x

Provil Ivan Provedel, Dari Striker jadi Kiper Terbaik Liga Italia 2022/23

Sabtu, 3 Juni 2023 09:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil Ivan Provedel, dari seorang striker ambisius yang menjelma jadi kiper terbaik Liga Italia 2022/2023 bersama Lazio musim ini. (Foto: Instagram @ivanprovedel)

INDOSPORT.COM - Profil Ivan Provedel, dari seorang striker ambisius yang menjelma jadi kiper terbaik Liga Italia 2022/2023. Ia adalah penjaga gawang andalan Lazio musim ini.

Ivan Provedel baru didatangkan Lazio pada awal musim Liga Italia 2022/23, tetapi ia langsung kerasukan 'Buffon', sehingga kini mendapat penghargaan jadi kiper terbaik.

Dilansir dari Transfermarkt, Ivan Provedel tampil dalam 37 laga, dan ia mencatatkan cleansheet atau tanpa kebobolan dalam 20 laga. Ini adalah rekor tertinggi bagi Lazio.

Sepanjang musim ini, Ivan Provedel hanya kebobolan 30 gol, rekor yang sangat apik bagi pemain Serie A. Maka wajar jika sosok 29 tahun itu dinobatkan jadi kiper terbaik.

Namun, banyak yang belum tahu jika Ivan Provedel, kiper yang lahir pada 17 Maret 1994 itu merintis karier dari bawah, dan cukup lama bermain sebagai striker.

Baca Juga

Provedel mulai berkarier pada tahun 2013 bersama Chievo Verona. Namun, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain, umumnya adalah klub-klub medioker di level Serie B.

Provedel pertama kali bermain di Serie A pada musim 2018/2019 bersama Empoli, tetapi lagi-lagi ia dipinjamkan ke Juve Stabia. Tak lama, ia kemudian hijrah ke Spezia.

Baca Juga

Ivan Provedel akhirnya bergabung dengan Lazio pada Agustus tahun lalu dari Spezia dengan nilai transfer hanya sebesar 2 Juta euro, harga yang sangat ekonomis kala itu.

Ivan Provedel sebenarnya tidak diharapkan jadi kiper utama, karena Biancocelesti lebih banyak berinvestasi pada Luis Maximiano.

Namun Ivan Provedel mampu membuktikan jika ia layak berdiri di panggung Serie A Liga Italia. Bahkan, ia juga mendapat panggilan perdana untuk membela Timnas Italia.

Baca Juga

1. Dari Striker jadi Kiper

Ivan Provedel, kiper Lazio (Foto: Instagram @ivanprovedel)

Dalam sebuah wawancara di laman Serie A, Ivan Provedel mengaku tidak pernah terpikir akan menjadi seorang kiper. Ia memulai hobi sepak bolanya sebagai seorang penyerang.

Ivan Provedel mencetak gol saat masih berseragam Treviso dan Pordenone. Saat akhirnya menggunakan sarung tangan kiper, Ivan juga mencetak gol di klub Juve Stabia.

"Sejujurnya, saya selalu ingin menjadi kiper. Saya jatuh cinta dengan peran ini saat saya melihat (Francesco) Toldo di Euro melawan Belanda," kata Provedel.

"Namun, sebagai seorang anak-anak, saya selalu mau bermain sebagai striker, hingga sampai pada titik di mana saya berkata: baik, saya jadi penjaga gawang atau saya berhenti (jadi striker)."

"Sebuah klub kecil dekat rumah memberi saya kesempatan untuk berganti peran dan saya cukup beruntung untuk memulai lagi."

Baca Juga

"Ada orang yang mengatakan kepada saya bahwa ini sudah terlambat, dan saya tidak akan bisa melakukannya (menjadi kiper)," curhat pesepak bola 29 tahun tersebut.

"Bagi saya pribadi, saya lebih menikmati jadi penjaga (gawang). Tentu bagus untuk mencetak gol, tapi saya merasa lebih puas jika saya melakukan penyelamatan yang baik."

Baca Juga

Andai tidak nekat banting setir jadi seorang kiper dan masih kokoh ingin jadi striker di timnya, Ivan Provedel mungkin tidak akan pernah mencicipi panggilan Timnas Italia.

"Sejak saya masih kecil, saya bermimpi bermain untuk Timnas Italia dan menjadi bagian dari 25/30 pemain yang dipanggil oleh pelatih," blak-blakan Ivan Provedel.

Kini, satu per satu mimpinya terwujud. Ivan Provedel dipanggil ke Timnas Italia, hingga dinobatkan menjadi kiper terbaik Serie A. Ia pun berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Lazio.

Baca Juga
LazioKiperIn Depth SportsLiga Italiaprofil

Berita Terkini