x

Liga 1: Moussa Sidibe Jadi Alasan Persis Solo Rela Melepas Ryo Matsumura?

Jumat, 9 Juni 2023 12:04 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo ternyata sudah lama mengincar Moussa Sidibe untuk proyek Liga 1 2023-2024. Bisa jadi hal itulah yang membuat Laskar Sambernyawa rela melepas Ryo Matsumura ke Persija Jakarta.

Ryo Matsumura merupakan pemain Asia paling bersinar di Liga 1 2022-2023. Eks Vissel Kobe ini sukses mencatatkan sebelas gol dan enam assist dalam 28 penampilan.

Performa luar biasa itu kemudian membuat pihak Ryo meminta kenaikan gaji yang cukup besar. Kenaikan gaji itulah yang membuat Persis Solo keberatan. Nego kontrak yang dilakukan sejak Januari lalu akhirnya mentok.

Persija kemudian datang sebagai peminat Ryo. Tanpa melalui proses tawar menawar yang panjang, Persija langsung menyetujui permintaan gaji yang diajukan Ryo.

Ternyata, selain kenaikan gaji yang besar, Persis Solo punya pertimbangan lain. Ada pemain lain dengan kemampuan istimewa yang sudah dilirik dari musim lalu.

Baca Juga

Pemain itu adalah Moussa Sidibe. Ya, pemain yang dipinjamkan Johor Darul Takzim ke klub Thai League 1, Ratchaburi, ini sudah menjadi bidikan Persis Solo sejak tahun lalu.

Moussa tampil bagus saat Persis Solo uji coba melawan Johor Darul Takzim pada 13 November 2022. Padahal, saat itu posisi Moussa dilempar dari tim utama ke tim B yang main di kasta kedua Liga Malaysia.

Baca Juga

Fakta tentang ketertarikan pada Moussa diungkapkan Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok. Kini, Moussa sudah benar-benar masuk dalam proyek menuju Liga 1 2023-2024.

"Moussa sudah berada dalam radar kita sejak waktu yang lama, ia merupakan pemain yang sangat potensial," kata Edwin Klok, Kamis (08/06/23).

Moussa terkenal sebagai seorang gelandang sayap kanan, meski sejatinya kakinya kidal. Namun, Edwin Klok menilai Moussa bisa menjalankan peran di posisi lain.

Baca Juga

1. Berpengalaman di Klub Spanyol

Moussa Sidibe resmi diperkenalkan sebagai pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo. (Foto: MO Persis Solo)

"Ia dapat bermain di banyak posisi penyerangan. Sebagai gelandang serang, ia juga dapat mengisi kedua sisi sayap dengan baik," tutur Edwin Klok.

Pengalaman panjang berkarier di klub-klub Spanyol membuat Moussa tak akan kesulitan menyesuaikan gaya bermain Persis Solo ala Leonardo Medina.

Apalagi, ketika masih berseragam Johor Darul Takzim, Medina merupakan salah satu pelatih Moussa. Medina menjadi asisten pelatih dari tim senior penguasa Liga Malaysia tersebut.

Makanya, Persis Solo tanpa ragu untuk memperjuangkan Moussa Sidibe. Edwin Klok yakin kemampuan gelandang 28 tahun akan berpengaruh banyak pada kualitas permainan Persis Solo.

"Moussa sangat cerdas dan memiliki kaki kiri yang kuat. Penguasaan bola yang baik didukung dengan kecepatan yang ia miliki. Ia bahkan memiliki work rate yang baik ketika membantu lini pertahanan," papar Edwin Klok.

Baca Juga

Moussa diperkenalkan selang sehari setelah Persis Solo merilis Ramadhan Sananta. Ada kabar bahwa bek asal Filipina, Diego Bardanca akan menjadi rekrutan selanjutnya.

Para rekrutan anyar ini berpotensi debut saat Persis Solo beruji coba melawan tim B Jeonbuk Hyundai Motors pada 17 Juni 2023.

Baca Juga

Setelah partai itu, Persis Solo juga akan menjajal Persebaya Surabaya pada 25 Juni 2023. Dua laga tersebut akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Ryo MatsumuraMoussa Sidibe

Berita Terkini