x

Bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Pelatih Jepang Akui Magis Shin Tae-yong

Jumat, 12 Mei 2023 16:07 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, pelatih Jepang bernama Hajime Moriyasu mengakui magis Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM – Bertemu timnas Indonesia di Piala Asia 2023, pelatih Jepang bernama Hajime Moriyasu mengakui magis Shin Tae-yong.

Diketahui, timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 ini bersama Jepang, Irak, dan Vietnam yang jelas bukan merupakan lawan gampang.

Walaupun Tim Samurai Biru itu merupakan salah satu negara terkuat di Asia yang biasanya langganan tampil di Piala Dunia, Hajime Moriyasu tetap menuturkan bahwa grupnya tak berisikan lawan yang mudah.

“Tak ada grup yang mudah, tetapi saya rasa kami malah tergabung dalam grup yang lebih sulit dari yang kami pikirkan,” kata pelatih berusia 55 tahun itu.

Lebih lanjut lagi, Hajime Moriyasu menyinggung beberapa pelatih, termasuk Shin Tae-yong, untuk tak meremehkan magisnya.

Baca Juga

“Coach Phillip Troussier, yang memimpin Vietnam, juga pernah menukangi Jepang sebelumnya sehingga ia tentu tahu karakteristik (permainan) kami dengan baik,” imbuhnya.

“Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, juga tahu betul (dengan kekuatan) Jepang,” kata juru taktik yang juga menukangi Jepang di Piala Dunia 2022 lalu itu.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri aslinya pernah menjadi momok menakutkan bagi Jepang saat dirinya masih menukangi timnas Korea Selatan.

Ya, saat itu Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong berhasil menggeprek Jepang dengan skor 1-4 pada (16/12/17) lalu di fase grup Kejuaraan Sepak Bola Asia Timur.

Dengan demikian, Hajime Moriyasu tentu tak mau memandang sebelah mata Indonesia yang juga dibesut oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Janji Shin Tae-yong untuk Indonesia

Erick Thohir dan Shin Tae-yong hadiri Drawing Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai hasil undian Piala Asia 2023 ini timnya ditempatkan di grup neraka. Meski demikian, ia berjanji untuk membawa skuad Garuda untuk bersaing dengan tiga lawan lainnya.

"Tentu grup kami ini tidak mudah. Namun saya punya keyakinan penuh terhadap tim saya," buka Shin Tae-yong.

Perkataan eks pelatih Korea Selatan bahwa Indonesia berada dalam grup neraka tentu bukan tanpa alasan karena peringkat mereka yang menjadi satu-satunya tim yang berada di bawah 100.

Ya, Indonesia tergabung dengan tiga tim yang punya peringkat FIFA jauh lebih tinggi dari asuhan Shin Tae-yong, seperti Jepang (20), Irak (67), dan Vietnam (95).

Walau demikian, Shin Tae-yong mengatakan bahwa melawan tim seperti Vietnam dan Jepang adalah hal positif sebab Indonesia bisa melakukan persiapan dengan baik dan wajib memberikan perlawanan kala Piala Asia 2023 digelar.

Baca Juga

"Saya bisa katakan bahwa berhadapan dengan rival kami seperti Vietnam dan Jepang adalah hal yang positif. Selama kami bisa menyiapkan diri dengan baik, saya rasa kami bisa memberikan penampilan bagus melawan mereka," katanya.

"Kami tim dengan peringkat terendah dari semua kontestan. Walau begitu, setiap laga nanti akan sangat menantang," ujarnya.

Baca Juga

"Kami akan berjuang hingga akhir. Saya akan menjaga para pemain agar tetap termotivasi, sehingga mereka bisa memberikan yang terbaik di setiap laga," tutup Shin Tae-yong.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyikapi hasil drawing Piala Asia 2023 dengan optimis dan yakin tim asuhan Shin Tae-yong bisa menunjukkan kualitasnya dan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Erick Thohir optimis Indonesia punya peluang sebab Tim Merah Putih sekarang memiliki banyak pemain berkualitas, ditambah nanti ada lima pemain naturalisasi yang berkarier di Eropa dan Asia.

Baca Juga

Sumber: Sports News

JepangTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaShin Tae-yong

Berita Terkini