x

Hasil Liga Inggris Everton vs Manchester City: Citizens Kian Dekati Trofi!

Minggu, 14 Mei 2023 22:02 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Manchester City semakin dekat dengan trofi juara Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 usai gebuk Everton 0-3 pada Minggu (14/05/23) malam WIB. REUTERS-Tony

INDOSPORT.COM - Manchester City semakin dekat dengan trofi juara Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 usai gebuk Everton 0-3 pada Minggu (14/05/23) malam WIB.

Gol-gol kemenangan The Citizens di Goodison Park dicetak oleh Ilkay Gundogan (dua) dan Erling Haaland.

Tambahan tiga poin membuat Manchester City kini untuk sementara unggul empat poin dari pesaing terdekat mereka di puncak klasemen, Arsenal, belum memainkan pekan ke-36 mereka namun sang juara bertahan masih punya satu laga tunda.

Sementara itu bagi Everton, perjuangan mereka untuk menghindari zona degradasi dimana mereka kini duduk di bibir jurang atau tepatnya posisi 17.

Apabila Leicester City bisa memenangkan game mereka pekan ini, maka The Toffees akan langsung turun dua tangga dengan dua laga tersisa saja di 2022/2023.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Manchester City meski bermain sebagai tamu tetap bisa mengambil lebih banyak inisiatif untuk menyerang seperti biasa. Hanya saja taring mereka seolah tumpul di permulaan babak pertama.

Berulang kali mereka mencoba menjebol gawang Everton kawalan Jordan Pickford namun berulang kali menemui kegagalan. Barulah di menit ke-37 Ilkay Gundogan memecahkan kebuntuan.

Baca Juga

Gelandang yang belakangan ini seolah tidak henti-hentinya bikin gol tersebut membuat publik Goodison Park terdiam dengan finishing cantiknya. Memanfaatkan assist dari Riyad Mahrez, Gundogan melakukan flick membelakangi gawang dan gol pun tercipta.

Dua menit berselang giliran Erling Haaland yang mencatatkan namanya di papan skor dengan Gundogan sebagai arsiteknya.

Tanpa kesulitan sang bomber Norwegia yang kini tengah memimpin perolehan gol Liga Inggris menanduk masuk crossing sang rekan dan menutup babak pertama dengan kedudukan 0-2.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Ilkay Gundogan, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn

Di tengah usaha mempertahankan eksistensi mereka di kasta teratas Liga Inggris, Everton justru harus kehilangan Dominici Calvert-Lewin karena cedera pada paruh kedua.

Manajer Sean Syche kemudian langsung memasukkan Neal Maupay sebagai ganti. Hanya saja enam menit pasca restart justru Manchester City yang menambah gol.

Gundogan lagi-lagi menunjukkan jika dirinya adalah pemain yang semakin bisa diandalkan dalam situasi penuh tekanan seperti title race saat ini.

Dengan mudah eks Borussia Dortmund tersebut mengeksekusi tendangan bebas yang didapat Phil Foden dan memperdaya Pickford mentah-mentah begitu juga dengan pagar hidup Everton.

Tertinggal jauh, tuan rumah melakukan lebih banyak pergantian. Amadou Onana dan Conor Coady mereka masukkan demi menambah ketebalan lini pertahanan dan usaha tersebut sepertinya berhasil.

Baca Juga

Di menit ke-66 Everton sempat memiliki kans untuk mengecilkan ketertinggalan dengan mendapatkan sepak pojok.

Hanya saja tandukan James Tarkowski memanfaatkan tinjuan Ederson Moraes justru cuma menghantam mistar gawang.

Baca Juga

Tidak ada lagi gol yang tercipta setelah ini. 0-3 menjadi skor akhir laga Liga Inggris antara Everton vs Manchester City.

Susunan Pemain Everton vs Manchester City

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford, Nathan Peterson, Yerry Mina, James Tarkowski, Mason Holgate, James Garner, Idrissa Gueye, Alex Iwobi, Abdoulaye Doucoure, Dwight McNeill, Dominic Calvert-Lewin

Manchester City (4-2-3-1): Ederson Moraes, Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Aymeric Laporte, Rodri, Ilkay Gundogan, Riyad Mahrez, Julian Alvarez, Phil Foden, Erling Haaland

Baca Juga
Manchester CityEvertonIlkay GundoganLiga InggrisErling Braut Haaland

Berita Terkini