x

Pantau Kekuatan Thailand, Alumni Timnas Indonesia 91' Bicara Kans Emas SEA Games

Minggu, 14 Mei 2023 18:12 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Solo, Kas Hartadi, menilai kans Timnas Indonesia meraih emas cabang olahraga sepak bola pada SEA Games 2023 cukup terbuka. Kas melihat kekuatan Thailand tak jauh berbeda dengan Vietnam yang dikalahkan Rizky Ridho dkk.

Kas Hartadi merupakan salah satu sosok yang pernah mencicipi medali emas di SEA Games. Ia tergabung dalam skuat SEA Games 1991 yang dibesut Anatoli Polosin.

Skuat Polosin merupakan tim terakhir yang merasakan medali emas. Setelah itu, Indonesia hanya sempat meraih medali perak pada SEA Games 2011 lalu.

Setelah 23 tahun, asa untuk meraih emas kembali terbuka. Indonesia yang dibesut Indra Sjafri melaju ke final dengan menyingkirkan Vietnam lewat skor 3-2, Sabtu (13/05/23).

Timnas Indonesia U-22 akan bertemu Thailand yang membekuk Myanmar 3-0. Duel ini layaknya partai ulang SEA Games 1991 lalu ketika Kas Hartadi mendapat kalungan medali emas.

Baca Juga

Kas Hartadi  termasuk salah satu sosok yang dibuat tegang ketika bersua Vietnam. Asa seakan memudar ketika Pratama Arhan mendapat kartu merah dan Vietnam menyamakan kedudukan jadi 2-2.

"Saya nonton lawan Vietnam, memang perjuangan sangat berat, tapi keberuntungan ada di Indonesia. Dengan sepuluh pemain, menit-menit akhir bisa menang. Saya ikut senang, mudah-mudahan bisa juara," kata Kas Hartadi, Minggu (14/05/23).

Baca Juga

Kas Hartadi menilai kans meraih medali emas cukup terbuka. Pria yang juga direktur akademi Dewa United ini sudah menyaksikan permainan Thailand saat melawan Malaysia pada fase grup.

"Saya sudah lihat permainan Thailand. Saya lihat saat mereka menang 2-0 lawan Malaysia. Hampir sama seperti permainan Vietnam," jelas Kas Hartadi.

Baca Juga

1. Indonesia Punya Faktor Keberuntungan

Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

Kas Hartadi optimistis jika tim nasional U-22 bisa tampil tak kenal lelah lagi, maka Thailand bisa dikalahkan. Kas Hartadi melihat sebuah faktor penting yang ada di skuat Indra Sjafri.

Faktor itu adalah keberuntungan. Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia banyak dinaungi keberuntungan, selain faktor tak kenal lelah dari para pemain Indonesia.

"Saya lihat tim ini bagus dan keberuntungan ada. Mudah-mudahan nanti di pertandingan final, keberuntungan ada di kita lagi," kata Kas Hartadi.

Sebagai salah satu pelatih kawakan di Indonesia, Kas Hartadi tak menafikan bahwa faktor keberuntungan menjadi salah satu pendukung keberhasilan sebuah tim.

"Di sepak bola, faktor keberuntungan itu pengaruh banget," ujar Kas Hartadi.

Baca Juga

Rencananya, partai final sepak bola SEA Games 2023 akan digelar pada Selasa (16/05/23) malam di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Indonesia harus memutar otak untuk menemukan pengganti Pratama Arhan. Salah satu sosok yang disiapkan di sektor bek kiri adalah Haykal Alhafiz.

Baca Juga

Sebelum duel Thailand melawan Timnas Indonesia dihelat, akan terjadi perebutan medali perunggu SEA Games 2023 yang mempertemukan Vietnam melawan Myanmar.

Baca Juga
SEA GamesThailandKas HartadiTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini