x

Disambut Puluhan Ribu Suporter, Indra Sjafri Beri Pernyataan Mengejutkan

Jumat, 19 Mei 2023 17:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memberikan keterangan kepada media.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, merasa bahagia usai meraih medali emas SEA Games 2023 dan disambut puluhan ribu masyarakat di Jakarta, Jumat (19/5/23). Dia menilai masyarakat layak bersuka cita karena mereka sudah lama puasa gelar.

Diketahui, timnas U-22 naik podium pertama setelah mengalahkan Thailand di laga final dengan skor mencolok 5-2 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/23).

Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri sukses menghapus dahaga medali emas SEA Games, sehingga disambut meriah. Indonesia harus menunggu selama 32 tahun untuk kembali naik ke podium tertinggi.

"Yang pasti Alhamdulillah kami juara. Kalau ditanya bagaimana tanggapannya, ya senang pasti. Terlihat juga tadi betapa senangnya masyarakat, mungkin ada puluhan ribu ya yang hadir," kata Indra Sjafri.

"Memang mereka sudah lama menunggu dan kami juga berterima kasih untuk semua suporter, masyarakat Indonesia yang support langsung ke Kamboja dan via layar TV," imbuhnya.

Baca Juga

Pelatih berusia 60 tahun itu menyatakan tidak ada evaluasi dari penampilan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Indra Sjafri puas dengan penampilan Rizky Ridho dkk.

Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 dengan catatan sempurna. Skuat Garuda Muda tidak terkalahkan sejak babak penyisihan grup hingga final atau enam laga menang beruntun.

Baca Juga

Di fase grup, Indonesia menang atas Filipina (3-0), Timor Leste (3-0), Myanmar (5-0) dan Kamboja (2-1). Di semifinal tim Merah Putih menekuk Vietnam (3-2) dan di final menang atas Thailand (5-2).

Secara keseluruhan, pasukan Indra Sjafri mencetak 21 gol dan hanya kebobolan lima gol. Catatan itu menjadi yang terproduktif dari semua peserta SEA Games 2023.

"Yang juara ini tidak ada evaluasi, sudah juara dia. Nanti kita untuk ke depannya ada persiapan Piala Asia U-23, ada Asian Games U-23, ada Piala AFF U-22 ya," tutur Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Ibadah Umroh

Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23).

Usai juara SEA Games 2023, Indra Sjafri mengatakan akan menunaikan ibadah umroh. Hal itu merupakan nazarnya sebelum menjalani laga final di Kamboja.

Namun, untuk para pemain dibebaskan apakah jalani nazar atau tidak. Para pemain kini masih berada di Jakarta dan akan pulang ke klub masing-masing.

Baca Juga

"Nazar itu kan urusan pribadi, saya nazar pribadi dan itu segera akan saya tunaikan karena kan itu janji," jelas mantan pelatih Bali United tersebut.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-22 menjalani konvoi bersama kontingen cabor lain yang meraih medali emas pada pukul 08.00 WIB hingga siang tadi. Mereka disambut puluhan ribu masyarakat sepanjang jalan dari Senayan hingga Bundaran HI dan kembali lagi ke Senayan. 

Indra SjafriSEA GamesTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-22Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballSEA Games 2023

Berita Terkini