x

Bawa Timnas Indonesia U-22 ke Final SEA Games 2023, Indra Sjafri: Jika Juara, Saya Mau Umrah

Sabtu, 13 Mei 2023 23:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku ingin menunaikan ibadah Umrah jika tim besutannya berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku ingin menunaikan ibadah Umrah jika tim besutannya berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.

Nazar tersebut diberikannya pasca tim arahannya berhasil lolos ke final, usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2, Sabtu (13/05/23).

Di laga itu, Timnas Indonesia U-22 mampu meraih kemenangan manis, setelah sempat bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60, dan memastikan kemenangan di menit-menit akhir.

Tim Garuda sempat unggul di menit ke-9 lewat tandukan Komang Teguh, yang kemudian dibalas oleh Vietnam lewat Nguyen Van Tung dengan tandukannya di menit ke-36.

Di babak kedua, Rizky Ridho dkk mampu unggul kembali lewat Muhammad Ferarri di menit ke-53, sebelum dibalas oleh lawannya lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa di menit ke-79.

Baca Juga

Saat laga akan berakhir imbang, Timnas Indonesia U-22 mampu menyegel kemenangan lewat sontekan Taufany Muslihuddin di menit ke-90+5 yang memastikan tiket ke final.

Usai laga, Indra Sjafri bersyukur atas kemenangan ini, sembari memberi apresiasi kepada tim kepelatihan Vietnam di laga tersebut.

Baca Juga

“Pertama tentu kami mengucapkan syukur Alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan yg saya pikir ini pertandingan yang sangat ketat dari menit pertama sampai menit terakhir. Kami sempat bermain dgn 10 orang, Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan,” ucapnya.

“Saya memberi apresiasi kepada pelatih Vietnam yang saya pikir ada perbedaan cara bermain yg ditampilkan tim Vietnam sekarang, yang menurut saya lebih Smooth dan tidak ada hal hal yang saya pikir apa yang sebelumnya terjadi,” lanjutnya.

Selain itu, Indra Sjafri diam-diam memiliki nazar tersendiri jika Timnas Indonesia U-22 bisa meraih medali emas di SEA Games 2023, di mana ia mengaku ingin menunaikan ibadah Umroh.

Baca Juga

1. Tak Bernazar Macam-macam

Selebrasi Muhammad Ferarri di laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023.

Indra Sjafri pun memberi apresiasi terhadap staf kepelatihannya yang telah ia bentuk sejak lama dan membantunya hingga Timnas Indonesia U-22 menembus final SEA Games 2023.

“Saya mulai mempersiapkan tim, membangun tim dengan memilih staf kepelatihan. coach Kurniawan, Eko, Bima sakti, dan pelatih fisik coach Alex dan juga Sahari pelatih kiper.”

“Saya juga bentuk tim analisis di bawah Yeyen Tumena. tim ini lah yang bekerja, terutama di psikolog yg membantu saya selama saya mempersiapkan tim di SEA Games,” ucapnya.

Saat ditanyai soal nazarnya jika Timnas Indonesia U-22 juara, pelatih berusia 60 tahun ini mengaku tak memiliki nazar macam-macam.

Eks pelatih Timnas Indonesia U-19 dan U-23 ini mengaku hanya akan bersyukur kepada Sang Pencipta dan menunaikan ibadah Umrah ke tanah suci Mekkah.

Baca Juga

“Jadi, nazar itu gak boleh macam macam. Kalau nanti Timnas indonesia juara, tentu saya akan bersyukur kepada Allah SWT dan saya akan melakukan umrah ke Mekkah,” lanjutnya.

Sebagai informasi, keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menembus final ini menjadi prestasi kedua bagi Indra Sjafri setelah membawa timnas U-23 ke final SEA Games 2019.

Baca Juga

Namun di final SEA Games 2019 itu, Indra Sjafri gagal memberikan medali emas, setelah dibekuk oleh Vietnam dengan skor 3-0.

Kini, Indra Sjafri berpeluang menuntaskan hasratnya membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas untuk kali pertama sejak SEA Games 1991 silam.

Di final SEA Games 2023 nanti, Timnas Indonesia U-22 sendiri akan bersua Thailand yang berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0 di semifinal.

Baca Juga
Indra SjafriVietnamTimnas U-22Bola InternasionalTimnas ThailandTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini