x

Napoli Kantongi Dua Penerus Luciano Spalletti, Habis Manis Sepah Dibuang?

Minggu, 21 Mei 2023 14:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Napoli, Luciano Spalletti. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Napoli, muncul dengan kabar mengagetkan terkait pelatih mereka yakni Luciano Spalletti.

Kabar tidak sedap mendadak muncul ke permukaan bahwa juru taktik asal Italia tersebut akan segera angkat kaki dari klub.

Padahal, Napoli belum lama ini berhasil menyegel gelar Serie A Liga Italia usai mengumpulkan cukup poin di puncak klasemen sementara.

Kedigdayaan mereka sudah tidak mampu disaingi Juventus maupun Inter Milan yang dalam beberapa waktu belakangan terus mengekor di belakang.

Akan tetapi, di tengah euforia keberhasilan tersebut, para suporter Napoli harus garuk-garu kepala lantaran beredar kabar Luciano Spalletti akan pergi.

Baca Juga

Salah satu spekulasi yang beredar di luar sana, seperti diwartakan Football Italia misalnya, sang juru taktik bisa merapat ke Juventus.

Adalah direktur Napoli yakni Cristiano Giuntoli, yang kemungkinan akan membawa Luciano Spalletti saat ia bergabung dengan jajaran manajemen Juventus musim depan.

Baca Juga

Meski berhasil mempersembahkan trofi untuk Partenopei, Luciano Spalletti disebut-sebut memiliki atmosfer pekerjaan yang sudah kurang baik dengan Aurelio De Laurentiis.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat spekulasi berhembus bahwa ia akan menyudahi kerja sama dengan Napoli akhir musim ini.

Lantas, jika Luciano Spalletti benar-benar pergi, siapa saja calon penggantinya? Dari sejumlah desas-desus yang beredar, setidaknya Napoli sudah mengantongi dua nama.

Baca Juga

1. Rafael Benitez dan Antonio Conte

Rafael Benitez saat masih membesut klub Liga Inggris, Everton. Foto: Reuters/Peter Powell.

Mereka adalah Rafael Benitez dan Antonio Conte, sebagaimana dilaporkan oleh laman Sport Bible. Seperti apa?

Rafael Benitez

Pelatih yang satu ini bukan sosok baru bagi Napoli. Ia sudah pernah menangani Partenopei satu kali pada periode 2013 sampai dengan 2015.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyumbang trofi pertama untuk Napoli setelah dipekerjakan oleh Aurelio De Laurentiis.

Ia membawa Partenopei menjuarai Coppa Italia 2013-2014 setelah mengalahkan Fiorentina di partai puncak dengan skor 3-1.

Selain itu, mantan juru taktik Liverpool ini juga membawa Napoli meraih Piala Super Italia 2014 usai memenangkan drama adu penalti kontra Juventus.

Baca Juga

Di tangannya, Napoli juga berhasil finis di peringkat tiga klasemen 2013-2014 dan menyabet tiket ke kualifikasi Liga Champions.

‘Keakraban’ Rafael Benitez dengan sepak bola Italia dan khususnya Napoli inilah yang menjadi nilai plus tersendiri bagi dirinya.

Baca Juga

Laman Football Italia belum lama ini juga mewartakan, bahwa sudah ada pembicaraan yang terjadi antara Rafael Benitez dan Aurelio De Laurentiis.

Meski begitu, jika kembali ke Napoli, Rafael Benitez harus berhadapan dengan skuad yang jelas sangat berbeda.

Meski punya track record menyumbang trofi, ia tidak akan bersua pemain-pemain yang dulu sempat dibinanya. Bahkan, Kalidouly Koulibaly saja sudah pindah.

Baca Juga
 

2. Antonio Conte

Antonio Conte juga punya pengalaman membesut tim Liga Italia. Foto: Reuters/Paul Childs.

Antonio Conte dikenal sebagai pelatih bertangan dingin di Liga Italia. Bicara soal catatan, bisa dibilang ia jauh lebih berpengalaman ketimbang Rafael Benitez.

Di kompetisi sepak bola Negeri Pizza, ia pernah sukses besar saat menangani Juventus. Gelar dari A sampai Z ramai-ramai diborongnya bersama Si Nyonya Tua.

Ia menyumbang Juventus lima gelar scudetto, serta masing-masing satu gelar Liga Champions dan Liga Europa.

Selain itu, ia juga membawa Juventus menjuarai ajang Piala Intertoto, Coppa Italia, dan Piala Super Italia.

Di Inter Milan, Antonio Conte pernah menyumbang satu gelar Liga Italia dan membawa Nerazzurri ke final Liga Europa.

Menangani Napoli akan jadi tantangan baru bagi Antonio Conte dengan kepiawaiannya menangani tim-tim Liga Italia.

Apalagi, belum lama ini ia terlihat kesulitan saat menangani Tottenham Hotspur di Liga Inggris, meski dahulu sudah pernah membesut Chelsea.

Hanya saja, Antonio Conte dikenal sebagai pelatih yang selalu vokal dalam mengutarakan pendapat, yang sebaiknya menjadi catatan tersendiri.

Terlebih, Napoli juga memiliki bos seperti Aurelio De Laurentiis yang terkenal keras secara watak, bahkan tidak sedikit yang menyebutnya ‘gila’.

Namun terlepas dari itu, Antonio Conte adalah pelatih hebat yang layak didambakan tim mana saja di muka bumi ini, tidak terkecuali Liga Italia.

Kini, publik tengah menanti apa yang akan terjadi pada Luciano Spalletti dan Napoli, mengingat sang pelatih baru saja menyumbang jasa besar bagi klub asal Naples tersebut.

Sumber: football italia, sportsbible

NapoliAurelio De LaurentiisLuciano SpallettiIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini