x

Man City Juara Liga Champions, Guardiola dan Anak Asuhnya Panen 5 Rekor Gila

Minggu, 11 Juni 2023 14:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Manchester City berhasil merengkuh gelar Liga Champions 2022/23, sehingga membawa rekor Pep Guardiola dan anak asuhnya.

INDOSPORT.COM – Manchester City berhasil merengkuh gelar Liga Champions 2022/23, sehingga membawa rekor Pep Guardiola dan anak asuhnya.

Keberhasilan tim berjuluk The Cityzens itu merengkuh gelar Si Kuping Besar didapatkan usai mengandaskan perlawanan Inter Milan.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Ataturk itu, Man City berhasil menjadi juara pasca mengalahkan Inter dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol yang tercipta di laga ini dibuat oleh Rodri yang berhasil meleasakkan golnya lewat sepakan terukur di menit ke-68.

Satu gol tersebut pun cukup untuk membawa tim besutan Guardiola itu meraih titel Liga Champions perdananya dalam sejarah klub.

Baca Juga

Selain itu, kemenangan atas Inter Milan ini membawa Manchester City menorehkan rekor Treble Winners untuk tim Inggris yang sebelumnya hanya dipegang Manchester United.

Man City mampu menyamai torehan rival sekotanya itu usai menggongol gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions di musim 2022/23 ini.

Baca Juga

Di sisi lain, The Cityzens juga menyamai rekor Manchester United lainnya, yakni menjuarai Liga Champions tanpa kekalahan, dengan catatan 8 kemenangan dan 5 hasil imbang.

Selain rekor yang dibuat klub, pelatih dan para penggawa Man City juga menorehkan tinta emas pasca berhasil menjuarai Liga Champions.

Total ada lima sosok yang menorehkan rekor saat membawa Manchester City menjuarai Liga Champions 2022/23. Siapa saja sosok tersebut?

Baca Juga

1. 1. Pep Guardiola

Pelatih Manchester City Pep Guardiola dalam Final Liga Champions antara Final Manchester City vs Inter Milan, Minggu (11/06/23). (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Pep Guardiola menjadi sosok pertama yang mencetak rekor bersejarah usai membawa Manchester City menjuarai Liga Champions 2022/23.

Berkat keberhasilannya menjuarai Liga Champions 2022/23, ia menjadi pelatih pertama yang meraih Treble Winners sebanyak dua kali dengan dua tim berbeda.

Sebelum meraih Treble Winners bersama Man City, pelatih berusia 52 tahun itu sempat meraih Treble Winners bersama Barcelona pada musim 2008/09.

Baca Juga

2. Julian Alvarez

Pemain muda, Julian Alvarez, juga turut mencetak rekor usai mengalungi medali juara Liga Champions 2022/23 bersama Manchester City.

Pemain berusia 23 tahun ini menjadi pemain pertama Argentina yang bisa meraih trofi mayor, yakni Piala Dunia, Liga Champions, dan Copa Libertadores.

Sebelum Alvarez, hanya ada empat pemain Amerika Selatan yang bisa meraih tiga trofi mayor itu, di mana empat pemain tersebut adalah pemain asal Brasil, yakni Dida, Cafu, Ronaldinho, dan Roque Junior.

Baca Juga

3. Rodri

Rodri menjadi pahlawan Manchester City dalam meraih gelar Liga Champions 2022/23 berkat gol semata wayangnya ke gawang Inter Milan.

Berkat gol itu, Rodri masuk buku rekor sebagai pemain Spanyol ke-12 yang berhasil mencetak gol di final Liga Champions sejak format baru pada tahun musim 1992/93.

Berkat Rodri pula, Spanyol menjadi negara penyumbang pencetak gol terbanyak di final Liga Champions, unggul lima pemain dari negara-negara Eropa lainnya.

Baca Juga

2. 4. Ilkay Gundogan

Pemain Manchester City Ilkay Gundogan dalam Final Liga Champions antara Final Manchester City vs Inter Milan, Minggu (11/06/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Kapten Manchester City, Ilkay Gundogan, juga tak mau ketinggalan dalam menciptakan rekor bersejarah usai menjuarai Liga Champions 2022/23.

Pemain berusia 32 tahun ini mencetak rekor sebagai pemain Jerman pertama yang menjadi kapten tim non-Jerman di final Liga Champions.

Rekor ini pun dibarengi dengan catatan manis dirinya mengangkat gelar Liga Champions pertama dalam kariernya, usai gagal menjadi juara satu dekade sebelumnya bersama Borussia Dortmund.

5. Scott Carson

Kiper veteran sekaligus kiper ketiga Manchester City, Scott Carson, tak lepas dari rekor pula, usai berhak mendapat medali juara Liga Champions 2022/23.

Ia menyusul Daniel Sturridge sebagai pemain Inggris kedua yang meraih dua gelar Liga Champions dengan dua klub berbeda. Sebelum bersama Man City, Scott Carson meraih gelar juara bersama Liverpool.

Uniknya, gelar juara yang didapat bersama Liverpool itu didapatkan di Stadion Ataturk, yang juga jadi tempat Man City meraih Liga Champions. Saat meraih gelar itu, Scott Carson sama-sama berstatus kiper pelapis ketiga.

Manchester CityLiga ChampionsInter MilanPep GuardiolaIlkay GundoganIn Depth SportsRodrigo Hernandez CascanteJulian Alvarez

Berita Terkini