x

5 Pemain Bintang Timnas Indonesia yang Berpotensi Gagal Starter Kontra Palestina

Selasa, 13 Juni 2023 15:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Suasana pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh jelang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong berpotensi tidak bisa memainkan lima bintang di laga uji coba kontra Palestina di FIFA Matchday Juni 2023.

Laaga uji coba bertajuk FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Palestina bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Rabu (14/06/23) pukul 19.30 WIB.

Pertandingan FIFA Matchday kali ini juga menjadi laga amal, karena PSSI berniat menyumbangkan 10 persen dari penjualan tiket.

Nantinya dana ini disumbangkan untuk kemerdekaan rakyat Palestina. Hal itu diungkapkan oleh ketua umum PSSI, Erick Thohir.

"Yang pasti kita punya kesepakatan, PSSI dan Pemerintah Daerah akan menyumbangkan 10 persen dari pada penjualan tiket (Indonesia vs Palestina) untuk perjuangan rakyat Palestina," ujar Erick Thohir.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih skuat Garuda yaitu Shin Tae-yong mengutarakan harapan besarnya jelang FIFA matchday melawan Palestina.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut meminta agar Jordi Amat dkk. dapat segera meningkatkan kondisi fisik dan mau mengikuti semua instruksinya jelang pertandingan internasional.

"Saya hanya bisa berusaha untuk meningkatkan fisik pemain biar bisa main semaksimal mungkin di pertandingan nanti," ungkap Shin Tae-yon.

Baca Juga

Namun jelang duel melawan Palestina, Timnas Indonesia harus mendapatkan kabar buruk. Garuda diprediksi kembali gagal memainkan beberapa pemain bintang karena sejumlah masalah.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima bintang Timnas Indonesia yang berpotensi gagal starter di laga kontra Palestina di FIFA Matchday:

Baca Juga

1. 1. Sandy Walsh

Suasana pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh jelang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

Jelang duel melawan Palestina, Timnas Indonesia harus mendapatkan kabar buruk termasuk cederanya bintang naturalisasi yaitu Sandy Walsh.

Hal ini disampaikan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang mulai memimpin latihan di Surabaya. Dia mengaku sangat sedih dan tak menyangka kalau Sandy Walsh dibekap cedera.

“Memang di dalam pikiran saya, Sandy sebagai starter, tetapi karena nggak bisa dimasukkan sangat disayangkan,” kata Shin Tae-yong sebelum memimpin latihan, Sabtu (10/6/23).

“(Dia) tidak akan bisa main untuk FIFA Matchday kali ini, tetapi tidak akan dikembalikan ke klub, tetap di timnas Indonesia,” lanjutnya.

Diketahui, Sandy Walsh tampak ikut latihan bersama para penggawa timnas Indonesia lain, namun dia terus didampingi tim dokter di tepi lapangan, mulai pemanasan hingga latihan dimulai.

Baca Juga

Bahkan manajer timnas Indonesia, Sumardji, yang hadir dalam latihan di Stadion GBT mendatangi Sandy Walsh untuk menanyakan kondisi cederanya dan berbincang dengan tim dokter.

Sandy Walsh sejatinya sudah terlihat mengalami cedera ketika mengikuti sesi latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Rabu (07/06/23) lalu. Pemain blasteran Belanda ini tampak meninggalkan lokasi latihan duluan.

2. Shayne Pattynama

Berbeda dengan Sandy Walsh, Shayne Pattynama tidak ada masalah soal kebugaran. Ia dilaporkan sudah siap tempur dan menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Hanya saja, Shayne Pattynama baru terbang dari Norwegia ke Indonesia pasa Selasa (13/06/23). Ia diprediksi paling cepat tiba di Surabaya pada malam ini atau besok dini hari.

Baca Juga

Hal itu membuat Shayne Pattynama kemungkinan tidak akan dimainkan sebagai starter karena masih perlu beradaptasi dengan para pemain Timnas Indonesia lainnya.

Shayne Pattynama diperkirakan baru bisa menjadi starter saat Timnas Indonesia bersua Argentina di FIFA Matchday pada 19 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga

2. 3. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Meski sudah bergabung TC Timnas Indonesia di Surabaya jelang bersua Palestina, kondisi Saddil Ramdani masih tanda tanya.

Pasalnya, pelatih Sabah FC yaitu Ong Kim Swee sebelumnya mengatakan bahwa Saddil Ramdani belum pulih dari cedera yang dialaminya. Hal itu membuat publik pecinta sepak bola ragu ia akan absen.

"Saddil masih perlu beberapa pekan lagi untuk pulih sepenuhnya. Kami akan memberikan perawatan yang lebih baik dan kami berharap dia sembuh total sesudah kalender FIFA bersama timnas Indonesia," ujar Ong Kim Swee dilansir dari media Malaysia, Flash Sukan 3.

4. Witan Sualeman

Witan Sualeman kemungkinan tidak dimainkan sebagai starter di pertandingan kontra Palestina. Hal ini setelah Shin Tae-yong marah karena dirinya terlambat bergabung pemusatan latihan di Surabaya.

Witan Sulaeman telat bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Surabaya karena ditahan klub, Persija Jakarta.

5. Ernando Ari

Ernando Ari baru saja sukses menjadi bintang Timnas Indonesia U-22 dengan membawa skuat Garuda muda meraih medali emas SEA Games 2023.

Meski begitu, bukan jaminan Ernando Ari bakal dimainkan sebagai starter. Pasalnya, ada sosok Syahrul Trisna yang menjadi kiper senior Timnas Indonesia saat ini.

Selain itu, Shin Tae-yong sepertinya tidak memberikan toleransi setelah Ernando Ari terlambat datang untuk gabung pemusatan latihan.

FIFAPalestinaTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshShayne PattynamaIndepth

Berita Terkini