x

Serba-serbi Final Liga Champions Man City vs Inter Milan: Venue, Harga Tiket hingga Total Hadiah

Minggu, 4 Juni 2023 20:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Beberapa hal dan fakta menarik yang harus diketahui jelang pertandingan final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan pada Minggu (11/06/23) nanti.

INDOSPORT.COM – Beberapa hal dan fakta menarik yang harus diketahui jelang pertandingan final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan pada Minggu (11/06/23) mendatang.

Hanya dalam hitungan beberapa hari, duel panas yang memperebutkan trofi tertinggi kompetisi Eropa, Liga Champions musim 22/23 bakal segera digelar.

Bertanding di The Atatürk Olympic Stadium kota Istanbul, dua tim berbeda negara yakni Manchester City dari Inggris, bakal coba raih gelar perdana mereka saat menantang wakil Liga Italia, Inter Milan.

Secara statistik, Manchester City yang bakal tampil kedua kalinya di final Liga Champions dalam sejarah, jauh lebih diunggulkan ketimbang Inter Milan.

Sebelum lolos ke final, Manchester City yang musim ini sukses menyabet gelar Liga Inggris, berhasil mengalahkan Real Madrid dengan agregat cukup besar yakni 5-1.

Baca Juga

Meski begitu, Inter Milan tetap masih punya kesempatan untuk memenangkan gelar Liga Champions keempat mereka dalam sejarah.

Apalagi Inter Milan sedang dalam tren positif, usai tak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir Liga Champions, termasuk dua kali menang kontra AC Milan di semifinal.

Baca Juga

Selain itu, Simone Inzaghi selaku pelatih Inter Milan juga punya rekam jejak mentereng saat memimpin timnya dalam pertandingan final.

Tercatat Inzaghi sudah melakoni 7 pertandingan final dalam karier kepelatihannya, yakni 4 final bersama Inter Milan dan 3 lainnya semasa membesut Lazio.

Hasilnya, Inzaghi sukses menyabet dua Piala Super Italia dan satu Coppa Italia bersama Lazio, serta raih dua trofi masing-masing di ajang Coppa Italia dan Piala Super Italia dengan Inter Milan.

Dengan statistik tersebut, jelas duel Manchester City vs Inter Milan di final Liga Champions nanti bakal jadi pertarungan adu gengsi dan taktik yang sayang untuk dilewatkan.

Jelang menyaksikan final Liga Champions pekan depan, ada beberapa informasi menarik yang tampaknya wajib diketahui para penggemar. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Venue Final Liga Champions

Segenap pemain Liverpool bersorak dalam seremoni juara Liga Champions usai mengalahkan AC Milan di final, 25 Mei 2005.

Melansir dari laman resmi UEFA, diketahui bahwa pertandingan final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan nanti bakal berlangsung di stadion Atatürk Olympic, Istanbul, Turki.

Dalam sejarahnya, stadion yang berkapasitas 74.753 penonton ini sudah pernah jadi tuan rumah babak final Liga Champions tepatnya pada edisi 2005 silam.

Pada saat itu, secara kebetulan tim asal Inggris dan Italia yang berhasil lolos ke final, sama dengan kondisi final Liga Champions tahun ini.

Di final Liga Champions 2005, wakil dari Inggris adalah Liverpool dan berhadapan dengan raksasa Liga Italia, AC Milan. Melalui drama hingga adu penalti, Liverpool keluar sebagai juara usai unggul 3-2.

Harga Tiket
Bagi para fans Inter Milan dan Manchester City yang bakal menyaksikan pertandingan final Liga Champions pekan depan, harus segera menyiapkan diri terutama dari sisi finansial.

Baca Juga

Pasalnya, tiket pertandingan final nanti bakal dibanderol cukup mahal hingga menyentuh ratusan juta rupiah.

Pada final nanti, UEFA telah menyiapkan empat kategori tiket buat para penonton dan memiliki rentang harga yang berbeda.

Baca Juga

Untuk kategori 1, dibanderol dengan harga 690 euro atau setara Rp 11.142.539. Kemudian kategori 2 seharga 490 euro (Rp 7.912.818), kategori 3 sebesar 180 (Rp 2.906.749) serta kategori 4 sebesar 70 euro (Rp 1.130.402).

Selain dapat dibeli dari situs resmi UEFA, tiket final Liga Champions 2023 dijual di situs-situs lain namun dengan harga yang cukup berbeda.

StubHub misalnya, mereka menjual berbagai kategori tiket final mulai dari 3.847 euro sampai dengan 14.000 euro, atau setara dengan Rp 62,12 juta hingga Rp 226 juta.

Sementara TicketFoni menjual tiket final Liga Champions mulai dari 2.090 euro sampai dengan 15.054 euro, atau setara dengan Rp 33,75 juta dan Rp 243 juta.

Baca Juga

2. Fakta Trofi Liga Champions

Trofi Liga Champions dan Liga Europa

Sebelum menyaksikan final Liga Champions, mari mengenal lebih dulu beberapa fakta menarik tentang trofi yang bakal diperebutkan Manchester City dan Inter Milan nanti.

Trofi Liga Champions memiliki bentuk yang cukup unik, yakni mempunyai gagang lebar di bagian sisinya sehingga banyak orang menyebut trofi ini sebagai big ear atau Si Kuping Besar.

Desain piala UCL terinspirasi dari karya Jörg Stadelmann, seorang desainer perhiasan asal Swiss. piala ini berwarna perak mengkilap dengan tinggi 74cm dan berat sekitar 11 kilogram.

Sebuah klub hanya diizinkan menyimpan piala versi asli jika berhasil memenangkan liga sebanyak lima kali, atau tiga kali berturut-turut.

Sejauh ini baru ada lima klub yang bisa menyimpan piala asli Liga Champions yaitu Real Madrid, AFC Ajax, Bayern Munich, AC Milan, dan Liverpool.

Total Hadiah
Tak cuma kebanggaan yang bakal diraih para tim pemenang Liga Champions, melainkan ada kucuran dana fantastis yang akan diterima usai memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Dari laman resmi UEFA disebutkan, bahwa pemenang Liga Champions musim ini akan mendapat hadiah sebesar 20 juta euro. Sedangkan runner up akan memperoleh 15.5 juta euro.

Selain itu, tim-tim yang berhasil menang dari babak penyisihan grup hingga fase knock out, juga mendapat tambahan hadiah dari UEFA.

Jika dikalkulasikan, tim pemenang Liga Champions musim ini akan menerima total hadiah sebesar 85,14 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Manchester CityLiga ChampionsInter Milan

Berita Terkini