x

Manajer 'Ngamuk' TC Timnas Baru Diikuti 15 Pemain, Elkan Baggott Gabung Hari Ini

Kamis, 8 Juni 2023 13:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Suasana latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pemusatan latihan Timnas Indonesia di Surabaya, Jawa Timur baru diikuti 15 pemain dalam empat hari terakhir. 11 nama lainnya masih absen karena membela klubnya masing-masing.

15 pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok dan Edo Febriansyah.

Sedangkan yang belum datang adalah Pratama Arhan, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Reza Arya Pratama, Yacob Sayuri, Yance Sayuri dan Jordi Amat.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengabarkan, 11 nama yang belum bergabung tetap ditunggu kehadirannya. Sejauh ini, baru Elkan Baggott yang menyampaikan akan datang hari ini, Kamis (08/06/2023) malam.

"Belum full skuad. Saat ini masih 15 pemain dan hanya Elkan yang direncanakan akan datang malam ini," tutur Nova melalui pesan singkat. 

Baca Juga

"Untuk yang belum datang, itu belum ada batasan (tanggal) kapan bergabung. Itu sesuai dengan balasan surat dari klub," imbuhnya.

Karena banyak pemain yang belum bergabung, manajer Timnas Indonesia, Sumardji berharap klub segera melepas pemain. Pasalnya, tim pelatih harus menyiapkan program latihan untuk FIFA match day lawan Palestina pada 14 Juni.

Baca Juga

Khusus pemain 'lokal', Sumardji menyoroti Witan Sulaeman dan Rizky Ridho yang belum tiba. Padahal, klubnya tidak berkompetisi atau dalam fase persiapan untuk Liga 1. 

"Saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Semestinya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada kegiatan di klub," ujar Sumardji.

"Mohonlah mengerti karena kami juga menginginkan adanya chemistry antar pemain. Komunikasi timnas dan klub jangan seperti ini lagi," jelasnya.

Baca Juga

1. Minta Segera Datang

Suasana latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

Sumardji menekankan pentingnya jiwa nasionalisme untuk memenuhi panggil tim nasional. FIFA matchday sangat penting karena jadi kesempatan bagi skuad Garuda untuk perbaiki ranking FIFA.

"Semua ini demi bangsa dan negara. Jadi saya mohon pengertiannya. Ini dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara," tegasnya.

Baca Juga

Selain dua pemain Persija, masih ada tiga pemain PSM Makassar, yakni Reza Arya Pratama, Yacob Sayuri, Yance Sayuri serta beberapa pemain yang bermain di luar negeri yang belum datang. 

Khusus untuk pemain PSM Makassar, PSSI memaklumi karena Juku Eja sedang menjalani babak playoff AFC Champions League melawan Bali United dengan sistem home and away.

Baca Juga

Sumardji mengatakan pemain akan full team pada tanggal 12 Juni atau 2 hari jelang FIFA matchday digelar antara Indonesia dan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sebab, pemain yang bermain di luar negeri Seperti Jordi Amat, Saddil Ramdani (Malaysia), Pratama Arhan (Jepang), Shayne Pattynama (Norwegia), Asnawi Mangkualam (Korsel) masih memperkuat klubnya masing-masing hingga tanggal 10-11 Juni.

Baca Juga
ArgentinaPalestinaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshElkan BaggottShin Tae-yongShayne Pattynama

Berita Terkini