x

Kumpulan Statistik dan Catatan Mentereng Manchester City Juara Liga Inggris 2022/2023

Minggu, 21 Mei 2023 09:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tikung Arsenal, Manchester City juara Liga Inggris 2022/2023. Foto: Reuters/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Manchester City menyegel gelar Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 setelah Arsenal tumbang di tangan Nottingham Forest, Sabtu (21/05/23).

Anak-anak asuh Mikel Arteta terpaksa mengubur dalam-dalam mimpi juara yang telah dipupuk sejak musim lalu.

Pada akhirnya, keberuntungan ternyata lebih memilih Manchester City, yang pekan ini bahkan belum memainkan pertandingan mereka.

Kevin De Bruyne cs baru akan bertanding hari ini, Minggu (21/05/23) menghadapi Chelsea. Apa pun hasilnya nanti, poin The Citizens sudah tidak bisa terkejar lagi.

Ya, kubu Pep Guardiola saat ini sedang bersukacita. Mereka pun sudah merayakan gelar juara Liga Inggris 2022/2023 ini lewat serangkaian postingan di media sosial.

Baca Juga

Namun terlepas dari itu, tentu menarik untuk dibahas statistik-statistik dan catatan-catatan menarik yang berhasil diraih Manchester City sebagai kampiun musim ini.

Dirangkum dari berbagai sumber termasuk laman resmi klub, berikut beberapa di antaranya. Apa saja ya?

Baca Juga

Tiga Kali Beruntun

Hal yang paling mencolok dari kemenangan Manchester City di Liga Inggris 2022/2023 adalah juara tiga musim beruntun, yang diraih sejak musim 2020/2021.

Bahkan, klub juga turut mempopulerkan ‘tagline’ juara mereka musim ini dengan sebutan ‘3 in a row’ alias tiga kali beruntun, dalam postingan-postingan medsos mereka.

Untuk musim 2022/2023, Manchester City sejauh ini telah mengoleksi 85 poin dan masih menyisakan tiga pertandingan lagi sampai akhir musim.

Baca Juga

1. Statistik dan Catatan Menarik Lainnya

Tikung Arsenal, Manchester City juara Liga Inggris 2022/2023. Foto: Reuters/Lee Smith.

Lupa Rasanya Kalah

Keberhasilan Manchester City menyegel gelar juara Liga Inggris 2022/2023 pada kenyataannya bukan karena Arsenal yang terseok-seok semata.

Ada andil penampilan apik dan konsisten skuad Pep Guardiola dalam beberapa pertandingan terakhir mereka, yang tentu saja berimbas pada raihan poin maksimal.

Manchester City selalu meraih kemenangan setelah bermain imbang menghadapi Nottingham Forest pada bulan Februari lalu.

Raihan 11 kemenangan beruntun Manchester City dinobatkan sebagai yang terpanjang alias longest winnning run di Liga Inggris musim ini.

Lalu jika bicara soal rekor tidak terkalahkan, mereka telah mencatat lebih dari 11 unbeaten run sejak terakhir kalah dari Tottenham Hotspur pada awal Februari.

Baca Juga

Catatan ini pun melampaui raihan 10 rekor tanpa kekalahan Manchester City yang mereka raih saat awal musim.

Bahkan, keberhasilan ini pun diraih para pemain Pep Guardiola di tengah jadwal padat mereka di laga-laga piala seperti Liga Champions dan FA.

Baca Juga

Mereka kini pun patut tersenyum lantaran gelar Liga Inggris berhasil digenggam, dan di sisi lain punya peluang besar memenangkan Liga Champions 2022/2023.

Gawang yang Dijaga dengan Baik

Jelang lawan Chelsea, Manchester City merilis catatan lini pertahanan mereka yang solid. Rahasianya? Tidak membiarkan musuh menembakkan banyak bola.

Mereka menjadi tim yang sejauh ini paling sedikit kebobolan (31 gol). Dari 250 tembakan, hanya 79 di antaranya yang on goal dan membahayakan gawang. 

Baca Juga
 

2. Haaland hingga Guardiola Luar Biasa

Erling Haaland jadi mesin gol yang luar biasa bagi Manchester City. Foto: Reuters/Phil Noble.

Erling Haaland sang ‘Alien’

Tidak butuh waktu lama bagi Erling Haaland untuk beradaptasi dengan Liga Inggris yang selama ini dikenal keras dan kompetitif.

Ia langsung menjelma sebagai monster gol yang saat ini menguasai daftar top skor sementara, dengan catatan yang sulit dikejar.

Sampai tulisan ini dibuat, Erling Haaland berada di puncak klasemen top skor liga dengan 36 gol. Di bawahnya ada Harry Kane dengan 28 gol.

Striker asal Norwegia itu juga sudah menasbihkan diri sebagai pemain tercepat yang berhasil meraih 20 gol di Liga Inggris. Ia hanya butuh 14 pertandingan saja.

Tidak berhenti di situ saja. Erling Haaland pun mencatatkan namanya sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick di tiga pertandingan kandang Liga Inggris.

Lalu tidak ketinggalan pula, pemain tercepat yang berhasil mencetak empat hattrick di Liga Inggris. Cukup 19 pertandingan saja!

Ederson

Ederson menjadi kiper ke-17 yang mencatat 100 clean sheet, sekaligus ketiga tercepat untuk meraih angka tersebut, yakni 208 pertandingan.

Musim ini, ia sudah mencatatkan 11 clean sheet dan angka tersebut masih bisa bertambah seiring penampilannya kontra Chelsea, Brighton, dan Brentford.

Pep Guardiola

Pelatih asal Spanyol ini pada musim 2022/2023 juga mencatatkan landmark menarik sepanjang masa-masanya bersama Manchester City.

Mengalahkan Liverpool 4-1 tempo hari menandakan 100 kemenangan kandang Pep Guardiola sejak pertama kali membesut Manchester City pada 2016.

Dari tujuh musim bersama Manchester City, ia telah mengantongi lima gelar Liga Inggris - terbanyak kedua setelah Sir Alex Ferguson.

Sumber: premierleague.com, mancity.com

ArsenalManchester CityPep GuardiolaIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini