x

Indra Sjafri Ogah Pikirkan Bonus Pasca Juara SEA Games 2023, Ini Alasannya!

Sabtu, 20 Mei 2023 09:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Acara penyambutan kepulangan Timnas Indonesia U-22 yang berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 yang dihadiri Waketum PSSI Zainudin Amali, Exco PSSI serta ratusan suporter di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (18/05/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri menyatakan tidak memikirkan bonus dari PSSI dan pemerintah usai raih medali emas SEA Games 2023. Yang terpenting baginya adalah membawa skuad Garuda Muda akhiri penantian selama 32 tahun.

Timnas U-22 naik podium pertama di SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand U-22 di laga final dengan skor 5-2 pada Selasa (16/05/23) lalu  di National Olympic Stadium, Phnom Penh.

Emas dari cabor sepak bola mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun. Skuad Garuda terakhir kali raih medali emas pada SEA Games 1991 di Filipina.

Bagi Indra Sjafri hal itu lebih penting dibanding bonus. Masyarakat sudah lama menunggu dan kebahagiaan itu terpancar dari ramainya sambutan saat konvoi Timnas U-22 dan cabor lain pada Jumat (19/05/23) pagi di Jakarta.

"Ya kita tunggu, kan bonus bukan kami yang memberikan ke kami. Kalau bonus itu sudah masalah kedua lah, yang penting kita sudah memutus 32 tahun yang tidak pernah juara itu," kata Indra Sjafri.

Baca Juga

"Jadi tidak ada lagi narasi-narasi 32 tahun. Sekarang yang harus dikembangkan narasi ke depannya," imbuhnya.

Sementara itu, ketua umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan ada bonus untuk Timnas Indonesia U-22. Tapi, dia masih merahasiakan nominal yang akan diberikan ke Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Baca Juga

Menteri BUMN itu berpesan, bonus bukan target utama tapi melainkan prestasi Timnas Indonesia di masa mendatang. Hal itu harus ditanamkan ke pemain.

"Soal bonus nanti kalau sudah ditransfer tanya saja sama pemainnya," ujarnya.

"Uang itu bukan segalanya, prestasi baru uang, nanti aja uangnya masuk. Ya itu paketnya semua (bonus pribadi)," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

1. Raih Medali Emas dengan Catatan Sempurna

Penyambutan Timnas Indonesia U-22 di VIP Barat Stadion Utama GBK, Jumat (19/05/23).

Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 dengan catatan sempurna. Skuad Garuda Muda tak terkalahkan sejak babak penyisihan grup hingga final atau enam laga menang beruntun.

Di babak grup, Indonesia menang atas Filipina (3-0), Timor Leste (3-0), Myanmar (5-0) dan Kamboja (2-1). Di babak semifinal tim Merah Putih kalahkan Vietnam (3-2) dan di final menang atas Thailand (5-2).

Baca Juga

Total tim asuhan Indra Sjafri cetak 21 gol dan hanya kebobolan lima gol. Catatan itu menjadi yang paling produktif dari semua peserta SEA Games 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun mengucap syukur atas prestasi yang diraih Timnas U-22. Dia persembahkan medali emas tersebut untuk masyarakat Indonesia yang telah lama menunggu. 

Baca Juga

Menurut Erick Thohir, kemenangan atas Thailand adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

Bagi Ketum PSSI, hasil di SEA Games 2023 adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk menggapai prestasi lebih tinggi. Targetnya adalah bisa berbicara banyak di Asia dan dunia.

Indra SjafriTimnas U-22Bola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini