x

Siapa Rival Terkuat dan Terlemah Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023?

Jumat, 12 Mei 2023 15:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Dengan demikian, mereka akan berhadapan dengan Irak, Jepang, dan Vietnam.

Drawing Piala Asia 2023 sendiri telah rampung digelar di Doha, Qatar, pada Kamis (11/05/23) siang waktu setempat.

Qatar selaku juara edisi lalu berada di Grup A bersama Tajikistan, Lebanon, dan China. Tidak sedikit yang memrediksi sang tuan rumah bakal melaju mulus ke fase gugur.

Di sisi lain, situasi sulit dihadapi Timnas Indonesia yang berada di grup neraka bersama Irak, Jepang, dan Vietnam.

Dari tiga kontestan ini, siapa kira-kira yang terkuat dan terlemah bagi skuad Garuda? Mungkin sebuah pertanyaan yang bakal sulit untuk dijawab.

Baca Juga

Pasalnya, baik Irak, Jepang, maupun Vietnam sudah memiliki nama di kancah sepak bola Asia. Bahkan dari ranking FIFA saja mereka terlihat unggul.

Timnas Indonesia saat ini menghuni peringkat 149, sedangkan Irak bertengger di peringkat 67, Jepang di 20 besar, dan Vietnam di peringkat 95.

Baca Juga

Namun jika harus memilih satu tim sebagai lawan terkuat Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023, mungkin Jepang-lah jawabannya.

Tim sepak bola Negara Matahari Terbit ini adalah kontestan tersukses sepanjang sejarah Piala Asia dengan raihan empat gelar.

Timnas Jepang pertama kali menjuarai Piala Asia pada 1992, yang dilanjut dua kemenangan beruntun di final 2000 dan 2004, serta yang terakhir 2011. 

Baca Juga

1. Jepang Lawan Terkuat Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Selain itu, Timnas Jepang akan menjadi rival yang sulit di Grup D Piala Asia 2023 berkat ranking FIFA mereka yang tinggi dan status runner-up 2019.

Ya, di Piala Asia 2019 lalu, Takumi Minamino menjadi satu-satunya pencetak gol skuad Samurai Biru saat menghadapi Qatar di final.

Gol semata wayang itu pun tidak mampu membendung kekuatan Qatar yang akhirnya memenangkan laga dengan skor 3-1.

Meski kini jadi unggulan di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Jepang yakni Hajime Moriyasu nampaknya tidak ingin menganggap remeh calon-calon lawannya.

Setelah hasil drawing keluar, ia sempat mengatakan bahwa timnya berada di grup yang sulit. Ia juga meyakini ada pelatih yang sudah tahu betul gaya bermain Jepang.

Baca Juga

Selain ranking FIFA dan kesuksesan yang masif di Piala Asia, Timnas Jepang juga akan menjadi musuh yang sulit berdasarkan pengalaman mereka.

Pasalnya, mereka adalah satu-satunya anggota Grup D Piala Asia 2023 yang berpartispasi di Piala Dunia 2022. Ritsu Doan dkk bahkan memuncaki klasemen grup pada waktu itu.

Baca Juga

Timnas Jepang finis sebagai juara Grup E Piala Dunia 2022 meski pada akhirnya gagal melaju jauh usai tersingkir di perempat final.

Akan tetapi, keberhasilan mengalahkan Jerman 2-1 pada matchday pertama grup membuat pemain-pemain asal Negeri Sakura tidak dapat diremehkan.

Mereka pun menekuk Spanyol pada matchday kelima, membuat banyak orang tertegun. Tidak ayal, Jepang adalah kekuatan sepak bola Asia yang sangat kuat.

Baca Juga

2. Siapa Lawan Terlemah? Sulit!

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Jika membahas Jepang sebagai lawan tersulit dan terkuat Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023, bagaimana dengan yang terlemah?

Agaknya memang sulit memilih Irak atau Vietnam, mengingat keduanya punya reputasi yang lumayan di kancah Benua Kuning.

Tentu saja keduanya tidak bisa disebut sebagai tim lemah mengingat rankingnya yang lebih tinggi dari Timnas Indonesia.

Hanya saja, Irak menjadi tim yang lebih sedikit bersua Indonesia ketimbang Vietnam yang sama-sama berada di ruang lingkup Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, Irak pun bisa menjadi lawan yang tricky maupun lebih sulit, karena ranking FIFA mereka yang bagus, ditambah kurangnya menit pertemuan dengan Indonesia.

Tim sepak bola negara ini pun pernah menjadi juara Piala Asia satu kali pada 2007. Saat itu, mereka memenangkan partai final yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Vietnam Rival yang Lebih Mudah?

Di sisi lain, Timnas Vietnam juga bukan lawan sembarangan, namun mereka sudah sering berjumpa Indonesia di beberapa kesempatan.

Dari total 27 pertandingan di seluruh kompetisi, baik Indonesia maupun Vietnam bisa dibilang imbang dari segi rekor menang-kalah.

Masing-masing mereka telah memenangkan pertandingan delapan kali, sedangkan sisanya (11 laga) berakhir dengan hasil sama kuat. Kontra Irak, Indonesia bersua enam kali, dengan catatan lima kekalahan dan satu imbang saja.

Tentu patut dinanti akan seperti apa kekuatan Vietnam di Piala Asia 2023, mengingat mereka belum lama ini mengangkat juru taktik anyar, Philippe Troussier.

Sumber: the-afc.com, 11v11.com

JepangVietnamIrakTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini