x

Magis Cristiano Ronaldo! Liga Arab Saudi Bakal Jadi Panggung Peraih Ballon d'Or

Jumat, 2 Juni 2023 14:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

INDOSPORT.COM – Sempat tak jadi unggulan, kini Liga Arab Saudi berpotensi jadi panggung para peraih Ballon d'Or. Setelah Cristiano Ronaldo, sederet bintang top dunia bakal ikut menyusul!

Cristiano Ronaldo berhasil menghebohkan jagat sepak bola dunia, lantaran pemegang rekor gol terbanyak di ajang internasional tersebut resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr FC pada Januari 2023 lalu.

Pemain berusia 38 tahun tersebut didatangkan Al-Nassr FC dengan status bebas transfer, setelah kontraknya bersama Manchester United resmi diputus sejak November 2022.

Walau tak lagi muda sebagai pesepakbola, namun Cristiano Ronaldo masih bisa membuktikan kualitasnya sebagai bintang top lapangan hijau.

Terbukti, dari total 19 pertandingan yang telah dijalani musim ini, Ronaldo mampu mencetak 14 gol serta memberikan dua assist.

Baca Juga

Sayangnya penampilan impresif Cristiano Ronaldo musim ini, masih belum bisa membawa Al-Nassr FC menjadi juara Liga Arab Saudi.

Hingga pekan ke-30 atau pertandingan terakhir Liga Arab Saudi musim ini, Al-Nassr FC masih bertengger di peringkat dua klasemen dengan Raihan 67 poin.

Baca Juga

Bagi Al-Nassr, kegagalan menjuarai Liga Arab Saudi sejatinya bukan masalah besar, lantaran nama mereka sudah jadi trending dunia usai resmi menggaet Cristiano Ronaldo.

Cuan berkat kehadiran Cristiano Ronaldo pun sangat terasa bagi Al-Nassr. Tak hanya buat klub, bahkan nama Liga Arab Saudi sering jadi trending di akhir pekan.

Kini setelah satu musim mentas di Liga Arab Saudi, nama besar Cristiano Ronaldo seolah menunjukkan magisnya lagi lantaran berpotensi menggaet para bintang peraih Ballon d’Or untuk tampil di negara minyak musim depan.

Baca Juga

1. Cristiano Ronaldo Viralkan Arab Saudi!

Aksi Cristiano Ronaldo saat menjalani debut bersama Al Nassr. REUTERS/Ahmed Yosri

Sejak Cristiano Ronaldo datang, pamor Liga Arab Saudi perlahan memang sukses meningkat dan kerap kali jadi sorotan para penggemar sepak bola dunia.

Bahkan Menteri Olahraga Arab Saudi, Abdulaziz bin Turki Al Faizal, menyebut dampak kedatangan Ronaldo ke Al Nassr sangat luar biasa dan membuat banyak negara berebut menyiarkan pertandingan Liga Arab Saudi.

"Saya akan memberi anda contoh, dengan kedatangan Ronaldo, kami mempunyai 137 channel di seluruh dunia menyiarkan Liga Saudi,”

“Kami ingin menawarkan Liga Arab Saudi di awal musim, tapi mereka bilang tidak tertarik. Tapi setelah satu pemain datang, sekarang seluruh penjuru dunia ingin kompetisi kami,” kata Abdulaziz di Sportskeeda.

Di level klub, kepopuleran Al-Nassr langsung melonjak drastis. Dari yang awalnya hanya memiliki sekitar 700 ribu pengikut di Instagram, kini melejit jadi 14 juta pengikut pasca kedatangan Ronaldo.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo sendiri mengakui, bahwa kompetisi Liga Arab Saudi tidak terlalu buruk dan menyebut Saudi Pro League bisa bersaing dengan lima kompetisi top Eropa.

"Liga sangat bagus tapi saya pikir kami memiliki banyak peluang untuk tetap berkembang. Liga ini kompetitif. Kami memiliki tim dan pemain yang sangat bagus," ucap Ronaldo dilansir dari BBC.

Baca Juga

"Dan jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, untuk lima tahun ke depan, saya pikir liga Saudi bisa menjadi lima liga teratas di dunia," tegasnya.

Selain membawa marwah Liga Arab Saudi meningkat drastis, imbas kedatangan Cristiano Ronaldo juga sukses jadi daya tarik para pemain top Eropa lain.

Tak tanggung-tanggung, di musim depan Liga Arab Saudi bahkan berpotensi jadi panggungnya para peraih Ballon d’Or ternama dunia.

Baca Juga

2. Benzema hingga Messi Siap Hijrah

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema saat memenangi trofi Ballon d'Or

Jelang dibukanya bursa transfer musim panas, kompetisi Arab Saudi lebih dulu sukses panaskan jendela transfer dengan rencana gila mereka untuk datangkan bintang top Eropa.

Teranyar, ada peraih Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah yakni Lionel Messi yang dikabarkan bakal direkrut klub Arab Saudi.

Kontrak Lionel Messi bersama PSG akan habis musim panas ini, sehingga mantan pemain Barcelona tersebut bisa hengkang dengan status bebas transfer.

Salah satu tim yang sangat serius untuk memboyongnya adalah Al Hilal, sang juara Liga Arab Saudi musim 22/23.

Demi memuluskan rencananya, Al Hilal bahkan siap memberikan gaji hingga 400 juta Euro per tahun buat Messi atau setara dengan Rp 6,5 triliun!

Selain Messi, pemenang Ballon d’Or tahun 2022 yakni Karim Benzema juga masuk dalam daftar beli Al Hilal.

Sama seperti Lionel Messi, bintang Timnas Prancis tersebut juga bakal dapatkan gaji fantastis jika hengkang ke Liga Arab Saudi yakni mencapai 100 juta euro per tahun.

Untuk melengkapi panggung bintang di Liga Arab Saudi, ada satu nama terakhir yang berpotensi didatangkan yakni Luka Modric.

Melansir dari Ok Diario, Luka Modric disebut telah didekati klub Arab Saudi dan telah menawarinya gaji hingga €120 juta untuk tiga tahun.

Andai ketiga rumor transfer tersebut terealisasi, jelas Liga Arab Saudi bakal jadi kompetisi Asia paling banyak ditonton musim depan.

Duel Cristiano Ronaldo melawan Messi dan Benzema plus kehadiran Luka Modric, dipastikan selalu jadi trending di tiap pekan.

Lantas, mampukah Liga Arab Saudi merekrut para bintang diatas? Menarik dinantikan.

Cristiano RonaldoBallon d'OrAl NassrLiga Arab Saudi

Berita Terkini