x

3 Rekor Emil Audero Andai Resmi Perkuat Timnas Indonesia: Termahal Sepanjang Masa!

Selasa, 6 Juni 2023 20:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

INDOSPORT.COM – Andai resmi perkuat Timnas Indonesia, kiper berdarah Indonesia di Liga Italia, Emil Audero bakal cetak sejumlah sejarah buat skuad Garuda.

Dalam beberapa waktu terakhir, nama Emil Audero memang sedang jadi perbincangan hangat terutama buat para penggemar sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, kiper berusia 26 tahun tersebut santer dikabarkan bakal dinaturalisasi dan masuk dalam proyeksi Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia mendatang.

Meski orang tua Emil sempat menyanggah bahwa putranya akan memperkuat Timnas Indonesia, namun rumor dinaturalisasi nya Emil kembali ramai dibicarakan.

Tepatnya setelah Emil Audero kedapatan memfollow akun media sosial ketua umum PSSI, Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Selain itu, isu soal pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang membutuhkan kiper berpengalaman Eropa, juga jadi alasan mengapa nama Emil Audero kini mencuat dan disebut bakal dinaturalisasi.

Peluang Emil Audero untuk memperkuat Timnas Indonesia sendiri terbilang cukup besar. Lantaran kiper jebolan Juventus tersebut belum pernah catatkan caps di level senior timnas Italia.

Baca Juga

Tak cuma itu, hasrat Emil Audero untuk menembus skuad utama Timnas Italia juga tampaknya bakal sangat berat lantaran Gli Azzurri memiliki sederet penjaga gawang berkualitas saat ini.

Sehingga alternatif satu-satunya bagi Emil Audero untuk bisa mentas di ajang internasional adalah dengan memperkuat Timnas Indonesia.

Meski sejauh ini belum ada pernyataan resmi terkait naturalisasi Emil Audero, namun jika benar sang pemain memperkuat Timnas Indonesia maka ada sejumlah rekor yang berhasil dipecahkan Emil.

Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Pemain Timnas Termahal

Emil Audero berduel dengan Khvicha Kvaratskhelia di laga Liga Italia 2022/23 Sampdoria vs Napoli (09/01/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Rekor pertama adalah pemain termahal dalam sejarah Timnas Indonesia. Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa market value atau harga pasar Emil Audero per 2023 ini adalah 6 juta euro.

Jumlah tersebut setara dengan 104 miliar rupiah alias yang paling dari seluruh pemain Timnas Indonesia saat ini.

Tercatat, pemain termahal di skuad Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday nanti adalah Sandy Walsh dengan nilai sebesar 2 juta euro atau setara dengan 34 miliar rupiah.

Dengan bergabungnya Emil Audero, sang kiper bahkan berpotensi memecahkan rekor sebagai pemain termahal dalam sejarah timnas Indonesia, lantaran sampai sekarang belum ada pemain yang punya market value menyentuh angka 6 juta euro.

Kiper dengan Pengalaman Eropa Terbanyak
Berikutnya adalah rekor kiper timnas Indonesia dengan menit bermain dan pengalaman mentas di Eropa terbanyak.

Baca Juga

Andai Emil Audero resmi memperkuat Timnas Indonesia, maka bintang Sampdoria itu jadi satu-satunya kiper Garuda yang pernah mentas di kasta teratas kompetisi Eropa.

Tercatat, Emil Audero sudah malang melintang di Liga Italia dengan torehkan 164 pertandingan di Serie A atau kasta tertinggi di kompetisi negara Pizza.

Baca Juga

Sebelum Emil Audero, ada satu kiper Timnas Indonesia yang pernah berkarier di Eropa yakni Kurnia Sandy pada tahun 1996 silam.

Pada saat itu, Kurnia Sandy yang jadi penjaga gawang Timnas Indonesia merupakan salah satu kiper milik klub Liga Italia, Sampdoria.

Kurnia berhasil menembus tim utama dan menjadi kiper pilihan keempat selama satu musim di bawah asuhan pelatih Sven-Göran Eriksson.

Akan tetapi, jumlah menit bermain Kurnia Sandy jauh berbeda dengan Emil Audero yang sampai saat ini kariernya masih bakal berlanjut di Serie A.

Baca Juga

2. Gelar Juara Eropa Terbanyak di Timnas

Aksi penyelamatan Mulyadi Emil Audero dalam sesi latihan bersama timnas Italia U-21. Giuseppe Bellini/Getty Images

Terakhir adalah rekor sebagai pemain Timnas Indonesia dengan torehan gelar juara di kompetisi Eropa.

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Emil Audero yang meski bukan sebagai kiper utama, turut membantu Juventus menjuarai tiga gelar scudetto serta dua trofi Coppa Italia.

Dengan prestasi tersebut, Emil Audero bakal jadi pemain dengan raihan juara Eropa terbanyak di Timnas Indonesia andai resmi dinaturalisasi.

Emil Audero mengalahkan trofi Eropa milik Marc Klok yang sejauh ini baru memenangkan dua gelar saat memperkuat Cherno More Varna di Liga Bulgaria.

Tercatat, gelandang berusia 30 tahun tersebut membantu timnya memenangi trofi Bulgarian Cup serta Bulgarian Supercup di tahun 2015.

Emil Audero MulyadiTimnas Indonesia

Berita Terkini