x

Hokky Caraka Tampil Ganas, PSS Sleman Pesta Gol di Uji Coba

Sabtu, 3 Juni 2023 14:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Hokky langsung tampil ganas dengan mencetak empat gol saat PSS Sleman melibas Angkatan Muda Sayegan (AMS) 14-0 dalam, Jumat (02/06/2023).

INDOSPORT.COM - Kegagalan tampil di Piala Dunia U-20 2023 tak membuat semangat Hokky Caraka menurun. Hokky langsung tampil ganas dengan mencetak empat gol saat PSS Sleman melibas Angkatan Muda Sayegan (AMS) 14-0 dalam uji coba jelang Liga 1 di Pakembinangun, Jumat (02/06/2023).

Hokky Caraka menjadi sosok yang lebih tertutup setelah mendapat sorotan dari publik. Hokky menolak diwawancarai awak media saat launching tim di Stadion Maguwoharjo, 25 Mei 2023 lalu.

Meski begitu, sikap berbeda yang ditunjukkan Hokky Caraka tak membuat penampilannya menurun. Justru Hokky Caraka membuktikan bahwa dirinya siap terbang lagi.

Pada penampilan perdananya di depan pelatih baru PSS, Marian Mihail, Hokky menunjukkan amukannya sebagai seorang bomber ganas.

Hokky mencetak empat gol saat bermain pada babak kedua. Gol dicetak Hokky pada menit 52, 68, 70 dan 73 ke gawang klub lokal Sleman tersebut.

Baca Juga

Selain Hokky, gol lain PSS dicetak Kei Sano, Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Thales Lira, Yevhan Bokhashvili, Saddam Gaffar, Todd Ferre, Bayu Setiawan dan dua gol Haris Tuharea.

Kemenangan telak yang dicatatkan PSS mendapat apresiasi dari Marian Mihail. Pada laga ini, Mihail menurunkan komposisi tim yang menarik.

Baca Juga

"Kami memainkan dua formasi di laga uji tanding ini. Pada babak pertama, kami memainkan komposisi utama, yakni 4-4-3. Babak kedua kami memainkan 4-4-2 karena kehilangan beberapa pemain yang sedang sakit," kata Marian Mihail, Jumat (12/16/2023).

PSS memiliki Yevhen dan Kei Sano yang masuk proyeksi ujung tombak utama. Lalu, ada Hokky dan Saddam yang masuk dalam proyeksi super substitute.

Menurut Marian Mihail, penting bagi PSS memiliki barisan depan dengan berbagai opsi. Dengan begitu, PSS tak bergantung pada sosok tertentu.

"Untungnya, PSS memiliki dua striker muda yaitu Hokky dan Saddam. Saya sangat senang karena bisa memainkan formasi permainan yang berbeda," ujar Marian Mihail.

Baca Juga

1. Kata Marian Mihail soal Performa PSS

Jonathan Bustos jalani latihan perdana bersama PSS Sleman. (Foto: PSS Sleman)

Sebenarnya, pada saat awal gabung ke PSS, Mihail sempat berkata timnya tak akan uji coba melawan tim kecil. Namun, dalam proses yang ada, uji coba melawan klub lokal perlu dilakukan sebelum bersua tim Liga 1.

Ada banyak tim Liga 1 yang menggelar pemusatan latihan di wilayah DIY, seperti Borneo FC, Barito Putera, Persita Tangerang, Bhayangkara FC hingga Persib Bandung.

"Kami butuh menciptakan gol untuk memastikan kami berada di jalur yang benar. Saya senang dengan penampilan para pemain di uji tanding sore ini," jelas Marian Mihail.

Kemenangan dengan skor 14-0 cukup membuktikan strategi menyerang yang diusung PSS Sleman pada laga ini. Mihail menyebut strategi itu memang perlu dijalankan ketika melawan tim kecil.

"Ketika kami menghadapi tim yang lebih kuat, tentu saja harus lebih waspada dan penuh perhitungan. Bisa saja kami melakukan hal sebaliknya. Semua tergantung siapa yang kami hadapi," ungkapnya.

Baca Juga

Namun, fokus utama uji coba ini sebenarnya tak sekadar skor akhir. Mihail juga melihat cara bermain yang diterapkan Kei Sano dkk.

Menurutnya, para pemain PSS berhasil menjalankan taktik yang dipersiapkan dalam latihan. Mantan direktur teknik Timnas Rumania ini memuji semangat yang ditunjukkan skuat Elang Jawa.

Baca Juga

"Mereka perlahan sudah memahami taktik yang saya berikan. Para pemain juga sangat mudah memahami materi latihan yang kami berikan dan memiliki kegairahan untuk berkembang menjadi lebih bagus lagi," paparnya.

PSS Sleman belum mengumumkan jadwal uji coba melawan klub Liga 1. Ada kemungkinan uji coba baru dilakukan pekan depan lantaran tim-tim Liga 1 yang ke DIY masih fokus pada pembentukan fisik.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Marian MihailBerita Liga 1Hokky Caraka

Berita Terkini