x

Bursa Transfer Liga 1: Dewa United Resmi Datangkan Jebolan Liga Jepang, Alex Martins

Selasa, 6 Juni 2023 19:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Striker baru Dewa United, Alex Martins. (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Dewa United secara resmi memperkenalkan striker asing di bursa transfer jelang Liga 1 2023/2024. Pemain tersebut adalah Alex Martins Ferreira, penyerang asal Brasil yang musim lalu memperkuat Bhayangkara FC. 

Manajemen Dewa United mendatangkan Alex karena tampil apik musim lalu bersama Bhayangkara FC. Datang di putaran kedua Liga 1 2022, striker 29 tahun itu bawa The Guardian keluar dari zona degradasi.

"Selamat datang Alex Martins. Kami sangat senang dengan kehadiran Alex di tim ini, terlebih setelah melihat bagaimana pencapaiannya bersama Bhayangkara FC," kata CEO Dewa United, Ardian Satya Negara. 

Rupanya, tim pelatih pun sudah memantau Alex. Sehingga ketika Liga 1 2022 berakhir, Dewa United mengajukan tawaran dan disepakati oleh sang pemain.  

Baca Juga

"Tim pelatih juga sudah memantau bagaimana progres yang ditunjukkan Alex musim lalu. Tentunya kami bersyukur karena tawaran yang kami berikan disambut baik dengan Alex," jelas Ardian.

Striker asal Brasil ini merupakan salah satu pemain yang berperan penting membawa Bhayangkara FC bangkit di putaran kedua Liga 1 2022/23. Dari 13 kali penampilan, Alex mencetak 11 gol.

Baca Juga

Catatan tersebut sangat apik bagi pemain debutan di Liga Indonesia. Rasionya gol Alex sangat tinggi atau hampir tiap laga dia mencetak gol.

Sebelum kedatangan Alex, Bhayangkara FC ada di zona degradasi. Tapi, berkat gol eks Jeonnam Dragons itu, The Guardian akhiri musim diurutan tujuh klasemen Liga 1 2022 dengan 51 poin dari 34 laga. 

Baca Juga

1. Pemain Berpengalaman di Asia

Striker baru Dewa United, Alex Martins. (Foto: MO Dewa United)

Alex Martins Ferreira kelahiran Brasil, 8 Juli 1993. Dia memiliki jam terbang tinggi di kompetisi Asia, mulai dari Liga Jepang, Liga Korea Selatan dan Liga China.

Di Jepang, Alex Martins bermain untuk klub kasta ketiga Fukushima United dengan total 34 laga dan cetak tujuh gol serta satu assist. Lalu, ia juga sempat membela Tochigi SC di kasta kedua (delapan laga, satu gol) Kagoshima United di kasta ketiga (lima laga satu gol) dan Shonan Bellmare.

Di Liga Korea Selatan, Alex memperkuat klub Liga 2, Jeonnam Dragons pada tahun 2021. Ia beraksi dalam 20 pertandingan dengan catatan enam gol dan dua assist. Bersama Jeonnam, Alex Martins sukses meraih gelar juara South Korea Cup pada tahun tersebut.

Baca Juga

Sementara di Liga China, Alex mengenakan jersey Shanghai Jiading Huilong, dengan catatan penampilan 14 pertandingan dan delapan gol. Lalu, striker Brasil itu juga membela Shanghai Shenxin dalam 13 laga dengan torehan empat gol dan satu assist.

Baca Juga

Dengan kehadiran Alex Martins, maka komposisi pemain berposisi penyerang di skuad Dewa United FC sudah semakin lengkap. Sebelumnya sudah ada nama-nama seperti Septian Bagaskara dan pemain muda Dennish Diaz Himawan. 

Alex datang untuk mengisi tempat kosong yang ditinggalkan Karim Rossi. Nama terakhir tidak memperpanjang kontrak dengan Dewa United, padahal merupakan topskor klub dengan catatan sembilan gol. 

Baca Juga
Bursa TransferLiga 1Dewa United FC

Berita Terkini