuktikan dengan peringkatnya terus menanjak.

Nyatanya mereka (Timnas Indonesia) membuat kemajuan yang jelas dalam beberapa tahun terakhir. Jika Indonesia bermain rapat, Vietnam malah kesulitan mencetak gol ke gawangnya,” tulis Soha.

Melihat situasi ini, tak ayal jika Soha melihat bahwa kesempatan Vietnam untuk melaju lebih jauh di turnamen Piala Asia 2023 ini sangatlah kecil.

Di tengah tugas mengawal Vietnam U-22 di SEA Games 2023, pelatih Phillipe Troussier harus geleng-geleng kepala dan muak melihat undian Piala Asia yang baru diterimanya,” tulis Soha.

Secara head to head, Vietnam memang belum pernah menang melawan Jepang satu kali pun dalam 5 pertemuan sejak 2007 (kalah 4 kali dan imbang 1 kali).

Baca Juga

Bahkan sebelumnya, sejak tahun 2007 sampai sekarang, Vietnam sudah bertemu empat kalu, dengan hasil tiga kali kalah dan imbang sekali.

Vietnam sendiri memastikan tiketnya tampi di Piala Asia 2023 setelah melalui babak kualifikasi babak kedua. Mereka finis di belakang Uni Emira Arab yang jadi juara Grup G.

Baca Juga

Ada pun Indonesia lolos setelah melalui kualifikasi babak ketiga dengan menempati posisi runner-up Grup A, di belakang Yordania yang menjadi juara grup.

Di Asia Tenggara, selain Vietnam dan timnas Indonesia yang masuk Grup Neraka, ada Malaysia di Grup E dan Thailand di Grup F.

Baca Juga
JepangVietnamTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini