x

Rekor Buruk Timnas Indonesia vs Vietnam, Indra Sjafri: Sering Ketemu, Tidak Takut!

Jumat, 12 Mei 2023 17:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri punya kenangan baik saat bertanding di Kamboja pada Piala AFF. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Jelang lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri punya kenangan baik saat bertanding di Kamboja pada Piala AFF U-22 2019 lalu. Hal itu diharapkan berlanjut di SEA Games 2023.

Pada 2019 lalu, Indra Sjafri pernah membawa Timnas U-22 juara Piala AFF U-22 di Kamboja. Skuad Garuda Muda menang atas Thailand di partai final dengan skor 2-1.

Hal itu memotivasi Indra Sjafri jelang semifinal SEA Games 2023 lawan Vietnam, Sabtu (13/05/23) di National Olympic Stadium. Dia akan menularkan semangat dari 2019 ke para pemain saat ini. 

Pelatih 60 tahun itu menjelaskan, Indonesia sudah berulang kali ketemu Vietnam, jadi sudah saling tahu kekuatan masing-masing tim. Indra Sjafri pernah melawan Vietnam di SEA Games 2019 lalu dan semuanya berakhir dengan kekalahan 1-2 dan 0-3. 

Baca Juga

Namun, pada Piala AFF U-22 2019 lalu, Indra Sjafri berhasil kalahkan Vietnam di babak semifinal dengan skor 1-0. Menariknya, laga itu terjadi di Kamboja. 

“Kalau kita di biografinya ASEAN, ya pasti akan ketemu tim-tim sebelas itu. Kebetulan tahun ini ketemu lagi di semifinal SEA Games dan saya punya pengalaman di Manila, ketemu di final,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga

“Saya pikir yang penting, kita (harus mengingat) bagaimana Timnas Indonesia dalam sejarah sebelumnya sering berhadapan dan kami sudah membawa misi bahwa laga besok itu adalah pertandingan pertemuan kesekian saya dengan Vietnam,” katanya.

“Bukan saya tak pernah menang lawan Vietnam, waktu AFF U-22 di sini juga kita juga pernah berhadapan dengan Vietnam, Thailand juga pernah kami kalahkan. Di SEA Games Manila juga pernah kami kalahkan Thailand,” lanjut eks pelatih Bali United itu.

Baca Juga

1. Siapkan Tim Sebaik Mungkin

Prediksi antara Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023).

Menurut Indra Sjafri, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi selama tim berusaha, kerja keras dan fokus selama 90 menit pertandingan. 

“Di sepak bola adalah momentum, tergantung bagaimana kita merespons menyiapkan tim sebaik mungkin. Semoga di pertandingan nanti kita bisa memenangkannya,” ujarnya.

Timnas Indonesia U-22 melangkah ke semifinal setelah jadi juara Grup A SEA Games 2023 usai kalahkan Filipina (3-0), Myanmar (5-0), Timor Leste (3-0) dan Kamboja (2-1). 

Timnas U-22 berhasil cetak 13 gol dan hanya kebobolan sekali atau catatkan tiga laga tanpa kebobolan. Itu jadi modal penting untuk hadapi babak semifinal.

Baca Juga

Sedangkan Vietnam melaju dengan posisi sebagai runner-up Grup B. Tim Golden Star punya 10 poin, sama dengan Thailand tapi kalah selisih gol.

Baca Juga

Pada SEA Games kali ini, PSSI menargetkan medali emas. Sudah 32 tahun Indonesia puasa gelar setelah terakhir kali didapat pada 1991 di Filipina.

Baca Juga
Indra SjafriVietnamTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-22Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini