x

Gustavo Lopez Bicara Posisi Barunya Sebagai Manajer PSS Sleman

Sabtu, 27 Mei 2023 10:39 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Gustavo Lopez (kiri).

INDOSPORT.COM - Mantan gelandang Persela Lamongan, Gustavo Fabian Lopez tertantang untuk menjalankan peran sebagai manajer tim PSS Sleman untuk Liga 1 musim depan.

Pengalaman panjangnya sebagai pemain akan dimanfaatkan untuk mengarahkan tim Elang Jawa ke papan atas Liga 1 2023-2024.

Kehadiran Gustavo Lopez sejatinya merupakan sebuah kejutan besar. Gustavo selama ini dikenal sebagai gelandang berkualitas yang pernah membela Persela, Arema FC hingga Persikabo 1973.

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2019 lalu, dia bukan menjadi pelatih, namun menjadi sosok dalam manajerial tim.

Musim lalu menjadi pengalaman pertamanya sebagai seorang manajer tim untuk klub Persela Lamongan.

Baca Juga

Meski pengalaman manajerialnya belum banyak, namun Gustavo Lopez punya keyakinan besar untuk sukses sebagai manajer tim.

Ia pernah merasakan dipegang beberapa manajer saat berkarier sebagai pemain, baik di Indonesia, Malaysia maupun Argentina.

Baca Juga

Bekal itulah yang membuat pengetahuannya tentang posisi di balik layar cukup banyak. Gustavo Lopez merasa tertantang untuk membantu PSS Sleman meraih prestasi.

"Ya pasti berbeda (jadi pemain dan manajer), tapi saya pikir sepak bola itu sama. Yang terpenting aku sudah pernah bermain bola di sini, sudah kenal beberapa klub, beberapa pemain, itu menjadi bagus untuk saya bisa masukkan spirit saya agar bisa membantu pemain atau pelatih cepat beradaptasi di Indonesia," kata Gustavo Lopez.

Menurut Gustavo Lopez, PSS Sleman memiliki bekal penting menuju kompetisi Liga 1 2023-2024. PSS memiliki suporter yang sangat militan dalam memberikan dukungan.

Baca Juga

1. Enggan Pikirkan Catatan Masa Lalu

Pertandingan BRI Liga 1 antara PSS Sleman vs Persikabo 1973 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Minggu (26/02/23). (Foto: Instagram@pssleman)

Ia enggan terlalu memikirkan catatan musim lalu ketika skuat PSS dianggap terlalu "nervous" ketika bertanding di Stadion Maguwoharjo.

Gustavo Lopez sudah berbicara dengan pemain tentang pentingnya menyerap energi yang diberikan para suporter. Hal itu menjadi bekal untuk bertarung dalam kompetisi yang panjang.

"Saya sudah berbicara dengan pemain tentang persiapan dan motivasi. Kita memiliki suporter besar di Indonesia. Kita harus jalan bersama-sama. Itu faktor penting, mental dari pemain, agar mereka siap bertanding di home dan ambil tiga poin," jelasnya.

Kompetisi Liga 1 akan berjalan pada 1 Juli 2023 mendatang. PSS memiliki waktu sekitar 35 hari lagi untuk mematangkan persiapan.

Menurut Gustavo Lopez, dua pekan awal ini berjalan cukup bagus. Ia pun senang ketika suporter memberi sambutan hangat saat perkenalan pemain pada Kamis (25/05/23) lalu.

Baca Juga

"Kita mempersiapkan diri untuk musim ini, berusaha mencari yang terbaik dari pencapaian musim lalu. Selama dua pekan ini kita latihan terus bersama coach, sudah kerja keras untuk musim ini, termasuk juga (setelah ini) pemusatan latihan," papar Gustavo Lopez.

PSS Sleman akan fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lain di Liga 1 2023-2024. Gustavo Lopez ingin setiap pertandingan menjadi momen PSS untuk belajar menjadi lebih kuat.

Baca Juga

"Untuk target pribadi, pastinya mau ke papan atas Liga 1," tegas Gustavo Lopez.

Untuk urusan manajerial tim, Gustavo Lopez akan dibantu Agus Purwoko. Sosok yang akrab disapa Grandong ini juga merupakan mantan pemain dan pernah menjadi kapten tim PSS Sleman.

Mereka akan mengurus skuat PSS Sleman yang sementara ini berjumlah 30 pemain. Untuk musim ini, setiap kontestan Liga 1 2023-2024 diperbolehkan mengontrak hingga 35 pemain.

Baca Juga
Gustavo LopezPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini