x

Tak Usah Puji Berlebihan, Man City Sudah Habiskan 19 Triliun untuk Juara Liga Champions

Minggu, 11 Juni 2023 07:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Tak usah puji berlebih, Manchester City memang telah berinvestasi sangat besar, mencapai Rp19 triliun untuk bisa mewujudkan mimpi juara Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Tak usah puji berlebih. Manchester City memang telah berinvestasi sangat besar, mencapai 19 triliun untuk bisa mewujudkan mimpi juara Liga Champions. 

Manchester City berhasil menang 1-0 atas Inter Milan pada laga final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Minggu (11/06/23) dini hari WIB.

Gol tunggal Rodri pada menit 68 memastikan Manchester City juara, dan Inter Milan harus pulang ke Italia dengan tangan hampa.

Hasil itu membuat Manchester City keluar sebagai juara Liga Champions 2022/2023. Ini adalah gelar pertama mereka di ajang tertinggi antarklub, sekaligus gelar ketiga tahun ini, usai juara Liga Inggris dan Piala FA.

Sementara itu, Pep Guardiola untuk ketiga kalinya menyabet juara Liga Champions. Sebelumnya, ia meraih gelar ini pada 2008/2009 dan 2010/2011 bersama Barcelona.

Baca Juga

Banyak yang memuji kualitas Pep Guardiola sebagai pelatih yang mampu mengoleksi tiga trofi Si Kuping Besar. Tidak banyak pelatih yang mampu melakukannya.

Namun, sejatinya ini bukan murni kerja keras Pep Guardiola. Ada 'money talk' yang mendukung semua pergerakannya, hingga bisa meraih treble winner pada tahun 2023 ini.

Baca Juga

Lihat saja daftar pemain Manchester City vs Inter Milan. Lima pemain termahal di final Liga Champions dikuasai oleh The Citizens.

Sebut saja Kevin de Bruyne, Erling Haaland, Jack Grealish, John Stones, dan Phil Foden, termasuk pula Rodri yang menjadi penentu gelar juara Manchester City.

Sementara pemain termahal Inter Milan justru ada di urutan ke-7 dari daftar nilai pasar tertinggi, yakni Lautaro Martinez dan Marcelo Brozovic, dibuntuti Romelu Lukaku. 

Baca Juga

1. Ketika Uang Berbicara

City Khaldoon Al Mubarak dan pelatih Manchester City Pep Guardiola merayakan dengan trofi setelah menjuarai Liga Inggris 2021/2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

Dilansir dari laman Twitter ESPN FC, wajar jika Manchester City berhasil menjuarai Liga Champions musim ini, dan mengukir sejarah treble winner di tahun 2023.

Pasalnya, Man City sudah berinvestasi sebesar 1,24 miliar Euro, atau sekitar Rp19 triliun, terhitung sejak kedatangan Pep Guardiola pada musim 2016/2017.

Hasil dari uang itu di antaranya adalah pemain-pemain seperti Leroy Sane, Kyle Walker, Riyad Mahrez, Joao Cancelo, Ruben Dias, Nathan Ake, Ferran Torres, Jack Grealish, hingga Erling Haaland dan lainnya.

Julukan 'super team' pun layak disematkan kepada mereka. Bagaimana tidak, Man City sukses menjadi juara Liga Inggris 2022/2023 dengan torehan 94 gol dan hanya 33 kali kebobolan. 

Dari 94 gol itu, lebih dari sepertiganya disumbang oleh Erling Haaland dengan 36 gol, yang mencatatkan namanya di buku sejarah pencetak gol terbanyak dalam semusim Liga Inggris. 

Baca Juga

Di Liga Inggris, City punya para pengumpan andal seperti Kevin De Bruyne (18 assist), Riyad Mahrez (10 assist), Jack Grealish (7 assist), hingga Haaland sendiri dengan 8 assist. 

Sementara itu, Haaland bukan satu-satunya mesin gol. City punya pencetak gol yang merata di lini tengah. Sebut saja Phil Foden (11 gol), Julian Alvarez (9 gol), Ilkay GUndogan (8 gol), dan Kevin De Bruyne (7 gol). 

Itu artinya, Manchester City tak pernah kehabisan potensi mencetak gol. Bahkan, raihan rata-rata distribusi gol Man City adalah yang terbaik di antara lima liga top Eropa. 

Baca Juga

Pep sudah melengkapi lemari trofinya di Etihad Stadium. Total, Guardiola sudah mempersembahkan 5 gelar Liga Inggris, 2 Piala FA, 5 Piala Liga, ditambah 1 gelar Liga Champions. 

Tak salah jika pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pernah menyindir jika total belanjaan Manchester City dinilai tak terbatas, karena tim biru ini memiliki dana "tak terhingga".

Baca Juga
Manchester CityLiga ChampionsPep GuardiolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini