x

Terancam Kehilangan Tempat Utama, Intip 3 Calon Kiper Pesaing De Gea di Man United

Sabtu, 10 Juni 2023 14:34 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Intip tiga calon kiper pesaing David de Gea, antara lain, Bart Verbruggen, Diogo Costa, dan David Raya di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

INDOSOIRT.COM – Intip tiga calon kiper pesaing David de Gea, antara lain, Bart Verbruggen, Diogo Costa, dan David Raya di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Sudah bertahun-tahun lamanya David de Gea menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang dari era David Moyes menjabat pascapensiunnya Sir Alex Ferguson hingga Erik ten Hag di musim perdananya bersama Manchester United.

Dalam urusan menjaga gawang dari kebobolan, pria asal Spanyol itu mungkin memang ahlinya, tetapi kekurangannya adalah pendistribusian bola yang menjadi kemampuan yang harus dimiliki kiper era modern saat ini.

Terlebih lagi, blunder konyol yang kerap dilakukan kiper berusia 31 tahun itu juga membuat Erik ten Hag ini mencari kiper baru.

Ten Hag sendiri menghormati status De Gea sebagai legenda Manchester United sehingga sang pelatih ingin eks kiper Atletico Madrid itu bertahan dengan memperpanjang kontraknya walaupun gajinya harus disunat.

Baca Juga

Manajer berusia 53 tahun itu tentu ingin mencari pesaing sepadan bagi De Gea yang berarti kiper berusia 31 tahun itu sudah tak dijamin bakal menjadi starter pada musim depan.

Setidaknya ada tiga nama yang kiranya bakal menjadi pesaing kiper asal Spanyol itu di Manchester United pada musim 2023/2024 nanti.

Baca Juga

Pertama adalah kiper Anderlecht, Bart Verbruggen, sebagaimana diberitakan oleh MEN Sport. Penjaga gawang berusia 20 tahun itu punya bakat yang bagus dan menjalani musim yang ciamik di Liga Belgia.

Bart Verbruggen tampil 37 kali bagi Anderlecht dan mencatatkan 13 kali nirbobol serta kemasukan 45 gol. Selain itu, sang kiper juga masuk dalam Player of the Season Liga Belgia.

Kekurangan Bart Verbruggen adalah minimnya pengalaman di mana ia juga tak punya jam terbang di Liga Inggris sebelumnya.

Oleh sebab itu, Manchester United perlu waktu untuk memolesnya menjadi kiper jempolan layaknya ketika Setan Merah bersabar ketika David de Gea bergabung pada usianya yang masih menginjak 21 tahun.

Jika Manchester United memang ingin membeli Bart Verbruggen, Setan Merah kiranya akan merogoh kocek sekitar 15 juta poundsterling atau sekitar 280,74 miliar rupiah.

Baca Juga

1. Diogo Costa dan David Raya Jadi Favorit

Kiper Brentford, David Raya, jadi target favorit Manchester United sebagai pesaing David de Gea.

Selain nama Bart Verbruggen, kiper Porto bernama Diogo Costa juga berpotensi menggantikan David de Gea di Manchester United.

Berusia 23 tahun, Diogo Costa tentu lebih berpengalaman daripada Bart Verbruggen yang mana kiper asal Porto itu juga sudah punya jam terbang bersama Timnas Portugal.

Hanya saja, kendala Costa adalah dia belum punya jam terbang sama sekali di Liga Inggris selain biaya yang dipatok Porto senilai 70 juta poundsterling atau sekitar 1,31 triliun rupiah.

Tentu saja bakal menjadi pertaruhan besar bagi Man United jika ingin mendatangkan kiper asal Portugal itu mengingat biayanya yang begitu mahal.

Selain sosok Bart Verbruggen dan Diogo Costa, Manchester United bisa saja kian jatuh hati dengan pilihan terbaik, yaitu kiper Brentford, David Raya.

Baca Juga

Dengan usianya yang sudah menginjak 27 tahun, tentu David Raya sudah terbilang kiper yang mapan dari dua calon pesaing De Gea lainnya di Man United.

Terlebih lagi, jam terbangnya sudah tinggi di mana kiper asal Spanyol itu pernah membela Blackburn Rovers sebelum akhirnya berlabuh ke Brentford pada 2019 lalu.

Baca Juga

Dengan kemampuan menjaga gawang yang tak kalah oke dari De Gea dan mampu mendistribusikan bola dengan baik, Raya bisa menjadi pesaing sepadan bagi kompatriotnya itu,

Selain itu, David Raya juga sudah mengutarakan keinginannya untuk tak membela Brentford lagi di tengah masa baktinya yang tersisa setahun.

Brentford mematok David Raya di angka 40 juta poundsterling (sekitar Rp748,64 miliar) yang kiranya sang kiper adalah opsi teraman yang bisa menjadi pesaing David de Gea di Manchester United ketimbang Bart Verbruggen dan Diogo Costa.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedDavid de GeaDavid RayaDiogo Costa

Berita Terkini