x

Rekor Gila Man City usai Pecundangi Chelsea dan Sempurnakan Juara Liga Inggris 22/23

Senin, 22 Mei 2023 01:42 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jack Grealish dari Manchester City merayakan gol ke gawang Arsenal Reuters-Matthew Childs

INDOSPORT.COM Manchester City panen sejumlah rekor impresif usai menyempurnakan gelar juara Liga Inggris musim ini dengan mengalahkan Chelsea pada pekan ke-37.

Bertanding di Etihad Stadium, sang tuan rumah Manchester City kembali berhasil melanjutkan tren kemenangan mereka di Liga Inggris dengan menumbangkan Chelsea lewat skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Manchester City pada laga ini dicetak oleh Julian Alvarez pada menit ke-12’, setelah memaksimalkan umpan gelandang muda, Cole Palmer.

Bagi Julian Alvarez, ini merupakan golnya yang ke-17 dari total 47 pertandingan sejak bergabung bersama Manchester City bulan Juli 2022 lalu.

Sementara bagi Manchester City, kemenangan atas Chelsea adalah yang ke-28 sepanjang musim ini dari 36 pertandingan yang telah dilakoni di semua ajang.

Baca Juga

Tambahan angka penuh, membuat Manchester City masih kokoh di puncak klasemen sekaligus melengkapi pesta juara Liga Inggris mereka musim ini.

Sebagai informasi, Manchester City sejatinya sudah memastikan gelar juara Liga Inggris 22/23 hari Sabtu lalu, tepatnya saat Arsenal yang jadi pesaing terdekat kalah dari Nottingham.

Baca Juga

Manchester City kini tak terkejar di puncak klasemen dengan raihan 88 poin, selisih 7 poin dari Arsenal namun The Citizens masih mempunyai dua laga sisa, sedangkan The Gunners hanya satu laga.

Usai raih kemenangan dan melengkapi pesta juara Liga Inggris musim ini, sejumlah rekor mentereng pun sukses ditorehkan Manchester City.

Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Guardiola Si Raja Gelar

Aksi Erling Haaland di laga Manchester City vs West Ham (04/05/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Melansir dari laman Opta, disebutkan bahwa tambahan satu gelar juara Liga Inggris bersama Manchester City musim ini membuat Pep Guardiola jadi pelatih dengan trofi terbanyak di kasta teratas lima kompetisi top Eropa.

Sejak meraih trofi tertinggi perdana bersama Barcelona tahun 2018 lalu, total Pep Guardiola sudah mengumpulkan 11 gelar juara dari kompetisi Liga Spanyol, Jerman dan Inggris.

Pep Guardiola berhasil melampaui sejumlah nama pelatih top dunia, seperti Massimiliano Allegri yang baru mengumpulkan 6 gelar, Antonio Conte (5) serta Ancelotti, Blanc dan Mourinho (masing-masing 4).

Dominasi Manchester City
Masih dari laman Opta, keberhasilan Manchester City menjuarai Liga Inggris musim ini membuat mereka jadi kedua yang bisa mendominasi kasta teratas Inggris sepanjang enam musim beruntun.

Manchester City menyamai rekor Liverpool yang berhasil juara pada tahun 1979, 1980, 1982, 1983 dan 1984. Serta Manchester United (1996, 1997, 1999, 2000 dan 2001).

Baca Juga

Man City Si Raja Gol
Terakhir adalah rekor gol Manchester City yang sangat menakjubkan sepanjang musim 22/23.

Usai memboyong Haaland di awal kompetisi, City sukses menjelma sebagai klub paling mematikan di kotak penalti lawan.

Baca Juga

Bahkan satu gol ke gawang Chelsea malam tadi, membuat Manchester City sudah mengoleksi 100 gol dalam pertandingan kandang mereka musim ini.

Torehan tersebut membuat Manchester City jadi tim paling menakutkan dalam hal mencetak gol dari seluruh tim di lima kompetisi top Eropa.

Sejauh ini, tim yang mampu mendekat gol kandang Manchester City adalah FC Bayern München yang sudah mencetak 66 gol, kemudian Manchester United (65), Borussia Dortmund (58), serta Real Madrid (57.)

Baca Juga
ChelseaManchester City

Berita Terkini