x

4 Klub Liga 2 Musim Ini yang Pernah Main di Liga Champions Asia, Sriwijaya FC Fenomenal!

Minggu, 11 Juni 2023 18:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Para pemain Persipura berselebrasi usai Muhammad Tahir mencetak gol ke gawang PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Kamis (19/09/19).

INDOSPORT.COM – Deretan klub Liga 2 musim ini yang sempat rasakan ketatnya persaingan Liga Champions Asia. Skuat Sriwijaya FC paling fenomenal.

Jelang bergulirnya kompetisi musim 23/24, sebuah gebrakan baru dilakukan PSSI dengan mengubah komposisi pemain buat para peserta Liga 2.

Dalam keputusannya, Erick Thohir selaku Ketum PSSI menyebut bahwa tim Liga 2 musim depan boleh menggunakan pemain asing sebagai amunisi mereka.

Liga 2 disepakati bakal memakai dua pemain asing, dengan rinciannya adalah satu pemain bebas dari negara mana, serta lainnya adalah kuota Asia Tenggara.

Sementara itu, klub Liga 2 juga hanya boleh menggunakan satu pemain naturalisasi saat kompetisi berlangsung.

Baca Juga

Dengan kehadiran para pemain asing, diharapkan intensitas serta kualitas pertandingan klub Liga 2 musim ini bakal semakin sengit.

Berbekal intensitas pertandingan yang sengit, tim-tim Liga 2 yang sukses promosi nanti diprediksi bakal bisa menyamai kekuatan para klub Liga 2.

Baca Juga

Untuk kompetisi Liga 2 musim ini, tak hanya slot pemain asing yang jadi sorotan melainkan kehadiran sejumlah klub legendaris Indonesia yang apesnya harus bersaing di kasta kedua.

Tak cuma punya nama besar, tim-tim Liga 2 berikut faktanya pernah tampil di kompetisi elite sekelas Liga Champions Asia.

Lantas siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. PSMS Medan

Skuad PSMS Medan di Liga 2, Foto: PSMS Medan

Nama pertama adalah PSMS Medan. Klub asal Sumatera Utara ini memang pernah jadi salah satu ikon sepak bola Indonesia.

Tepatnya pada era perserikatan, di mana skuat berjuluk Ayam Kinantan itu mampu enam kali merengkuh gelar juara.

Saat masih di masa keemasannya, PSMS Medan pernah tampil di Liga Champions Asia pada tahun 1970 dan 2009.

Bahkan bukan sekedar numpang lewat, PSMS Medan berhasil finish di peringkat empat Asian Champion Club Tournament atau cikal bakal Liga Champions Asia pada tahun 1970 lalu.

Dalam perjalanannya, PSMS Medan mampu menang atas West Bengal (India) dan Royal Thai Police (Thailand) di penyisihan grup, serta kalah dari Hapoel Tel Aviv (Israel) di laga terakhir.

Baca Juga

Di fase knock out, PSMS Medan kali dua kali beruntun dari Taj Club (Iran) di semifinal serta Homenetmen (Lebanon) pada perebutan tempat ketiga.

Sriwijaya FC
Berikutnya adalah Sriwijaya FC. Tim lain dari wilayah Sumatera ini juga mampu menorehkan prestasi impresif saat mewakili Indonesia di ajang Liga Champions.

Baca Juga

Meski saat ini sedang berjuang di Liga 2, namun sejarah mencatat bahwa Sriwijaya FC pernah tiga kali tampil di kompetisi tertinggi antar klub Asia tersebut.

Sriwijaya FC tampil di Liga Champions Asia pada tahun 2009, 2010 dan 2011. Dari keseluruhan tim di Liga 2 musim ini, hanya Sriwijaya FC yang punya jam terbang terbanyak di Liga Champions Asa.

Sayangnya dari tiga kali partisipan tersebut, Sriwijaya FC gagal torehkan hasil maksimal. Paling mentok adalah kemenangan atas klub Liga China, Shandong Luneng pada penyisihan grup tahun 2009.

Sisanya, Sriwijaya FC lebih sering gagal dan tersingkir dari fase play off dan berakhir di kompetisi AFC Cup atau kasta kedua di bawah Liga Champions Asia.

Baca Juga

2. Gresik United

Para pemain Persipura berselebrasi usai Muhammad Tahir mencetak gol ke gawang PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Kamis (19/09/19).

Berstatus sebagai tim promosi dari Liga 3, namun jangan remehkan kualitas Gresik United saat masih dalam era keemasan mereka.

Salah satu pencapaian terbaik Gresik United sejauh ini adalah tampil di ajang Liga Champions Asia musim 2002/03 lalu.

Saat itu, Gresik United yang masih bernama Petrokimia Putra mewakili Indonesia di ajang ACL dengan status juara Divisi Utama.

Sayangnya, Gresik United hanya bisa tampil di babak play off dan langsung tersingkir usai kalah agregat 4–6 dari klub China, Shanghai Shenhua.

Persipura Jayapura
Terakhir adalah Persipura Jayapura. Klub asal Jayapura ini merupakan salah satu tim legendaris Indonesia dengan penampilan terbanyak di kompetisi Asia.

Tercatat, Persipura yang musim lalu terdegradasi tersebut sudah enam kali mentas di Asia dengan dua diantaranya pada ajang Liga Champions.

Untuk ajang Liga Champions Asia, skuat berjuluk Mutiara Hitam ini pernah tampil pada tahun 2010 dan 2012.

Namun sama seperti dua klub-klub sebelumnya, Persipura Jayapura hanya bisa mentas hingga penyisihan grup dan mentok tersingkir di fase play off.

Akan tetapi pada ajang AFC Cup atau kasta kedua setelah Liga Champions Asia, rapor penampilan Persipura terbilang apik, bahkan mereka pernah lolos hingga babak semifinal pada tahun 2014 lalu. 

Persipura JayapuraSriwijaya FCPSMS MedanGresik UnitedLiga 2Berita Liga 2

Berita Terkini