x

Breaking! Presiden Legendaris AC Milan Silvio Berlusconi Meninggal Dunia

Senin, 12 Juni 2023 15:51 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Eks presiden AC Milan sekaligus mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi meninggal dunia hari ini, Senin (12/06/23). (Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Kabar sedih sekaligus mengejutkan datang dari sepak bola Italia. Eks presiden klub Liga ItaliaAC Milan, sekaligus mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi, meninggal dunia hari ini, Senin (12/06/23). 

Silvio Berlusconi meninggal dunia pada usia 86 tahun di rumah sakit San Raffaele di Kota Milan. Media setempat mengabarkan, ia telah menghabiskan enam pekan di rumah sakit dalam perawatan penyakit infeksi paru-paru. 

Silvio Berlusconi merupakan salah satu tokoh terkemuka di Italia. Tak hanya aktif di sepak bola, pria kelahiran 29 September 1936 ini juga dikenal sebagai politikus. 

Ia bergabung di pemerintahan Italia sejak tahun 1994 sampai 2011. Bagi dunia sepak bola, namanya masyhur sebagai salah satu presiden paling ikonik yang memimpin klub legendaris Italia, AC Milan, selama 30 tahun lebih.

Datang pada tahun 1986, Berlusconi yang merupakan kelahiran Kota Milano menyelamatkan AC Milan dari kebangkrutan dan membangun kembali klub untuk mencapai masa kejayaan kedua pada akhir 80-an dan sepanjang 90-an. 

Baca Juga

Bersama AC Milan, Berlusconi mempersembahkan 28 trofi penting untuk Rossoneri. Di antaranya 5 Liga Champions, 5 Piala Super Eropa, 1 Piala Dunia Antarklub, 2 Piala Interkontinental, 8 scudetto Liga Italia, 1 Piala Italia, hingga 6 Piala Super Italia. 

Di eranya, AC Milan menjadi tim yang ditakuti. Julukan The Dream Team disematkan kepada AC Milan pimpinan Silvio Berlusconi. 

AC Milan meraih puncak kejayaan kedua dalam sejarah mereka di bawah pelatih Arrigo Sacchi dan Fabio Capello. Pemain-pemain legendaris seperti Marco Van Basten, Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Franco Baresi, Paolo Maldini, Dejan Savicevic, Daniel Massaro, dan lainnya hadir berkat kepemimpinannya. 

Baca Juga

Kejayaan AC Milan berlanjut di era 2000-an di mana Milan sanggup meraih 1 gelar scudetto, 1 Piala Italia, dan 2 Liga Champions. Setelah itu, perestasi AC Milan menurun usai perginya bintang-bintang penting seperti Kaka, Shevchenko, Andrea Pirlo, dan pensiunnya pilar klub seperti Gennaro Gattuso, Clarence Seedorf, Alessandro Nesta, hingga Filippo Inzaghi.

Kebersamaan Silvio Berlusconi bersama AC Milan berakhir pada 2017 setelah ia menjual saham mayoritas ke taipan China Yonghong Li atas desakan dari para fans yang tak tahan lagi melihat keterpurukan AC Milan. 

Setelah itu, Silvio Berlusconi kembali lagi ke panggung sepak bola dengan mengakuisisi klub Serie B, Monza, bersama partner-nya Adriano Galliani pada September 2018. Comeback-nya ke sepak bola Italia sendiri bisa dibilang berhasil di mana ia dan Galliani sanggup membawa Monza promosi ke Serie A dan menjadi tim kuda hitam. 


1. Sosok Kontroversial

Silvio Berlusconi (kiri) dan Adriano Galliani (kanan) resmi membeli AC Monza.

Selain prestasi dan pencapaian hebatnya di sepak bola dan politik, Silvio Berlsuconi dikenal sebagai sosok yang kontroversial. 

Ia pernah terlibat berbagai skandal mulai dari korupsi hingga skandal seks. Ia memang dikenal sebagai pria yang gemar berspesta dengan para wanita muda. 

Perusahaan yang dipimpinnya, Fininvest, sudah sejak tahun 1993-1994 beberapa kali diselidiki oleh jaksa di Milan, Turin dan Roma. 

Penyidikan itu meliputi dugaan suap kepada partai politik dan pejabat publik dengan tujuan mendapatkan kontrak, dugaan pemalsuan tagihan oleh Publitalia, pembiayaan kongres politik dan penyalahgunaan frekuensi televisi.

Sebagai pengusaha, ia dituding naik ke panggung politik untuk menyelamatkan perusahaannya. Selama hampir satu dekade, Berlusconi dan partainya Forza Italia mendapatkan simpati publik hingga akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri Italia pada 2001. 

Baca Juga

SIlvio Berlusconi sukses memenangkan pemilihan dan memimpin Italia hingga 2006. Kemudian, rezimnya berlanjut ketika terpilih kembali di periode pada kedua pada 2006 sampai lengsernya pada 2011. 

Dalam perjalannya, ia dituding memanfaatkan media yang ia punya untuk memuluskan langkahnya sekaligus membungkam para kritikus dan pesaing. Berlusconi memang melebarkan bisnisnya sebagai salah satu pemilik raksasa media di Italia dengan nama Mediaset. 

Baca Juga

Setelah pensiun dari politik dan kemudian mendapat tekanan mundur dari kursi presiden AC Milan, Silvio Berlusconi secara mengejutkan comeback di sepak bola dengan mengakuisisi klub Serie C, Monza, yang diasuh Christian Brocchi. 

Bersama eks partnernya di AC Milan, Adriano Galliani, Silvio Berlusconi membawa Monza promosi berturut-turut ke Serie B hingga Serie A. Pada musim perdanannya tahun ini, ia sanggup membawa Monza bertahan dan menjadi tim kuda hitam.

Baca Juga
AC MilanSilvio BerlusconiLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini