x

Gemilang di Belanda, Thom Haye Bisa Jadi Opsi Timnas Indonesia Jelang Piala Asia

Jumat, 26 Mei 2023 04:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Gelandang berdarah Indonesia, Thom Haye gemilang di kasta teratas Liga Belanda musim ini dan membuatnya layak jadi opsi timnas di Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM – Penampilan gemilang ditorehkan gelandang berdarah Indonesia, Thom Haye di kasta teratas Liga Belanda musim 22/23. Catatan tersebut membuatnya layak jadi opsi timnas di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia memang bakal melakoni partai berat dalam babak penyisihan grup Piala Asia 2023 yang mulai bergulir awal tahun nanti.

Tergabung di Pot 4 saat pengundian, Timnas Indonesia masuk dalam Grup D yang berisikan negara kuat Asia seperti Irak hingga Jepang dan ditambah dengan Vietnam.

Dari ketiga negara yang jadi lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti, skuad Jepang tampaknya jadi rival yang paling berat.

Selain perbandingan rangking yang jompang, Timnas Jepang saat ini juga memiliki skuad dengan materi pemain top dari kawasan Liga Eropa.

Baca Juga

Rekor Jepang di Piala Asia pun terbilang mentereng, yakni meraih empat kali juara dan menjadi negara dengan jumlah trofi terbanyak sejauh ini.

Meski terbilang berat, namun Timnas Indonesia masih berpotensi lolos dari penyisihan grup lantaran skuad Garuda terlihat sedang dalam tren apik tahun ini.

Baca Juga

Tercatat sepanjang tahun 2023, Timnas Indonesia sudah melakoni lima pertandingan dan torehkan dua kemenangan serta dua kali seri.

Selain itu, Timnas Indonesia memiliki sejumlah pemain keturunan yang mungkin bisa jadi opsi untuk mempertangguh skuad Merah Putih.

Salah satunya adalah Thom Haye yang musim ini tampil sangat memukau di kasta teratas Liga Belanda dan layak untuk dilirik skuad Merah Putih pada Piala Asia nanti.

Baca Juga

1. Statistik Thom Haye

Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

Melansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Thom Haye merupakan pilar penting yang selalu jadi pilihan utama klub Heerenveen sepanjang musim 22/23.

Sebagai informasi, Heerenveen merupakan peserta Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda dan musim lalu berhasil finish di urutan delapan klasemen.

Thom Haye yang jalani musim kedua bersama Heerenveen, tak tergantikan di posisi tengah dan sudah menorehkan 33 penampilan di semua ajang.

Berperan sebagai gelandang pemutus serangan, Thom Haye yang dikenal punya akurasi tembakan serta umpan ini berhasil mencetak dua gol serta tiga assists buat Heerenveen.

Salah satu assistsnya bahkan berhasil ia buat ke gawang klub papan atas Liga Belanda, Ajax Amsterdam dalam pertemuan pekan ke-25 bulan Maret lalu.

Baca Juga

Berkat penampilan impresifnya tersebut, Thom Haye sukses membawa Heerenveen bertengger di urutan 8 dan berpotensi mendapat jatah tampil di Eropa lewat jalur play-off.

Selain itu, tangguhnya Thom Haye dalam bertahan membuat sejumlah klub Eropa termasuk Toulouse dar Liga Prancis, dikabarkan tertarik memboyongnya musim depan.

Baca Juga

Dengan usia yang sudah berada di masa emas yakni 28 tahun, ditambah pengalaman dan catatan impresifnya di Eropa, kehadiran Thom Haye diprediksi bakal kian memperkokoh Timnas Indonesia.

Thom Haye sendiri memang sempat menyatakan hasrat untuk bisa membela Timnas Indonesia, andai PSSI mau memberikannya kesempatan.

“Nenek saya berasal dari Sulawesi sedangkan kakek lahir di Solo. Saya pernah mengunjungi Indonesia di Bali dan sangat menyukai tempat itu,” cerita Thom Haye kepada INDOSPORT tahun 2019 lalu.

“Saya tumbuh dan berkembang dengan baik di tim nasional muda Belanda. Untuk saat ini saya membuka semua kesempatan, tapi masih belum pernah mendapat tawaran untuk membela Timnas Indonesia dan saya juga belum bisa memutuskannya,” jawabnya.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaLiga BelandaThom Haye

Berita Terkini