x

Termasuk Messi Meksiko, 4 Pemain yang Bakal Ditendang Klopp Jika Jadi Manajer Napoli

Selasa, 23 Mei 2023 13:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Jurgen Klopp saat ini dikabarkan masuk dalam radar raksasa Liga Italia (Serie A), Napoli, untuk menggantikan Luciano Spalletti musim depan.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp saat ini dikabarkan masuk dalam radar raksasa Liga Italia (Serie A), Napoli, untuk menggantikan Luciano Spalletti musim depan.

Meski baru saja memenangkan Scudetto 2022/2023 namun Il Partenopei dikabarkan siap bercerai dengan nakhoda mereka saat ini dan beralih pada sang pelatih kharismatik Liverpool.

Walau baru spekulasi namun indikasi adanya perpecahan dalam hubungan antara Spalletti dan Aurelio De Laurentiis selaku presiden Napoli sudah mulai tercium.

Pada Sky Sports Italia, De Laurentiis memberi kode jika Spalletti punya kans untuk meninggalkan Stadio Diego Armando Maradona sebentar lagi meski kontraknya baru akan habis pada Juni 2024 mendatang.

"Spalletti adalah bintang besar dan orang sepertinya butuh tempat dimana ia bisa mengekspresikan diri sepenuhnya. Napoli adalaj tempat itu dan ia bisa sukses tapi hidup adalah soal kebebasan dan saya tidak ingin mematahkan sayap siapapun," beber De Laurentiis.

Spalletti mengaku merasa aneh dengan pernyataan bosnya tersebut. Eks allenatore AS Roma dan Inter Milan justru seolah balik menggigit dengan melontarkan sedikit sindiran.

"Jujur saya tidak paham dengan apa yang dimaksud dengan mematahkan sayap. Saya tidak butuh sayap untuk sukses, cukup sepatu saja," begitu bunyi tanggapan Spalletti.

Terlepas dari polemik di balik layar Napoli, Klopp sepertinya memang cocok untuk jadi manajer baru bagi Khvicha Kvaratskhelia dan kolega.

Bersama Liverpool, pria berpaspor Jerman itu sudah meraih tujuh trofi sejak 2015 dengan satu Liga Champions dan Liga Inggris jadi prestasi terbaiknya.

Namun layaknya pelatih baru, Jurgen Klopp akan membawa banyak pemain yang dianggap bisa membantunya sekaligus menendang siapa saja yang ia rasa hanya menjadi surplus. Siapa saja yang akan dilepas? Berikut ulasannya.


1. 1. Hirving Lozano

Hirving Lozano

Saat didatangkan dari PSV Eindhoven pada bursa transfer musim panas 2019 silam seharga 45 juta Euro, Hirving Lozano diprediksi akan menjadi bintang besar baru bagi Napoli namun pada kenyataannya grafik perkembangan sang pemain cenderung stagnan.

Di Liga Italia 2022/2023 produktifitasnya sebagai pemain depan kalah jauh dari Victor Osimhen (23) dan Khvicha Kvaratskhelia (12) yang masuk dalam bursa top skor.

Winger lincah asal Meksiko itu hanya punya tiga gol dan tiga assist saja yang membuat kontribusinya untuk Scudetto musim ini tidak terlalu berarti. Dengan kontrak yang akan segera berakhir pada Juni 2024, sebaiknya Napoli segera melepas Lozano sebelum nilai jualnya menurun drastis musim depan.

Apabila Kvara dan Osimhen bertahan maka Jurgen Klopp tidak perlu khawatir barisan penyerangnya menjadi tumpul karena kepergian Lozano. Giacomo Raspadori, Eljif Elmas, Matteo Politano, sampai Giovanni Simeone masih bisa dijadikan pelapis berkualitas.

Klopp bahkan bisa membeli sayap baru dari hasil penjualan pemain yang akrab disapa Chucky tersebut di bursa transfer.

2. Diego Demme

10 juta Euro bagi Napoli sudah bisa diartikan sebagai investasi mahal dan itu yang mereka lakukan saat mendatangkan Diego Demme dari RB Leipzig dua setengah tahun lalu.

Gelandang bertahan Jerman berdarah Italia itu diharapkan bisa menjadi Allan atau Jorginho baru namun saat ini ia hanya jadi penghangat bangku cadangan saja.

Solidnya trio Andre-Frank Zambo Anguissa, Stanislav Lobotka, dan Piotr Zielinski dalam menjaga lini tengah membuat Demme hanya bermain sebagai starter dua kali di Liga Italia musim ini.

Sama seperti Lonazo, kontrak Demme di San Paolo hanya tersisa sampai akhir musim depan sehingga ada baiknya Klopp menjualnya saja.

Meski tidak akan bisa mencapai nilai pembeliannya, namun gelandang 31 tahun itu setidaknya masih bisa memberikan pemasukan lumayan untuk menambah anggaran belanja Napoli.


2. 3. Tanguy Ndombele

Pemain Napoli, Tanguy Ndombele (kanan). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Total 30 penampilan Tanguy Ndombele bukukan di Liga Italia 2022/2023 namun statistik ini jangan sampai membuat anda berpikir jika ia adalah pilar penting sukses Napoli jadi juara.

Pasalnya playmaker 26 tahun berkebangsaan Prancis ini hanya memainkan 793 menit saja dengan hanya ada kesempatan delapan kali bermain sejak menit awal.

Napoli menggaet Ndombele dari Tottenham Hotspur pada awal musim ini dengan kontrak pinjaman dengan opsi pembelian permanen seharga 32,5 juta Euro.

Uang sebanyak itu sepertinya kurang pas jika dianggarkan untuk role player yang tidak begitu spesial. Jurgen Klopp dengan relasi dan pengetahuan luasnya soal pemain Liga Inggris dan Liga Jerman bisa menemukan pemain yang lebih baik.

Kecuali Tottenham mau memberikan harga baru yang jauh lebih rendah maka mungkin Ndombele masih punya kans untuk berada di kaki gunung Vesuvius ke depannya.

4. Alessio Zerbin

Koleksi pemain depan Napoli musim ini memang sangat sempurna. Dari Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia, Matteo Politano, Eljif Elmas, Gio Simeone, sampai Giacomo Raspadori punya perannya sendiri dalam melengkapi arketipe yang dibutuhkan tim.

Akhirnya pemain yang sejak awal memang tidak diproyeksikan menjadi pemain penting seperti Alessio Zerbin menjadi semakin tersisih. Ia hanya punya sembilan penampilan liga dengan satu kali menjadi starter saja selama 45 menit tanpa sumbangan gol maupun assist.

Zerbin yang saat ini berusia 24 tahun sebenarnya sudah berada di Napoli sejak 2017 namun ia beberapa kali dipinjamkan ke klub divisi bawah untuk mendapatkan pengalaman.

2022/2023 adalah musim perdananya bersaman Il Partenopei senior dan kini sepertinya aman untuk menganggap jika pemain berpaspor Italia ini mungkin sudah mencapai potensi penuhnya.

Maka dari itu menjual sepertinya akan jadi keputusan bijak yang diambil oleh Jurgen Klopp apabila ia jadi hengkang dari Liverpool ke Napoli. Kontraknya masih berlaku sampai empat tahun lagi namun akan aman melepasnya sebelum terjadi penurunan nilai lebih jauh.

LiverpoolNapoliJurgen KloppLiga ItaliaHirving LozanoTanguy Ndombele

Berita Terkini