x

'Bangkit dari Kubur' Pele Kecam Keras Aksi Rasisme yang Menimpa Vinicius Jr

Selasa, 23 Mei 2023 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Seolah bangkit dari kubur, legenda sepak bola, Pele, menulis cuitan di Twitter dan mengecam aksi rasis yang menimpa pemain Real Madrid, Vinicius Jr. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Seolah bangkit dari kubur, legenda sepak bola, Pele, menulis cuitan di Twitter dan mengecam aksi rasis yang menimpa pemain Real Madrid, Vinicius Jr.

Striker Real Madrid, Vinicius Junior mendapat perlakuan rasis dari suporter Valencia saat membela Los Blancos pada pekan ke-35 Liga Spanyol, Minggu (21/05/23) malam lalu.

Saat Real Madrid bertandang ke markas Valencia di Mestalla, tim yang pernah jadi raksasa Liga Spanyol itu kalah dengan skor 0-1. Mestinya suporter Valencia berbangga diri.

Sayangnya, pertandingan itu dinodai aksi tak terpuji dari suporter Valencia. Mereka melakukan aksi rasis terhadap Vinicius.

Pesepak bola asal Brasil itu sempat terlihat menunjuk fans yang diduga melakukan aksi rasis dan mengumpat kepadanya. Namun ia kemudian bisa melanjutkan permainan lagi.

Baca Juga

Insiden ini semakin memanas ketika Vinicius diganjar kartu merah jelang babak kedua berakhir. Dikatakan, Vinicius melayangkan lengan kanan secara sengaja ke wajah Hugo Duro.

Banyak yang menduga jika aksi Vinicius Jr tersebut karena ia kesulitan mengontrol emosi, setelah mendapatkan kata-kata kasar dari suporter Valencia tersebut.

Baca Juga

Tak pelak, insiden tak terpuji yang didapat Vinicius memantik perhatian banyak pihak. Bahkan, legenda sepak bola yang telah meninggal dunia, Pele, ikut bersuara.

Lewat unggahan di media sosial Twitter, Pele mengecam tindakan rasisme yang menimpa Vinicius, salah satu wonderkid favoritnya.

Baca Juga

1. Surat Cinta Pele untuk Vinicius

Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

Lewat unggahan di media sosial Twitter, legenda sepak bola dunia, Pele mengecam tindakan rasisme yang menimpa Vinicius.

"Pelé selalu mengagumi Vinicius karena sosoknya yang periang dan bakatnya," ungkap Pele melalui laman Twitter-nya.

"Dalam kesempatan yang mereka miliki saat berbincang, Sang Raja senang melihat kasih sayang dan rasa hormat yang mereka miliki satu sama lain," tulisnya.

"Pada hari ini, Edson (nama lahir Pele) meminta kami untuk menulis ini, maka kami akan melakukannya," tulis pengelola akun Twitter Pele.

"Kepada Vinicius, The Pelé Foundation selalu mendukungmu dan mengagumi keberanianmu."

Baca Juga

"Tetaplah menjadi sosok yang vokal, dan jangan pernah berhenti tersenyum dalam menghadapi kesulitan. Rasisme tak punya tempat dalam olahraga yang sangat kita cintai."

Anak perempuan dari Pele, Kelly Cristina Nascimento, juga membuat sebuah video yang menyayangkan aksi rasisme suporter sepak bola, yang menjatuhkan Vinicius.

Baca Juga

Sebelum wafat pada akhir tahun 2022 lalu, Pele juga pernah membela Vinicius saat mendapatkan aksi rasis dari Pedro Bravo. Vinicius dikatakan menari seperti binatang.

"Sepak bola adalah kebahagiaan. Sebuah tarian. Pesta yang sebenarnya," kata Pele.

"Meski rasisme masih ada, kami tidak akan membiarkan hal itu menghentikan kami untuk terus tersenyum. Kami akan terus melawan rasisme dengan cara ini: memperjuangkan hak kami untuk bahagia."

Baca Juga
Real MadridPeleValenciaBola InternasionalRasismeVinicius Junior

Berita Terkini