x

Alberto Rodriguez, Pemain Terakhir Rekrutan Persib di Liga 1 yang Jadi Andalan Klub Spanyol

Senin, 12 Juni 2023 10:07 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Penyerang baru Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin. (Foto: Instagram@albertorguezmartin)

INDOSPORT.COM - Alberto Rodriguez Martin menjadi pemain asing terakhir yang direkrut Persib Bandung, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang akan bergulir mulai 1 Juli 2023.

Pasalnya, sebelum Alberto Rodriguez Martin, Persib sudah memiliki lima pemain asing. Kelima pilar tersebut yakni David da Silva dan Ciro Alves asal Brasil, Nick Kuipers dari Belanda dan Daisuke Sato asal Filipina, serta Tyronne del Pino (Spanyol).

Tyronne del Pino sendiri merupakan pemain asing pertama yang direkrut oleh skuad Maung Bandung, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Kemudian, skuad Maung Bandung resmi mengumumkan Alberto Rodriguez Martin sebagai pemain anyarnya, pengumuman itu disampaikan Persib melalui akun media sosial klub salah satunya di akun Instagram @persib, Minggu (11/06/24).

Bergabung Tyronne del Pino dan Rodriguez, tak lepas dari adanya perubahan komposisi pemain asing untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Baca Juga

Sebagai informasi, kuota pemain asing yang bisa didaftarkan oleh tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2024 sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan.

Manajemen Persib, melalui Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, mengatakan kontrak Rodriguez bersama skuad Maung Bandung berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan.

Baca Juga

Selain itu, perekrutan Rodriguez pada bursa transfer musim 2023-2024 merupakan rekomendasi dari pelatih Persib, Luis Milla. Apalagi, pada musim lalu lini pertahanan Persib kurang maksimal.

Sehingga, manajemen berusaha memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh tim untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, agar tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil maksimal.

"Pelatih Luis Milla membutuhkan bek tengah untuk memperkuat lini pertahanan Persib dan merekomendasikan nama pemain ini," kata Teddy Tjahjono, Minggu (11/06/23).

Baca Juga

1. Andalan Klub Liga 2 Spanyol

Penyerang baru Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin. (Foto: Instagram@albertorguezmartin)

Rodriguez sendiri merupakan pemain kelahiran Las Palmas, 31 Desember 1992. Sebelum bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh, dia bermain di CD Lugo, yang merupakan salah satu klub divisi segunda (LaLiga 2), Spanyol.

Pada musim lalu, Rodriguez merupakan pemain andalan di klub CD Lugo, dari laman Transfermarkt dia mendapatkan kesempatan bermain dalam 36 pertandingan dengan mengoleksi 3.156 menit bermain dan menyumbangkan 3 gol.

Kehadiran Rodriguez ini menambah kekuatan lini pertama Persib, pasalnya sebelumnya skuad Maung Bandung sudah memiliki empat pemain di posisi bek tengah yakni Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto dan Rachmat Irianto.

Selain itu, bergabung Rodriguez merupakan hasil dari evaluasi tim pelatih terutama terkait lini pertahanan Persib, usai tim kebanggaan Bobotoh mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Pasalnya, pada Liga 1 2022-2023, meski finish di peringkat ketiga klasemen akhir kompetisi, namun jumlah kemasukkan gol Persib di musim itu cukup banyak, jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Baca Juga

Pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib kemasukkan sebanyak 50 gol dari 34 pertandingan atau 1,47 gol per pertandingan. Jumlah tersebut cukup banyak jika dibandingkan dengan musim sebelumnya. 

Lantaran, pada kompetisi Liga 1 2021-2022 Persib memiliki jumlah kemasukkan gol yang paling sedikit. Dari 34 pertandingan, skuad Maung Bandung hanya kebobolan 22 gol atau hanya kemasukan 0,65 gol per laga di Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Melihat jumlah gol yang bersarang pada kompetisi Liga 1 2022-2023, lini pertahanan menjadi salah satu pekerjaan rumah Luis Milla.

Sehingga, Rodriguez menjadi salah pemain tambahan untuk memperkuat lini belakang di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Selain itu, Rodriguez dan Tyronne del Pino bukan pemain asing Spanyol pertama yang memperkuat Persib. Pasalnya, sebelumnya sudah ada Juan Carlos Belencoso yang sudah lebih dulu berkostum skuad Maung Bandung di musim 2016.

Sementara itu, bergabungnya Rodriguez menepis isu yang beredar sebelumnya, jika tim kebanggaan Bobotoh bakal mendatangkan Lucas Rocha salah satu jebolan Serie A Brasil.

Baca Juga

2. Tepis Isu Datangkan Lucas Rocha

Lucas Rocha, Bek Monsters Jebolan Serie A Calon Rekrutan Persib di Liga 1

Lucas Rocha sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah dan sebelumnya bermain untuk tim Thailand, Muangthong United. Sehingga, dikaitkan-kaitkan dengan Persib.

Selama dua musim memperkuat Muangthong United, Lucas Rocha penampilannya terbilang sangat kokoh dan membuat klub lawan kesulitan mencetak gol. 

Dengan memiliki postur tubuh mencapai 190 cm, menjadikan Lucas Rocha sebagai salah satu raja duel udara di Liga Thailand.

Selain itu, dari total dari 81 pertandingan yang telah dijalaninya, Lucas Rocha mampu ciptakan 4 gol buat Muangthong United di semua kompetisi.

Namun, Persib akhirnya mendatangkan Rodriguez untuk memenuhi kuota pemain asing guna mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dan menambah kekuatan di lini pertahanan, sekaligus menepis isu Lucas Rocha.
 

Persib BandungLiga 1Alberto Rodriguez Martin

Berita Terkini