x

SEA Games 2023: Bintang Singapura Beri Selamat, Kode Bagas Kaffa Segera Abroad?

Rabu, 17 Mei 2023 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Marselino Ferdinan dkk sukses meraih medali emas usai menaklukkan Thailand di final. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Bintang Singapura, Ikhsan Fandi beri selamat kepada Bagas Kaffa dan Marselino Ferdinan, usai timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 berhasil membawa pulang medali emas, setelah mengalahkan Thailand di final cabor sepak bola putra SEA Games 2023 dengan skor 5-2.

Bermain di Olympic Stadium, Phnom Phen, Kamboja, Selasa (16/5/23), timnas Indonesia unggul 2-0 di babak pertama, berkat dua gol dari Ramadhan Sananta.

Namun, Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham di babak kedua. 

Meski diiringi banyak kontroversi, tetapi babak tambahan waktu, timnas Indonesia mencetak tiga gol lagi melalui Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra.

Baca Juga

Keberhasilan timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 menyudahi dahaga panjang. Terakhir kali Garuda meraih medali emas di SEA Games 1991, alias 32 tahun lalu.

Banyak ucapan selamat yang diterima oleh pemain timnas U-22, salah satunya datang dari bintang Singapura, Ikhsan Fandi, spesifik pada dua pemain saja.

Baca Juga

"Marselino Ferdinan, Bagas Kaffa, see you all soon," tulis Ikhsan Fandi via Instagram Story, dengan menambahkan emoji trofi juara dan medali emas.

Namun, berhubung hanya dua pemain yang disebut Ikhsan, benarkah ini adalah kode jika Bagas Kaffa akan segera menyusul bermain di klub Eropa?

Ikhsan Fandi mengucapkan selamat untuk pemain Timnas Indonesia U-22, usai juara SEA Games 2023 (Foto: Instagram @ikhsanfandi).
Baca Juga

1. Ikhsan Fandi 'Senggol' Bagas Kaffa

Pemain Timnas Indonesia U-22, Bagas Kaffa.

Bintang Singapura, Ikhsan Fandi beri ucapan selamat pada Marselino Ferdinan dan Bagas Kaffa, usai membawa timnas Indonesia U-22 juara SEA Games 2023.

Ikhsan Fandi merupakan pemain Singapura yang kini berkarier di Thailand, membela klub BG Pathum United. Ia adalah anak dari legenda sepak bola Fandi Ahmad.

Ikhsan Fandi memiliki empat saudara, yang tertua adalah Irfan Fandi, juga bermain di BG Pathum United, lalu adiknya ada Ilhan Fandi, bermain di KMSK Deinze, Liga Belgia.

Ilhan Fandi bermain di klub yang sama dengan pilar Timnas U-22, yaitu Marselino Ferdinan. Barangkali, hal ini yang membuat Ikhsan Fandi juga dekat dengan Marselino.

Lantas, apa hubungan Ikhsan Fandi dengan Bagas Kaffa, bek yang bermain di klub Liga 1, Barito Putera?

Baca Juga

Banyak yang menduga jika ucapan selamat dari Ikhsan Fandi adalah sebuah 'kode' jika Bagas akan segera menyusul Marselino Ferdinan bermain di klub sepak bola Eropa.

Namun harus diketahui pula, beberapa waktu lalu, adik Ikhsan, yaitu Ilhan Fandi terpantau sempat nongkrong bareng Marselino dan Bagus Kahfi di Belanda.

Baca Juga

Bagus Kahfi adalah saudara kembari dari Bagas Kaffa, yang saat ini tercatat masih bermain di klub Yunani, Asteras Tripolis FC.

Mungkin saja ucapan selamat dari Ikhsan Fandi adalah karena dua keluarga pesepak bola ini memang menjadi dekat, sejak Ilhan Fandi dan Bagus Kahfi nongkrong bareng.

Mengenai karier Bagas Kaffa, saat ini ia masih terikat kontrak dengan Barito Putera. Belum diketahui apakah ia dapat tawaran untuk bermain di klub Eropa atau tidak.

Baca Juga
SEA GamesThailandSingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalIkhsan Fandi AhmadBagas KaffaTimnas Indonesia U-22Marselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini