x

Kronologi PSSI Tolak Rekomendasi Scouting Garuda Select di BLiSPI, Dennis Wise Terlanjur Datang

Minggu, 11 Juni 2023 08:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Jumpa pers acara Garuda Select yang dihadiri perwakilan PSSI, Ratu Tisha dan legenda Chelsea, Dennis Wise.

INDOSPORT.COM - Kronologi PSSI yang menolak memberikan rekomendasi bagi tim scouting Garuda Select untuk memantau turnamen Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola muda Indonesia di Eropa. Dua negara yang jadi tujuan adalah Inggris dan Italia.

Tahun ini Garuda Select akan memasuki musim keenam, dari total sepuluh musim kontrak kerja sama antara sponsor (Mola TV) dan PSSI.

Para pencari bakat asal Eropa sudah beberapa kali datang ke Indonesia untuk memantau turnamen sepak bola usia muda.

Namun entah mengapa, ketika tim pencari bakat ingin memantau turnamen Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI), PSSI tidak memberikan sambutan yang baik.

Baca Juga

Lewat surat PSSI nomor 1999/UDN/1251/VI-2023, PSSI memberikan tanggapan yang patut dipertanyakan, seolah mereka tidak mengizinkan tim scouting Garuda Select untuk memantau turnamen milik BLiSPI.

"Menanggapi surat yang dikirim oleh MOLA kepada PSSI dengan nomor surat 031/GMV/S.LGL/PSSI/VI/2023 terkait dengan pemantauan pemain BLiSPI oleh tim scouting Garuda Select."

Baca Juga

"Bersama surat ini, PSSI menyampaikan bahwa kegiatan BLiSPI bukan kegiatan yang terafiliasi dengan PSSI. Sehingga, PSSI tidak merekomendasikan MOLA untuk melakukan kegiatan scouting Garuda Select pada kegiatan tersebut."

Surat ini dileluarkan pada Selasa, 6 Juni 2023, dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Tak pelak, surat ini kemudian viral di media sosial, sehingga Yunus Nusi menuai sorotan tajam dari penggemar sepak bola nasional.

Baca Juga

1. Dennis Wise Terlanjur Datang

Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise saat melakukan seleksi pemain di Liga TopSkor 2022.

Perlu diketahui, tim pencari bakat Garuda Select yang dipimpin oleh Wesley Awad sudah mulai melakukan scouting dan pemantauan sejak bulan Maret 2023 lalu.

Wesley Awad dan tim hadir langsung saat ada turnamen Liga TopSkor Jabodetabek dan Piala Jakarta. Biasanya ada beberapa pemain dari ajang ini akan dikirim ke Eropa.

Kemudian, tim scouting Garuda Select berkeliling ke Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, hingga Papua dan Papua Barat.

Tepat pada akhir Maret, Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) mengajukan surat permohonan agar tim pencari bakat Garuda Select juga memantau pemain mereka.

BLiSPI kemudian menggelar seleksi umum di tingkat daerah, untuk mencari pemain muda yang layak masuk ke skuad Garuda Select. Seleksi digelar di bulan Mei kemarin.

Baca Juga

Namun pada bulan Juni, PSSI mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa mereka tidak merekomendasikan tim Garuda Select untuk memantau BLiSPI, karena tidak terafiliasi dengan PSSI.

Padahal, Direktur Teknik Garuda Select sekaligus legenda klub Chelsea, Dennis Wise, telah datang ke Indonesia dan memantau ajang BLiSPI.

Baca Juga

Dennis Wise ditemani pemandu bakat Garuda Select, Wesley Awad, datang ke Stadion Joko Samudro untuk memantau pemain yang telah disiapkan oleh BLiSPI.

Pemain yang disiapkan oleh BLiSPI adalah pemain kelahiran tahun 2006 dan 2007, yang sesuai dengan permintaan pihak Garuda Select.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari PSSI maupun Yunus Nusi, terkait scouting Garuda Select di ajang milik BLiSPI, yang tidak terafiliasi dengan mereka.

Baca Juga
PSSIDennis WiseBola InternasionalGaruda SelectYunus Nusi

Berita Terkini