x

3 Cara Ampuh yang Bisa Digunakan Timnas Indonesia U-22 Kalahkan Thailand di Final SEA Games 2023

Minggu, 14 Mei 2023 15:52 WIB
Editor: Juni Adi
Laga antara Kamboja U-22 vs Timnas Indonesia U-22 di SEA GAMES 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand di final SEA Games 2023, banyak cara untuk bisa menaklukan tim kuat itu.

Timnas Indonesia U-22 berhasil menuai hasil manis kala menghadapi Vietnam di semifinal cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2023.

Bermain di Stadion Olimpic, Kamboja, Sabtu (13/05/23) kemarin, timnas Indonesia U-22 menang dengan skor dramatis 3-2 atas Vietnam.

Sebab mereka mencetak gol kemenangan di menit injury time serta bermain dengan 10 pemain, usai Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua.

Jalannya pertandingan, Garuda Muda unggul terlebih dahulu melalui gol Komang dan Muhammad Ferrari di menit ke-10. 

Berawal dari umpan jauh dari Pratama Arhan, Komang Teguh Trisnanda masuk ke kotak penalti Vietnam lalu menanduk bola dan masuk ke gawang Vietnam. 

Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan timnas Indonesia U-22. Vietnam kemudian menyamakan kedudukan melalui gol Nguyin Van Tung menit ke-36.

Baca Juga

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, timnas Indonesia U-22 mampu mempertahankan permainan apiknya.

Mereka memimpin kembali jadi 2-1 setelah Muhammad Ferarri mencetak gol di menit ke-53. Tetapi Vietnam kembali mampu menyamakan skor jadi 2-2, lewat gol bunuh diri Baga Kahfi menit ke-79.

Baca Juga

Saat pertandingan diprediksi bakal berakhir imbang 2-2, dewi fortuna datang menghampiri Indonesia. Di masa injury time Muhammad Taufany berhasil mencetak gol kemenangan tim besutan Indra Sjafri.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke final SEA Games 2023. Sementara Vietnam harus berjuang untuk memperebutkan medali perunggu.

Di final, timnas Indonesia U-22 akan menghadapi tim kuat Thailand pada 16 Mei 2023 mendatang. Tim Gajah Perang lolos ke partai puncak berkat menumbangkan perlawanan Myanmar di semifinal dengan skor 3-0.

Baca Juga

1. Cara Ampuh Kalahkan Thailand

Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

Ini merupakan final kedua bagi pelatih Indra Sjafri di SEA Games. Sebelumnya ia sudah pernah mengantarkan Indonesia lolos ke final SEA Games pada 2019 lalu di Filipina.

Saat itu Merah Putih harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor telak 3-0. Tak ingin kegagalan terulang kedua kalinya, timnas Indonesia U-22 harus segera berbenah untuk mempersiapkan diri melawan Thailand.

Karena Indonesia sudah lama tak menggapai emas di SEA Games. Terakhir kali Indonesia menjadi yang terbaik di SEA Games pada 1991. Terdapat beberapa cara untuk bisa menundukan Thailand. Berikut ulasan singkatnya:

Hindari Kesalahan

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh timnas Indonesia U-22 agar menang menghadapi Thailand yang pertama adalah meminimalisir kesalahan sendiri.

Tidak dipungkiri kalau kesalahan sendiri kerap dilakukan oleh pemain Indonesia baik di level junior hingga senior, ketika berhadapan dengan tim kuat.

Kesalahan yang dilakukan oleh pemain Indonesia biasanya didasari kurang ketenangan, kala menguasai bola seperti melakukan operan ke teman maupun dalam posisi bertahan.

Sehingga bola bisa direbut lawan dengan mudah untuk masuk ke area pertahanan lebih dalam.

Jika hal itu terjadi akan menjadi petaka bagi gawang timnas Indonesia U-22, karena Thailand memiliki organisasi permainan yang rapi dan serangan balik mematikan.

Tidak Terburu-buru Cetak Gol

Berbeda dengan Indonesia, sistem pengelolaan tim nasional di Thailand berlangsung jauh lebih baik.

Para pemain mendapat kesempatan memperkuat tim nasional berjenjang dari junior ke senior, karena mampu mempertahankan konsistensi permainan.

Alhasil, chemistry antar para pemain Thailand sudah terjalin sejak di tim junior paling bawah U-19 misalnya, sebelum naik ke tim U-22.

Permainan semakin berkembang ketika para pemain bermain di tim U-22. Sistem pembinaan ini membuat Thailand kuat hingga tim senior.

Untuk itu, menghadapi Thailand di partai final, timnas Indonesia U-22 diminta untuk tidak melakukan serangan yang frontal dan sporadis.

Karena itu bisa mendatangkan petaka bagi timnas Indonesia U-22 jika mereka diserang balik. Disarankan ketika berhadapan dengan Thailand para pemain agar lebih sabar dan tetap fokus.

Kuatkan Transisi Menyerang ke Bertahan

Timnas Indonesia U-22 begitu mendominasi penguasaan bola, namun ada bahaya laten yang terbaca dari laga pertama di Grup A SEA Games 2023.

Ketika lawan bisa mematahkan serangan di area lini tengah, Rizky Ridho dan kawan-kawan kurang sigap menutup ruang. Cotohnya ketika menang 3-0 melawan Filipina.

Filipina pun sempat memiliki kans membahayakan gawang yang dijaga Ernando Ari Sutaryadi, namun pengalaman pemain-pemain Merah Putih membuat lapisan pertahanan tambahan patut diacungi jempol.

Indra SjafriVietnamThailandTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini