x

Rekap 6 Pemain Naturalisasi era Shin Tae-yong, Siapa Paling Moncer?

Rabu, 24 Mei 2023 18:35 WIB
Editor: Juni Adi
Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

INDOSPORT.COM - Sejak era kepelatihan Shin Tae-yong sudah ada beberapa pemain keturunan yang dinaturalisasi demi kepentingan timnas Indonesia. Siapa yang paling moncer?

Dua pemain keturunan Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick, akhirnya sah berganti kewarganegaraan. Keduanya telah menjalani prosesi sumpah WNI pada Senin (22/5/23) tadi siang.

Kabar gembira ini bisa diketahui dari kanal YouTube Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Berbalut setelan jas hitam, memakai dasi merah, dan peci, Ivar Jenner dan Rafael Struick nampak serius menjalani prosesi sumpah WNI.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia dan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata pimpinan sumpah yang diikuti Ivar dan Rafael.

"Serta akan membela dengan sungguh-sungguh serta menjalankan kewajiban negara yang dibebakan kepada saya sebagai warga negara Indonesia dengan tulus ikhlas," lanjutnya.

Baca Juga

Dengan sahnya kedua pemain ini menjadi WNI, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan selamat. Ivar Jenner dan Rafael Struick diyakini memiliki komitmen penuh untuk membela timnas Indonesia.

"Alhamdulillah Ivar dan Rafael sudah menjalani prosesi pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta hari ini," imbuh Erick di sela-sela proses kerja sama dengan Federasi Sepak bola Jepang (JFA) di Tokyo.

Baca Juga

Ivan Jenner dan Rafael Struick termasuk dua dari tiga pemain yang sangat diinginkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Satu lainnya, Justin Hubner, batal dinaturalisasi.

Setelah mempertimbangkan banyak hal dan mengajukan syarat kepada PSSI, Justin Hubner akhirnya memutuskan untuk memilih timnas Belanda dan batal pindah WNI.

Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengonfirmasi bahwa proses naturalisasi Justin Hubner tidak bisa dilanjutkan karena sebuah alasan.

“Kami tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner karena ada permintaan yang tidak bisa kami penuhi," kata Arya Sinulingga beberapa waktu lalu.

"Pokoknya ada yang tak bisa dipenuhi, jadi kami tidak bisa melanjutkan. Hubner pasti tidak diproses. Sekali lagi kami tidak dapat memenuhi permintaan dia," tandasnya.

Ivar Jenner dan Rafael Struick adalah dua pemain naturalisasi tambahan di era kepelatihan Shin Tae-yong untuk kepentingan timnas Indonesia. Berikut beberapa pemain lainnya:

Baca Juga

1. Marc Klok

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Sejak resmi menangangi timnas Indonesia pada Januari 2020, Shin Tae-yong sudah banyak memfilter nama-nama pemain keturunan yang bisa dinaturalisasi untuk kepentingan Skuad Garuda.

Marc Klok jadi pemain pertama era pelatih Shin Tae-yong yang dinaturalisasi. Gelandang milik Persib Bandung itu resmi jadi WNI pada November 2020 lalu.

Pada awal Januari 2021, Klok sudah mendapatkan paspor Indonesia. Namun baru pada 2022, Klok bisa memperkuat timnas Indonesia.

Marc Klok memang sebelumnya tampil di timnas U-23 ketika SEA Games 2021. Namun, ia baru saja merasakan debut di tim senior ketika timnas Indonesia menghadap Bangladesh di FIFA Matchday, Rabu (1/6/22).

Pada laga tersebut, Marc Klok dipercaya oleh Shin Tae-yong sebagai starter. Ia kemudian menjadi kapten di babak kedua setelah Fachruddin diganti oleh Elkan Baggott.

Baca Juga

Hingga saat ini, Klok sukses mengunci satu tempat di lini tengah timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Ia sudah tampil dalam 13 pertandingan dan mencetak 4 gol.

Pemain berusia 30 tahun tersebut kemungkinan akan menjadi andalan lagi saat timnas Indonesia melakoni dua laga uji coba melawan Palestina dan Argentina.

Baca Juga

Sandy Walsh

Sandy Walsh mengungkapkan kegembiraan setelah resmi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Baginya, menjadi WNI adalah momen terbesar dalam hidup, setelah menunggu cukup lama.

Pemain 27 tahun itu resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia usai menjalankan sumpah setia kepada NKRI, 17 November 2022. Sandy merasa bangga bisa berbakti kepada negara asal kakek dan neneknya.

"Secara pribadi, bagi saya ini adalah momen yang membanggakan, saat saya sadar memiliki ikatan dengan kakek dan nenek saya yang berasal dari Indonesia, tepatnya di Surabaya dan Purworejo," kata Sandy dalam wawancara dengan FIFA.

Saat ini Sandy Walsh belum juga mendapat kesempatan memperkuat timnas Indonesia meski sudah menjadi WNI. Hal itu lantaran proses perpindahan federasi dari Belanda ke Indonesia dan juga diganggu cedera.

Kendati demikian, ia tetap menjadi pilihan utama di klubnya, KV Mechelen di Belgia. Musim ini, ia telah tampil dalam 30 pertandingan dan membuat 3 gol serta 3 assist.

Kemungkinan besar ia akan mendapat kesempatan debutnya dalam dua pertandingan uji coba melawan Palestina ataupun Argentina, untuk persiapan tampil di Piala Asia 2023.

Jordi Amat

Jordi Amat disumpah menjadi WNI bersama Sandy Walsh pada 17 November 2022 lalu. Keduanya dinaturaliasi berdasarkan rekomendasi Shin Tae-yong.

Namun dalam prosesnya sempat menjadi pro kontra lantaran Jordi Amat memutuskan untuk berkarier di Liga Malaysia, memperkuat Johor Darul Takzim. 

Pemain berdarah Spanyol-Indonesia ini sudah terbilang tidak muda lagi. Kendati demikian Shin yakin Jordi akan bisa memberi dampak positif ke Indonesia.

Keputusan tersebut ternyata terbukti, ketika ia tampil ciamik untuk timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu, dengan beberapa kali membuat penyelamatan krusial. Sejauh ini, ia telah tampil dalam 6 pertandingan untuk Skuad Garuda dan membuat 1 gol.

Shayne Pattynama

Selanjutnya ada Shayne Pattynama. Ia masuk dalam daftar rekomendasi pemain keturunan yang ingin dinaturalisasi dari Shin Tae-yong.

Shayne kemudian menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Hingga kini pemain kelahiran Belanda yang sedang berkarier di Norwegia bersama Viking FK ini belum melakoni debut bersama Timnas Indonesia. Ini karena Pattynama belum bisa memenuhi panggilan Garuda pada kalender internasional sebelumnya.

Pemain berposisi sebagai bek kiri itu sudah tampil dalam 12 pertandingan untuk Viking FK dan mencetak 1 gol serta 2 assist musim ini.

Ivar Jenner

Terbaru, Senin 22 Mei lalu, Jenner resmi diambil sumpahnya menjadi WNI di Jakarta. Pemain 19 tahun ini sejatinya diproyeksi tampil bersama Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Sayang ajang ini batal berlangsung di Indonesia setelah FIFA memutuskan untuk mencoret status tuan rumah Indonesia. Meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023, naturalisasi Jenner tetap dilanjutkan, mengingat usianya masih sangat muda.

Rafael Struick

Pemain ADO Den Hag ini menjalani sumpah menjadi WNI bersamaan dengan Jenner pada 22 Mei. Pemain 20 tahun ini juga diproyeksi untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang gagal berlangsung di Indonesia.

Sebagai seorang striker, Struick diharapkan bisa menjadi andalan di lini depan. Pasalnya lini depan menjadi salah satu persoalan paling krusial selama era kepelatihan Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia.

Hanya saja tak ada jaminan apakah Struick akan masuk daftar pemain Timnas atau tidak. Untuk bisa menembus tim senior, Struick harus bisa membuktikan dirinya layak dan bisa menjadi andalan.
 

ArgentinaErick ThohirPalestinaNaturalisasiTimnas IndonesiaSandy WalshMarc KlokIvar JennerShin Tae-yongShayne PattynamaJordi AmatRafael William Struick

Berita Terkini